GadgetAndroidTech

Realme 8 Pro Vs Realme 7 Pro, Manakah Pro Sebenarnya? – Part 2

Realme 8 Pro Vs Realme 7 Pro
Realme 8 Pro Vs Realme 7 Pro

Baca sebelumnya: Realme 8 Pro Vs Realme 7 Pro, Manakah Pro Sebenarnya? – Part 1

Realme 7 Pro Vs Realme 8 Pro

logo realme

Logo Realme

  • Kamera

Rilis Harga, Realme 8 Series Sesuai Ekspektasi?

Fitur Kamera Utama Realme 8 Pro

Realme 8 Pro menjadi unggul, karena kamera utamanya memiliki resolusi terbesar saat ini yang dibenamkan pada smartphone, yaitu 108MP. Berbeda dengan Realme 7 Pro yang masih dibekali dengan kamera 64MP, namun saat awal kemunculannya, kamera Realme 7 Pro merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya.

Untuk 3 modul kamera tambahannya, masih dengan setup yang sama, yaitu 8MP kamera ultrawide serta 2MP kamera macro dan depth.

Penurunan spesifikasi malah terjadi pada modul kamera selfie Realme 8 Pro. HP ini hanya dibekali dengan 16MP kamera selfie, berbeda dengan adiknya yang dibekali kamera selfie 32MP.

  • Konektivitas dan Sensor

realme 8 pro spesifikasi

Sumber: Sosial Media Resmi Realme Indonesia

Semua konektivitas pada kedua HP ini bisa dibilang hampir identik. Kali ini Realme 8 Pro hadir dengan versi bluetooth 5.0 yang lebih rendah dibanding adiknya yang sudah menggunakan bluetooth 5.1.

Sisanya masih sama, seperti Wifi, GPS, USB type-C, dan tidak lupa NFC. Kelengkapan sensor-sensor pada kedua HP ini juga masih sama identik, yaitu fingerprint (under display), accelerometer, gyro, proximity, dan kompas.

  • Baterai

Nah di sektor baterai, walaupun kedua HP ini memiliki daya yang sama besar, yaitu 4500mAh. Namun, Realme 7 Pro lebih unggul karena telah mendukung pengisian daya cepat hingga 65 Watt, sedangkan Realme 8 Pro hanya didukung dengan hanya 50 Watt saja.

Pengisian daya baterai dari 0% hingga 100% Realme 8 Pro memakan waktu lebih lama 13 menit dari Realme 7 Pro yang hanya menghabiskan waktu setengah jam lebih 4 menit.

Kalian biasanya menghabiskan waktu berapa lama untuk mengisi daya HP? 1 jam? 2 jam? Atau bahkan 3 jam jika kepala charger kamu belum mendukung pengisian daya cepat.

  • Harga

harga realme 8 pro

Harga Realme 8 Pro di Website Resmi Realme Store

Kalian dapat membeli Realme 8 Pro saat ini dengan harga SRP 4.5 juta di Realme Store, ataupun kalian dapat membeli dengan harga yang lebih murah dengan memanfaatkan cashback dari ecommerce atau marketplace kesayangan kalian.

Sedangkan Realme 7 Pro BNIB (Brand New In Box) saat ini dapat kalian temukan di berbagai platform marketplace dan ecommerce dengan harga pasaran kurang lebih sebesar 4.1 jutaan (sebelum diskon dan cashback).

    • Kesimpulan

Jadi, kesimpulannya bagaimana? Setelah membaca penjelasan artikel ini dalam 2 part, kalian masih butuh masukan kesimpulan dari kita ga nih Vicigers?

Kalau kalian masih butuh masukan, oke kita akan kasih kesimpulannya versi VCGamers untuk kalian.

Sebenarnya dengan banyaknya penurunan spesifikasi yang terjadi pada HP anyar Realme 8 Pro, kalau kamu sudah punya Realme 7 Pro sebelumnya. Kita akan sarankan tetap mempertahankan HP kamu, dibanding kamu harus membeli Realme 8 Pro.

Tapi, kalau kamu berniat upgrade HP misal dari Realme seri C lawas, kita akan saranin kamu untuk langsung membeli Realme 8 Pro jika kalian mencari HP kelas mid-range.

Karena apa? Tentu, karena kamera utama yang lebih mumpuni dibanding Realme 7 Pro, dan pastinya karena Realme 8 Pro merupakan seri terbaru, jadi paling tidak HP ini akan mendapatkan dukungan update software lebih lama dibanding seri sebelumnya. Contoh kasus disini kalau kamu adalah Realme Fans ya, kamu ga akan cari pengganti HP kamu dari brand lain.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Marie
Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Sosiologi bahasannya luas sob! FYI, teknologi dan masyarakat saling terikat!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Gadget