GadgetAndroidReviewTech

Galaxy Tab A7 2020, Solusi Tablet Murah Dari Samsung – Part 2

Galaxy Tab A7 2020, Solusi Tablet Murah Dari Samsung
Galaxy Tab A7 2020, Solusi Tablet Murah Dari Samsung

Baca sebelumnya: Galaxy Tab A7 2020, Solusi Tablet Murah Dari Samsung – Part 1

Galaxy Tab A7 2020 didukung chipset kelas menengah dari Qualcomm

snapdragon 662

Qualcomm Snapdragon 662

Tablet Galaxy A series terakhir dari Samsung yang launching di Indonesia, kini ditenagai dengan otak chipset Snadragon 662 dari Qualcomm. Mungkin banyak dari kalian yang protes, kenapa ga pakai Snapdragon 700 series terbaru sih!

Mungkin alasan samsung masih menggunakan Snapdragon 662 dibanding harus menggunakan Snapdragon 700 series terbaru, ya pasti, tidak lain dan tidak bukan adalah pertimbangan soal harga yang akan diberikan kepada calon konsumen.

Bisa jadi kalau Galaxy Tab A7 2020 ini menggunakan Snapdragon 720G/732G. Harga yang dibanderol akan lebih dari 5 juta rupiah, sudah tidak bisa lagi dikategorikan sebagai tablet murah!

Kalau kata orang Betawi nih Vicigers, mau bagaimanapun tetap saja masih untung kok tablet ini tidak menggunakan Snapdragon 660 yang lebih lawas.

GPU yang dipakai oleh Snapdragon 662 juga jauh mengalami peningkatan daripada yang dipakai oleh Snapdragon 660.

Snapdragon 662 menggunakan GPU Adreno seri 600, yaitu 610, sedangkan Snapdragon 660 masih menggunakan GPU Adreno seri 500, yaitu 512.

Untuk urusan RAM dan penyimpanan internalnya, tablet ini memiliki dua varian, yaitu 3/32GB dan 3/64GB. Namun, yang resmi masuk ke Indonesia hanyalah varian 3/32GB saja. Samsung tidak menuliskan informasi jelas mengenai teknologi penyimpanan apa yang mereka pakai. Apakah masih memakai eMMC seperti Galaxy Tab A with S Pen 2019, atau sudah menggunakan UFS.

Tidak lupa tablet ini juga hadir dengan slot tambahan microSD yang mampu menampung kapasitas hingga 1TB. Menarik kan?

Kamera utama dan selfie

kamera galaxy tab a7 2020

Kamera Utama Galaxy Tab A7 2020

Pada urusan kamera, tablet ini dipersenjatai dengan kamera utama 8MP auto fokus, yang mampu merekam hingga resolusi FullHD 30 fps, dan kamera selfie 5MP yang juga memiliki kemampuan rekam video yang sama dengan kamera utamanya.

Tidak seperti Galaxy Tab A with S Pen 2019 yang dilengkapi dengan LED flash, tablet ini harus menghilangkan fitur tersebut, entah apa alasannya.

Seperti tablet Samsung murah pada umumnya, dua setup kamera depan dan belakang pada Galaxy Tab A7 2020, kualitasnya mungkin bisa dikatakan cukup untuk kelas tablet.

Namun, kamu jangan berharap akan mendapatkan pengalaman fotografi yang ‘wah’ dengan tablet ini. Karena kamera pada tablet ini, setidaknya dapat mendukung kegiatan video call kamu dengan baik Vicigers.

Fitur, konektivitas, dan sensor

Kira-kira kalian sudah bisa menebak dong fitur apa yang paling ditonjolkan dari tablet Samsung murah ini? Tentu, fitur quad speaker dengan dolby atmos, tidak ada tablet lain sekelasnya dari kompetitor yang memberikan fitur ini, jadi kali ini kita wajib berterima kasih kepada Samsung karena sudah membawa fitur ini ke Galaxy Tab A7 2020.

Galaxy Tab a7 2020

Galaxy Tab a7 2020

Konektivitas yang disematkan oleh Samsung ke dalam tablet ini, juga tidak terlalu istimewa, bisa dibilang ya sama saja seperti smartphone pada umumnya.

Wifi, bluetooth 5.0, gps, dan dukungan port USB type-C siap menemani kamu untuk melengkapi konektivitas tablet ini.

Karena seri sebelumnya dari Galaxy Tab A series juga tidak disematkan fitur NFC, ya setidaknya kita masih bisa berlapang dada kenapa tidak ada fitur NFC di tablet terbaru Galaxy seri A ini.

Tapi, kali ini Galaxy Tab A7 2020 mengalami peningkatan pada sektor sensor-sensor yang dibenamkan. Jika pada Galaxy Tab A with S Pen, sensor yang tersedia hanyalah accelerometer dan proximity. Kini Galaxy Tab A7 2020 hadir dengan sensor yang lebih lengkap, yaitu accelerometer, gyro, proximity, dan kompas.

FYI, tablet ini tidak memiliki sensor fingerprint ya Vicigers! Jadi, jangan mencoba untuk mencari-cari letak fingerprint di tablet ini, karena ya memang tidak ada!

Harga

Inilah nantinya yang menentukan, apakah sebuah device yang dikategorikan tablet murah dari Samsung ini layak dibeli atau tidak.

Karena seperti kebiasaan warganet Indonesia, walaupun spesifikasi yang diberikan bagus, kalau harganya ‘mahal’, tetap saja akan masuk kategori ‘jelek’ atau ‘tidak layak beli’!

Buat kalian yang penasaran dengan harga tablet ini, Samsung menjualnya dengan harga SRP 4.999.000. Namun kalian dapat menemukan tablet ini dengan harga yang lebih murah di ecommerce/marketplace kesayangan kalian, bahkan tidak lebih dari 4.5 juta rupiah untuk garansi resminya.

Oia, tablet ini hanya mendukung single-SIM ya Vicigers, jadi buat kalian yang punya banyak SIM-card, ya beli HP lagi aja!

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Marie
Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Sosiologi bahasannya luas sob! FYI, teknologi dan masyarakat saling terikat!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Gadget