GadgetAndroidTech

Samsung Galaxy A72 5G, Lebih Baik Dari Seri 4G? – Part 1

samsung galaxy a72 5g
Samsung Galaxy A72 5G, Lebih Baik Dari Seri 4G?

Kalian tahu ga kalau Samsung berencana untuk meluncurkan seri 5G untuk Galaxy A72? Rumor mengatakan bahwa Galaxy A72 5G akan segera meluncur di pasaran tahun ini.

Baca juga: 3 Galaxy A Series Samsung Terbaru Tidak Masuk Varian 5G!

samsung galaxy a72 5g

Samsung Galaxy A72 5G

Seperti yang sudah kita bahas di artikel sebelumnya, bahwa sebenarnya kita juga tidak tahu apa alasan pasti Samsung Indonesia tidak memasukkan varian 5G dari 3 Galaxy A series terbaru mereka.

Namun, kiranya ada secerca harapan untuk kamu yang menunggu varian 5G dari Galaxy A series. Karena apa? Karena Galaxy A72 5G sampai saat ini belum meluncur secara resmi pada pasar global.

Ya, walaupun rasa-rasanya untuk Galaxy A32 5G dan A52 5G sudah tidak ada harapan akan masuk resmi ke pasar Indonesia.

Tapi, rumor mengabarkan bahwa Galaxy A72 5G segera disiapkan Samsung untuk pasar global, semoga Samsung Indonesia berencana memasukkan varian 5G ini resmi ke Indonesia.

Galaxy A72 Vs Galaxy A72 5G

Samsung Galaxy A72

Samsung Galaxy A72

  • Bodi dan Layar

Belum ada konfirmasi bocoran informasi mengenai desain bodi HP ini, tapi rasanya kalau berkaca dari seri saudaranya Galaxy A32 dan A52. Harusnya desain bodi Galaxy A72 dan A72 5G tidak memiliki perbedaan sama sekali.

Sepertinya teknologi layar yang digunakan untuk varian Galaxy A72 5G tidak akan berbeda dengan Galaxy A72 yang sudah keluar bulan Maret lalu.

Leak yang beredar hingga saat ini, memberikan informasi bahwa nantinya seri 5G HP ini akan dibekali dengan peningkatan refresh rate menjadi 120Hz dari yang tadinya hanya 90Hz

Lalu diperkirakan juga kamera selfie pada HP ini akan mempunyai diameter yang lebih kecil dari seri sebelumnya. Sehingga menghasilkan rasio screen-to-body yang agak lebih besar ‘sedikit’, ya benar-benar sedikit dari 84.4% menjadi 84.9%.

Untuk urusan panel layar, rasanya Samsung masih akan tetap memakai panel Super AMOLED dengan tingkat kecerahan tertinggi di 800 nits, bukan yang terbaik di kelasnya memang. Namun, ya namanya juga Galaxy A series, kalau mau premium ya beli Galaxy S series atau Note series!

Kalau kalian tanya, proteksi layar apa yang dipakai Galaxy A72 5G nanti, belum ada bocoran soal hal tersebut. Masalahnya, Galaxy A72 juga belum diumumkan Samsung secara resmi memakai proteksi perlindungan kaca atau tidak.

Tapi banyak media atau forum yang menjelaskan bahwa Galaxy A72 menggunakan Corning Gorilla Glass 5 sebagai lapisan proteksi layar kacanya.

  • Prosesor dan GPU

Snapdragon 720G Vs 750G

Snapdragon 720G Vs 750G

Apakah disini ada yang sudah memakai Galaxy A72? Coba share pengalaman kalian selama memakai HP tersebut di kolom komentar ya.

Kalau kita melihat dari seri prosesor yang dipakai, maka jelas Galaxy A72 5G lebih diuntungkan karena telah dibenamkan seri Snapdragon 700 yang lebih tinggi yaitu 750G.

Sekilas, awam akan melihat kalau speed CPU Snapdragon 750G lebih rendah dibanding dengan Snapdragon 720G, yaitu 2.2GHz vs 2.3GHz. Namun ia tidak melihat ada versi Kryo yang berbeda disana, Snapdragon 750G hadir dengan versi Kryo 570 lebih tinggi dari Kryo 465 milik Snapdragon 720G.

Impact-nya apa? Tentu, dampak signifikan yang langsung kalian akan rasakan adalah dari segi performa HP secara keseluruhan, Galaxy A72 5G dengan Snapdragon 750G akan lebih bertenaga dibanding dengan Galaxy A72 biasa dengan Snapdragon 720G.

Untuk urusan GPU, sebenarnya perbedaan tidak terlalu signifikan, tapi tetap ada peningkatan, yaitu dari Adreno 618 pada Snapdragon 720G, dan kini Snapdragon 750G dibenamkan GPU Adreno 619 yang lebih tinggi oleh Qualcomm.

Jadi, apakah Galaxy A72 5G akan menggunakan Snapdragon 750G? Sepengamatan kita dari kebiasaan Samsung pada seri sebelumnya, dan dari informasi leak yang kita dapatkan, sepertinya HP ini kemungkinan besar akan menggunakan Snapdragon 750G besutan Qualcomm.

Baca juga: Samsung Galaxy A32 dan A72, Pas Untuk Siapa?

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Marie
Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Sosiologi bahasannya luas sob! FYI, teknologi dan masyarakat saling terikat!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Gadget