TechGadget

Sudah Beli Apple AirTag 30 April Kemarin?

Sudah Beli Apple AirTag 30 April Kemarin?
Sudah Beli Apple AirTag 30 April Kemarin?

Walaupun Apple AirTag saat peluncurannya 30 April kemarin, belum masuk ke Indonesia melalui reseller resminya, seperti iBox, digimap, dll.

Setidaknya buat kamu yang sudah tidak sabar, kamu dapat titip ke teman/keluarga yang berada di negara dimana Apple Store disana sudah siap melakukan penjualan perdana Apple Airtag.

Nah, jika kamu sedang mempertimbangkan untuk membeli tracker lokasi terbaru dari Apple tersebut, maka sebaiknya kamu pikirkan dahulu matang-matang dimana kamu akan menghabiskan banyak waktu dalam keseharian kamu.

Karena laporan pengguna terbaru menginformasikan, bahwa Apple AirTag tidak berfungsi dengan baik pada gedung yang memiliki banyak lantai.

Meskipun Apple pada halaman muka web resminya mengemukakan bahwa AirTag adalah cara yang sangat mudah untuk melacak barang-barang kamu. Kaitkan satu ke kunci rumah/mobil/motor/dll, selipkan di ransel, atau barang lainnya. Dan setelah itu, voila, barang-barang tersebut berada di radar kamu yang dapat kamu lihat di aplikasi pada layar iPhone.

Kembali ke bahasan awal. Jadi, buat kamu para Apple fanboy, atau kamu yang kiranya ingin hype dengan membeli tracker Apple AirTag ini, sebaiknya kamu pikir 2 kali, kalau kamu lebih banyak menghabiskan waktu di apartemen atau kantor gedung bertingkat.

Hal ini pertama kali mencuat di forum XDA Developers, yang menyebutkan reviewnya selama menggunakan AirTag, bahwa produk tersebut sejatinya bermasalah dengan sensor ketinggian, atau memang Apple AirTag ini sebenarnya memang tidak punya sensor ketinggian (altimeter).

Orang tersebut menyatakan bahwa ketika ia meletakkan AirTag bersama salah satu kunci miliknya dan mencoba untuk ditaruh pada lantai yang berbeda, maka iPhone sama sekali tidak dapat melacak dengan pasti dimana kunci tersebut berada.

Sudah Beli Apple AirTag 30 April Kemarin?

Apple AirTag

Informasi yang didapatkan ketika kamu mencari AirTag di lokasi gedung bertingkat adalah hanya AirTag kamu berada di gedung tersebut, tanpa tahu berada di lantai mana!

Jadi AirTags dipastikan tidak dapat mengenali lantai mana yang kamu tempati saat ini, jika kamu berada di gedung/rumah bertingkat. Kemungkinan besar memang karena AirTag ini dirancang hanya untuk digunakan pada peta 2D atau 2.5D.

Di forum, orang tersebut juga seakan jengkel, karena banyak yang membalas, bahwa masalah ‘ketinggian’ atau AirTag tidak bisa membaca lantai suatu gedung/rumah bukanlah masalah yang besar!

Ia menyebutkan, kamu bisa berbicara seperti itu karena kamu tinggal di rumah dengan 1 lantai, berbeda dengan saya yang harus tinggal di apartemen dengan banyak lantai, karena harus menyewa lokasi yang dekat dengan tempat kerjanya.

Apple juga menginformasikan pada halaman web resminya, bahwa AirTag akan berfungsi dengan maksimal bila disandingkan dengan perangkat iPhone terbaru milik Apple, seperti beberapa dari device berikut:

  • iPhone 11
  • iPhone 11 Pro and iPhone 11 Pro Max
  • iPhone 12 and iPhone 12 mini
  • iPhone 12 Pro and iPhone 12 Pro Max
Apple AirTag

Apple AirTag

Jadi, buat kamu yang kiranya masih menggunakan iPhone lawas, seperti iPhone 6/7/8/X, dan seri lainnya sebelum iPhone 11, sebaiknya kamu tunggu review terlebih dahulu, dari orang yang telah menggunakannya dengan disandingkan dengan perangkat Apple lawas atau agak lawas yang telah disebutkan.

Baca juga: Tertarik Membeli Apple AirTag? 30 April Sudah Bisa Pre-Order Loh!

Apple AirTag tidak bisa disandingkan dengan Android!

apple airtag

Apple AirTag, Sumber: Website Resmi Apple

Meskipun laporan XDA Developers menunjukkan AirTag tidak berfungsi dengan baik di apartemen/gedung bertingkat tinggi, berdasarkan masalah ini, ternyata ada banyak situasi lain yang dapat menyebabkan masalah.

Misalnya, jika kamu bekerja di kantor dengan lantai bertingkat, tinggal/kerja di hotel megah, atau ketika kamu berada di rumah sakit yang besar, sekolah, gedung pemerintah, atau sejenisnya. Kamu juga pasti akan mengalami masalah ketika ingin menemukan AirTag dengan iPhone kamu, terlebih kamu benar-benar lupa dan tidak ada petunjuk sama sekali dimana posisinya.

Situasi seperti di atas kiranya sangat membutuhkan kinerja AirTag yang seharusnya dapat dengan cepat menemukan dan menunjukkan lokasi dimana barang yang lupa kita taruh.

Masalah lokasi dengan AirTag bukan satu-satunya kekurangan mereka, ada lagi kekurangan lainnya. Ya! Benar! Harganya mahal, dan tidak berfungsi dengan ponsel Android!

Tapi, semoga Apple segera menemukan solusi untuk masalah ini, agar AirTag setidaknya dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh orang yang membutuhkan.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Marie
Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Sosiologi bahasannya luas sob! FYI, teknologi dan masyarakat saling terikat!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Tech