GadgetAndroidTech

Pixel 6 Diduga Akan Mendukung Ultra-Wideband (UWB)

Pixel 6 Diduga Akan Mendukung Ultra-Wideband (UWB)
Pixel 6 Diduga Akan Mendukung Ultra-Wideband (UWB)

Peluncuran Pixel 6 semakin dekat, diperkirakan HP ini akan dipamerkan pada event Google I/O 2021.

Banyak dirumorkan, bahwa Pixel 6 nantinya akan disematkan fitur seperti yang dibawa iPhone 11 dan 12 series, serta beberapa seri Ultra terakhir dari Samsung.

Kalian tahu fitur apa? Ya sesuai judul artikel, UWB atau Ultra Wideband dirumorkan nantinya akan diperkenalkan pada Pixel 6.

Mishaal Rahman dari XDA Developers dan tim 9to5Google telah mendengar bahwa Google Pixel 6 nantinya dapat hadir dengan kemampuan UWB.

Kalian pasti penasaran kan, UWB tuh apaan sih? Masalahnya fitur ini memang belum banyak di temukan pada HP mainstream. Walaupun kami yakin juga banyak dari kalian yang sudah menggunakan iPhone 11 dan 12 series, serta Samsung Galaxy versi Ultra terbaru, kalian tetap tidak sadar kan kalau di smartphone kalian tersebut sudah dibenamkan fitur UWB?

Pixel 6 Diduga Akan Mendukung Ultra-Wideband (UWB)

Google Pixel 5, Sumber: GSMArena

Pixel 6 mendukung UWB, Ultra-Wideband apa sih?

UWB (Ultra Wideband)

UWB (Ultra Wideband)

UWB adalah teknologi nirkabel berbasis gelombang radio atau protokol komunikasi jarak pendek yang mirip dengan wifi atau bluetooth. Fitur ini memungkinkan perangkat kalian dapat terhubung satu sama lain dengan tingkat presisi yang tinggi.

Bedanya dengan wifi dan bluetooth, fitur UWB ini mampu mentransfer data antar perangkat dalam jarak jauh dan juga mendeteksi posisinya secara akurat, serta fitur ini juga tidak menghabiskan banyak daya sama sekali.

Selain muncul pada semua seri iPhone 11 dan 12, kamu dapat menemukan fitur UWB ini di beberapa perangkat lain, termasuk beberapa model Samsung Galaxy seri Ultra terbaru, dan juga tracker Apple AirTag yang beberapa hari lalu baru meluncur secara global, serta Galaxy Smart Tag+.

FYI, untuk Galaxy Smart Tag, yang dibekali oleh fitur UWB, hanyalah seri plus (+), karena seri Galaxy Smart Tag biasa hanya didukung oleh teknologi Bluetooth LE.

Baca juga: Sudah Beli Apple AirTag 30 April Kemarin?

UWB hadir di Pixel 6 atau Google berencana membuat Pixel Tracker sebagai kompetitor Apple AirTag?

Sejatinya, kalau kalian membaca thread yang dituliskan pada XDA Developers dan 9to5Google tentang UWB ini. Keduanya mempunyai pendapat bahwa teknologi UWB sama sekali tidak cocok untuk muncul di Pixel 6.

Karena belum ada informasi resmi dari Google mengenai hal ini, maka jika Google tidak berencana membenamkan UWB pada Pixel 6, mungkin Google sedang berencana untuk membuat saingan berbasis Pixel untuk perangkat tracker seperti Apple AirTag.

Tapi, lagi-lagi itu semua hanya sekedar opini kami saja ya Vicigers. Sampai titik ini pun, belum ada indikasi bahwa Google sedang mengerjakan sebuah perangkat tracker miliknya sendiri untuk menyaingi perangkat Apple yang baru saja diluncurkan.

Menurut kami sih, masuk akal bagi Google untuk menyematkan dukungan UWB pada Pixel 6. Karena teknologi ini juga sudah mulai muncul di sebagian besar ponsel flagship android dan pada beberapa seri iPhone terakhir.

fungsi UWB

Beberapa fungsi UWB (Ultra Wideband)

Fitur UWB ini memiliki banyak kegunaan potensial dalam kaitannya dengan konektivitas SmartHome dan augmented reality, yang saat ini sedang marak menjadi perbincangan.

Beberapa rumor tentang Google Pixel 6 sekarang mulai muncul dengan cepat dan semakin cepat menjelang pertengahan tahun 2021 ini, seperti mengisyaratkan dengan kuat bahwa peluncuran resmi HP ini sedang dalam perjalanan.

Sejauh ini kami telah mendengar bahwa Google mungkin sedang mengerjakan chipsetnya sendiri untuk smartphone mereka dan mungkin juga akan digunakan brand smartphone lain.

Rumor lain juga menyebutkan bahwa Pixel 6 nantinya akan kembali dilengkapi dengan varian XL yang memiliki dimensi lebih besar.

Jadi apakah kalian sudah tidak sabar menunggu kedatangan keluarga Pixel 6 series? Kalau mungkin nantinya model Pixel 6 mempunyai lebih dari satu seri, seperti Pixel 6a, Pixel 6 XL, ataupun varian 5G-nya.

Sebenarnya kami berharap seluruh seri Pixel 6 sudah akan disematkan jaringan 5G sebagai default-nya. Tapi ya kita tunggu saja bocoran informasi lainnya, dan mari kita tunggu juga event Google I/O mulai dari tanggal 18 Mei mendatang, yang dirumorkan akan menginformasikan beberapa hal baru dari Google.

Gimana Vicigers, setelah mendengar informasi ini, apakah kalian masih sabar dengan harus membeli Google Pixel terbaru tanpa dukungan garansi resmi? Semoga dalam waktu dekat Google tergerak hatinya untuk memasukkan resmi seri Pixel ke Indonesia ya, Amin!

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Marie
Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Sosiologi bahasannya luas sob! FYI, teknologi dan masyarakat saling terikat!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Gadget