GadgetAndroidTech

Paten Baru Samsung Galaxy Z Fold 3 Dapat Mengukur Tekanan Darah

samsung galaxy z fold 3
Paten Baru Samsung Galaxy Z Fold 3 Dapat Mengukur Tekanan Darah

Samsung Galaxy Z Fold 3 dirumorkan memiliki teknologi health tracking yang lebih lengkap dari biasanya, karena nantinya kamu dapat langsung mengukur tekanan darah langsung dari Galaxy Z Fold 3 kamu.

Sementara fingerprint ‘under display’ telah menjadi hal biasa pada ponsel andalan Samsung, kali ini Samsung Galaxy Z Fold 3 atau perangkat lipat Samsung masa depan lainnya diharapkan dapat membawa fitur/paten baru ke tingkat berikutnya, misal dengan pemindai biometrik seperti Apple Watch yang dapat mengukur detak jantung dan tekanan darah.

samsung galaxy z fold 3

Samsung Galaxy Z Fold2 5G, Sumber: GSMArena

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 3 Hadir Dengan Prosesor Rahasia

Paten Baru Samsung Galaxy Z Fold 3

Paten yang seharusnya, diajukan ke Kantor Paten dan Merk Dagang Amerika Serikat/United States Patent and Trademark Office (USPTO) pada April 2020 lalu, hingga saat ini kita belum tahu update dari progress pengurusan paten tersebut.

Diungkapkan oleh Mark Peters pada LetsGoDigital, menunjukkan HP ini mempunyai tiga metode pengambilan data biometrik, tergantung pada bagaimana lipatan HP dan posisi jari kamu diletakkan.

galaxy z fold 3 bioinformation

Sumber: LetsGoDigital

Menurut gambar di atas, saat HP dibuka, pengguna dapat meremaskan jempol dan jari lainnya di bagian tepi ponsel; sensor juga diduga dapat membaca informasi pada telapak tangan dan jari pengguna saat diletakkan di tangan; dan terakhir, sensor juga dapat membaca jari pengguna dengan layar dalam posisi tertutup/seperti posisi jari sedang terjepit.

Sementara ponsel berikutnya yang akan segera meluncur adalah Samsung Galaxy Z Fold 3, tapi paten sensor baru tersebut dapat berlaku untuk perangkat apa pun dengan layar yang terlipat ke dalam, seperti Samsung Galaxy Z Fold 2 dan Samsung Galaxy Z Flip sebelumnya.

LetsGoDigital Galaxy Z Fold 3

Sumber: LetsGoDigital

Seperti yang telah diinformasikan oleh LetsGoDigital, bahwa paten mengklaim bahwa sensor pada HP ini mempunyai beberapa fungsi seperti:

  • Blood pressure
  • Vascular age
  • Arterial stiffness
  • Aortic pressure waveform
  • Vascular compliance
  • Stress index
  • Fatigue level

Kenapa sensor biometrik harus ada pada smartphone?

Sebenarnya sensor biometrik sejatinya bukanlah sebuah keharusan yang wajib dimiliki oleh sebuah smartphone.

Namun, saat ini yang kita pikirkan, Samsung mungkin ingin jauh beberapa langkah di depan dari para kompetitornya.

Misal seperti Xiaomi yang selalu fokus akhir-akhir ini dengan harga yang murah dengan spesifikasi yang ‘wah’. Samsung seperti ingin mencari ‘lahan’ baru yang kiranya tidak harus menerjunbebaskan harga perangkat smartphone terbarunya.

Jadi kedepannya mungkin konsumen akan berpendapat, beli HP Samsung saja, sensor kesehatannya paling lengkap loh!

Ya tidak ada salahnya, berhubung sepertinya era setelah pandemi ini, memaksa kita harus lebih peduli terhadap kesehatan tubuh kita

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Marie
Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Sosiologi bahasannya luas sob! FYI, teknologi dan masyarakat saling terikat!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Gadget