TechNews

5G Ready: Smartfren dan Telkomsel Menang Lelang Frekuensi 5G

5G tsel dan smartfren
5G Ready: Smartfren dan Telkomsel Menang Lelang Frekuensi 5G

Beberapa waktu lalu Kominfo telah membuka kembali lelang frekuensi 2.3GHz untuk 5G yang pada 2020 tahun lalu sempat dibatalkan.

Diketahui sebenarnya seluruh operator seluler yang ada di Indonesia, pertengahan bulan Maret lalu mengikuti lelang ini. Namun, hanya Smartfren, Telkomsel, dan XL Axiata yang menyerahkan dokumen permohonan seleksi dan lulus evaluasi administrasi.

Hasil akhir dari lelang tersebut, hanya Telkomsel dan Smartfren lah yang berhasil memborong lelang frekuensi 2.3GHz.

Smartfren 5G

Smartfren 5G

Menurut informasi yang beredar, Telkomsel mendapatkan 20MHz, sedangkan Smartfren mendapatkan 10Mhz. Kedua pihak juga telah mengkonfirmasi kebenaran informasi tersebut.

Baca juga: Google Pixel 5a Tidak Resmi Tapi Dinanti

Jadi, apa sebenarnya manfaat jaringan 5G?

logo 5g

Logo Resmi Jaringan Seluler 5G

  • Aktivitas streaming dan cloud menjadi lebih lancar

Beberapa dari kalian, mungkin tidak terlalu mementingkan jaringan 5G, karena pada jaringan 4G pun, setidaknya kalian sudah merasa cukup.

Tapi untuk sebagian orang yang menyukai aktivitas streaming dan banyak melakukan segala sesuatu dengan bantuan cloud, kehadiran jaringan 5G sangatlah menjadi momen penting.

Dengan bantuan jaringan 5G, kalian dapat streaming video hingga kualitas 4K atau lebih tanpa harus takut buffering. Kalian juga dapat mengunggah dan mengunduh file apa pun dari cloud atau sumber lainnya dengan waktu yang jauh lebih singkat.

Era membawa harddisk eksternal atau flashdisk berkapasitas besar, setidaknya akan segera digantikan dengan era penyimpanan awan/cloud apabila jaringan 5G sudah resmi meluncur di Indonesia.

  • Download dan upload lebih ngebut berkali-kali lipat

Percobaan Kecepatan Jaringan 5G Smartfren, via: selular.id

Berapa waktu yang kalian habiskan, misal untuk mengunduh game Genshin Impact di Google Play/App Store lengkap dengan semua unduhan data in-game-nya?

Kalau kalian melakukan kegiatan tersebut hanya mengandalkan jaringan 4G yang mungkin biasanya berada di kecepatan sekitar 10Mbps hingga 50Mbps (jarang operator selular Indonesia mendapatkan speed maksimal untuk jaringan 4G di 100Mbps), tentu masih membutuhkan waktu yang agak lama kan? Terlebih kalian tahu sendiri, kalau game Genshin Impact membutuhkan file lebih dari 10GB untuk diunduh saat pertama kali dimainkan.

Maka, apa yang terjadi jika jaringan 5G sudah tersedia dan optimal di Indonesia? Anggap saja bila speed download/upload kalian mencapai 1Gbps pada jaringan 5G. Jadi, berapa waktu yang kalian habiskan untuk mengunduh 10GB lebih file game Genshin Impact lengkap sampai bisa dimainkan? Iya, benar! Hanya hitungan detik!

Tapi itu semua juga harus didukung dengan teknologi read and write pada penyimpanan internal smartphone atau device kalian ya. Paling tidak untuk mendukung jaringan 5G yang optimal, kalian butuh teknologi penyimpanan minimal UFS 2.1 pada smartphone, atau minimal menggunakan SSD SATA untuk penyimpanan internal laptop/PC kalian.

Kalau kalian masih menggunakan teknologi eMMC pada smartphone atau HDD pada PC/laptop kalian, maka jaringan 5G yang ngebut akan terasa bottleneck, terlebih akan berasa bila saat kalian dalam kegiatan mengunduh/download.

  • Mendukung perkembangan teknologi AIoT lebih cepat

Banyak dari kalian mungkin sudah menggunakan produk AIoT dari berbagai brand yang akhir-akhir giat menawarkan produknya. Beberapa diantaranya seperti Xiaomi, Realme, Bardi, dll.

Kita juga ingin menebak, beberapa dari kalian pasti sudah memakai produk smart tv, smart lamp, cctv, dan produk AIoT lainnya di rumah kalian kan?

Nah, jaringan 5G dapat mendukung semua perangkat AIoT kalian dapat bekerja secara maksimal.

Bagaimana bisa? Tentu bisa, karena dengan jaringan 5G yang optimal seluruh perintah yang dilakukan secara remote pada produk AIoT kalian, maka akan memiliki response time yang lebih singkat/baik, sehingga memungkinkan kalian melakukan perintah secara lebih realtime daripada biasanya.

Misal, kalian dapat mengatur posisi cctv di rumah kalian dari kejauhan dan melakukan monitoring/streaming serta komunikasi langsung 2 arah secara jauh lebih realtime dari biasanya.

Untuk kalian yang pernah/sedang memakai cctv di rumah/kantor, pasti saat ini kalau jaringan yang kalian pakai tidak terlalu bagus, maka cctv akan kesulitan melakukan seluruh fiturnya secara realtime, benar kan?

Misal, akan ada delay yang cukup mengganggu saat kalian melakukan komunikasi 2 arah dengan cctv bila kegiatan tersebut dilakukan dengan jaringan yang buruk atau kurang stabil.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Marie
Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Sosiologi bahasannya luas sob! FYI, teknologi dan masyarakat saling terikat!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Tech