GadgetAndroidTech

Nokia 10 Smartphone Flagship Dari Nokia? – Part 2

Nokia 10 Smartphone Flagship Dari Nokia?
Nokia 10 Smartphone Flagship Dari Nokia?

Baca sebelumnya: Nokia 10 Smartphone Flagship Dari Nokia? – Part 1

Prediksi tanggal rilis dan harga Nokia 10

Sebelumnya kami berharap smartphone flagship Nokia baru akan dipamerkan pada MWC 2020, karena HMD Global (perusahaan yang menaungi ponsel Nokia saat ini) mengadakan konferensi pers di sana pada 23 Februari tahun lalu. Namun, sayangnya karena kekhawatiran akan virus corona semakin meningkat, tahun lalu MWC 2020 resmi dibatalkan.

Hingga kini waktu terus berjalan, Nokia belum juga mengumumkan smartphone baru flagship besutan mereka yang akan dijual secara global di pasaran.

Sampai pada akhirnya informasi terbaru saat ini menyebutkan bahwa HMD Global akan mengumumkan produk terbaru Nokia mereka di pertengahan tahun 2021, atau sekitar bulan Juni/Juli.

Walaupun Nokia 10 adalah nama yang paling memungkinkan untuk sebutan smartphone baru Nokia, tetapi sepertinya HMD Global akan mengeluarkan seri lainnya bersamaan atau dalam waktu yang berdekatan.

Mungkin kalian nanti juga akan melihat Nokia 9.2 atau Nokia 9.3 sebagai versi perbaikan dari Nokia 9 PureView yang diluncurkan pada MWC 2019. Belum lama ini juga banyak kabar bermunculan tentang Nokia G10, dan seri baru lainnya, yang masuk dalam jajaran smartphone entry-level atau mid-range.

Seri Smartphone Terbaru Nokia Indonesia

Seri Smartphone Terbaru Nokia Indonesia

Belum lama ini, Nokia Indonesia telah memperbarui tampilan jajaran smartphone terbaru mereka yang akan segera rilis berikutnya. Namun, belum ada informasi yang pasti untuk tanggal pelucuran ketiga smartphone anyar dari Nokia tersebut.

Nokia Indonesia dalam waktu dekat siap untuk melakukan peluncuran Nokia G10, Nokia G20, dan Nokia C20.

Namun, secara global mungkin nantinya kita dapat melihat peluncuran Nokia 9.2/9.3 dan Nokia 10 atau G10 dirilis secara terpisah. Mungkin juga peluncuran dilakukan berdasarkan kategori smartphone tersebut, antara entry-level, mid-range, ataupun flagship/high-end.

Mengenai harga, Nokia 9 PureView diluncurkan pertama kali dengan harga 699 USD atau sekitar 10 jutaan bila dirupiahkan.

Setidaknya, bila Nokia 10 nantinya adalah seri lanjutan dari Nokia 9 PureView, kami berharap harganya akan lebih terjangkau dari Nokia 9 PureView itu sendiri.

Nokia 10, Nokia 9.1, Nokia 9.2, atau Nokia 9.3?

Nokia 10 Smartphone Flagship Dari Nokia?

Nokia 9.3 (Cancel sebelum peluncuran)

Kami menyebut smartphone baru dari HMD Global adalah Nokia 10, karena pendahulunya adalah Nokia 9. Namun, seperti disebutkan di atas, kami telah mendengar beberapa nama berbeda yang dapat digunakan merek tersebut untuk smartphone barunya, termasuk Nokia G10 series yang terbaru.

Mungkin juga nama yang digunakan HMD Global untuk smartphone flagship anyar mereka adalah Nokia 9.1, lumayan masuk akal, karena ketika Nokia merilis smartphone ‘baru’-nya beberapa tahun lalu, Nokia menerapkan sistem penamaan tersebut pada Nokia 7.1 yang kemudian dilanjutkan oleh Nokia 7.2, dan kemudian Nokia 7.3.

Namun, bila seri berikutnya akan dilanjutkan dengan penamaan Nokia 9.1, 9.2, ataupun 9.3. Sejatinya hal ini seperti menunjukkan flagship baru yang akan keluar hanyalah versi yang sedikit lebih baik dari 9 PureView, bukan perangkat flagship yang benar-benar baru.

Lebih dari itu, kami sempat mendengar bahwa Nokia akan melewati 9.1 dan langsung menuju ke Nokia 9.2. Mungkin karena jeda antara Nokia 9 PureView yang hingga saat ini sudah terpaut jauh hingga lebih dari 2 tahun lamanya.

Beberapa media juga sempat merumorkan bahwa HMD Global sempat ingin merilis Nokia 9.3, namun terkendala. Seperti yang diinformasikan oleh GSMArena.

Nokia 9.3 PureView GSMArena

Nokia 9.3 PureView, Sumber: GSMArena

Nokia 10 diposisikan sebagai kandidat yang paling unggul, karena mungkin penamaan Nokia 10 akan mebawa hal yang benar-benar ‘baru’ untuk produk smartphone Nokia khususnya seri flagship.

Nama ‘Nokia 10’ juga tampaknya menjadi nama yang kemungkinan besar akan disematkan pada produk terbaru Nokia pada tahun 2021 ini. Mengingat pada Oktober 2020, dokumen resmi Nokia sempat bocor ke publik, dokumen yang berisi informasi mengenai seri flagship selanjutnya melanjutkan Nokia 9 PureView.

Tapi, siapa yang bisa menjamin kebenaran dari kebocoran informasi tersebut? Tidak ada kan? Jadi setidaknya kita memang harus bersabar sampai HMD Global telah berani untuk mempublikasikan nama selanjutnya untuk smartphone flagship mereka.

Baca selanjutnya: Nokia 10 Smartphone Flagship Dari Nokia? – Part 3

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Marie
Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Sosiologi bahasannya luas sob! FYI, teknologi dan masyarakat saling terikat!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Gadget