FeaturesGadgetLainnyaReviewTechTutorial

5 Tutorial Memilih Headset Gaming-Part 2

4. Fitur!

Memang betul, heaset itu salah satu perangkat keras sebagai alat bantu dengar, tapi audio juga bukan satu-satunya hal yang dikembangkan gaming headset. Masih ada fitur lain yang patut Anda pertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan. Yuk, kenali beberapa fiturnya berikut ini.

Noise cancelling

Beberapa perangkat audio seperti headset, headphone dan earphone saat ini dilengkapi dengan teknologi noise cancelling, yakni sebuah teknologi yang mampu meredam suara bising di sekitar lingkungan seperti deru mesin pesawat, gemuruh kereta api, kebisingan jalan raya dan lainnya.

Dalam praktiknya, banyak game yang bisa dimainkan secara multiplayer. Tipe game tersebut biasanya akan memberikan fasilitas voice chatting untuk pemainnya. Pada headphone, yang jelas tidak dilengkapi dengan mikrofon, tentunya kamu hanya bisa berkomunikasi melalui pesan teks. Namun pada headset, jika dilengkapi dengan mikrofon, kamu dapat berkomunikasi langsung melalui pesan suara.

Fitur active noise cancelling pada mikrofon akan membuatnya mampu memfilter gangguan suara eksternal. Alhasil, teman kamu akan mendengar pesan suara yang lebih jernih. Selain soal komunikasi, fitur ini juga memungkinkan Anda untuk mendengar suara game dengen lebih jernih. Dengan fitur passive noise cancelling, telinga Anda akan terisolasi dengan baik sehingga suara game terdengar lebih jelas.

Dilansir dari laman Krisp, meskipun noise cancelling meredam bising, namun teknologi tersebut tidak akan merusak pendengaran dan kesehatan. Pasalnya, teknologi noise cancelling tidak memancarkan radiasi dan tidak menimbulkan potensi ancaman. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kegunaan perangkat headset ber-noise cancelling itu aman!

Bantalan Memory Foam

Selain soal kualitas suara, kenyamanan gaming headset juga patut dipertimbangkan untuk daun telinga kamu, terlebih bila akan digunakan berlama-lama. Di sini tentu perlu adanya pertimbangan bagi kamu yang mencari produk yang nyaman di telinga mengingat pada bagaimana durasi penggunaan headset pada umumnya yang cukup lama. Untuk itu, Anda sebaiknya memilih produk dengan bantalan memory foam.

Bantalannya akan terasa nyaman karena mengikuti bentuk telinga Anda. Alhasil, telinga Anda tidak akan terasa pegal saat memakai gaming headset. Akan tetapi, tidak semua produk dilengkapi bantalan memory foam, lho. Namun, tiap-tiap brand biasanya menggunakan material yang tidak akan mencederai telinga kamu. Tenang saja, hehehe.

RGB LED

Sebenarnya untuk fitur satu ini, kalau di bahasa islamnya, sunnah muakkadah, yang artinya bahwa ada amalan sunnah yang dilakukan untuk menyempurnakan suatu ibadah wajib dan dianjurkan dilakukan sebab tingkatannya hampir mendekati ibadah wajib. Jadi semacam sunnah yang mendekati wajib artinya. Memang sunnah bagi gamers untuk mencari produk ber-RGB Led, itu lho, headset yang ber-gemerlap gemerlip, tapi seperti ada yang kurang bila hal ini tidak ada.

Surround Sound

Fitur surround sound akan meningkatkan kualitas suara yang kamu inginkan. Brand headset pada umumnya menggunakan fitur surround sound 7.1. Apa tuh? Iya, fitur tersebut merupakan teknologi yang membagi suara menjadi satu sumber suara bass dan tujuh titik suara lain. Dengan fitur ini, gaming headset menyajikan suara lebih detail, luas, dan bertenaga.

Bagi gamer, kegunaan produk dengan fitur surround sound 7.1 akan menajamkan suara-suara rendah dalam game semisal mengenai detil suara langkah kaki, gerakan musuh, bahkan suara yang jauh pun dapat terdeteksi dengan fitur ini. Beberapa brand juga menggunakan teknologi audio lebih canggih dari surround sound 7.1 seperti DTS Headphone:X v2.0. Surround sound tersebut akan memberikan efek audio beresolusi tinggi tanpa adanya sinyal yang terputus. Sebenarnya untuk masalah fitur ini, lebih enak bila dicoba langsung. Terkadang, saking bagusnya suatu produk, hal tersebut yang justru sulit dijelaskan dalam bentuk kata-kata, hehehe.

Nah, sementara itu dulu tadi pembahasan mengenai cara memilih headset yang sesuai dengan kebutuhan, harga, dan perangkat yang kamu miliki. Nantikan kelanjutannya di part 3 setelah ini. Sebelumnya, jangan lupa ya, jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, komunitas gamers terbesar di Indonesia.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Features