GadgetReviewTech

Snapdragon 860 Primadona Baru HP Mid Range – Part 1

snapdragon 860
Snapdragon 860 Primadona Baru HP Mid Range

Siapa sih yang ga kenal prosesor besutan Qualcomm aka Snapdragon series? Siapa juga yang ga kenal seri 800 dari prosesor Snapdragon? Seri yang menjadi jagoan dibidang mobile prosesor ini selalu ditunggu-tunggu kehadirannya. Kini Qualcomm menghadirkan seri baru dari keluarga prosesor seri 800, yaitu Snapdragon 860.

Kalian ga tahu kalau ada prosesor Snapdragon 860? Kalian tahunya cuma kalau Qualcomm mengeluarkan prosesor Snapdragon 855/855+ dan langsung ke Snapdragon 865/865+? Ya kita sih ga nyalahin kalian, soalnya Qualcomm memang baru merilis dua prosesor anyar mereka Snapdragon 860 dan Snapdragon 870.

snapdragon 860

Qualcomm Snapdragon 860

Kalau kita urutkan dari silsilah keluarga prosesor Snapdragon seri 800, maka Snapdragon 860 merupakan lanjutan dari Snapdragon 855/855+ yang tentunya hadir dengan peningkatan performa.

Setelah Qualcomm mengumumkan peluncuran prosesor ini, tidak lama kemudian Xiaomi seperti tidak mau kehilangan momen, dan langsung mengumumkan bahwa smartphone seri terbaru mereka juga akan meluncur dengan ditenagai prosesor anyar besutan Qualcomm tersebut, yaitu Snapdragon 860.

Xiaomi mengumumkan bahwa Poco X3 Pro akan menggunakan Snapdragon 860 dan Poco F3 akan menggunakan Snapdragon 870.

poco x3 pro indonesia

Sumber: Instagram Resmi Poco Indonesia

Baca juga: Serius? Poco X3 Pro Masuk Resmi Indonesia?

Waktu peluncuran Poco X3 Pro secara resmi di Indonesiaa tinggal satu hari lagi, walaupun kita juga belum tahu pasti apakah Poco X3 Pro akan datang sendiri atau ditemani dengan Poco F3.

Tapi memang lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, karena pada launch event Poco X3 Pro besok (20/4/2021), Indonesia bukanlah menjadi negara yang pertama dalam peluncuran smartphone seri baru dari Xiaomi/Poco ini.

Hampir 1 bulan dari kehadiran Poco X3 Pro secara global, Xiaomi baru berencana meluncurkan HP ini resmi di Indonesia esok hari. Namun, terima kasih Xiaomi, sudah melengkapi smartphone Poco series di Indonesia.

Oke, kembali ke pembahasan Snapdragon 860, kita akan kasih tahu kalian beberapa fakta menarik dari prosesor ini, yuk langsung saja simak!

7 Fakta Menarik Snapdragon 860

  • Peningkatan performa dari seri sebelumnya

Sama seperti spesifikasinya diatas kertas, prosesor ini memiliki berbagai peningkatan dari seri sebelumnya, yaitu Snapdragon 855/855+. Prosesor baru besutan Qualcomm tersebut memiliki peningkatan yang paling kasat mata yaitu pada segi performanya.

Walaupun sama-sama menggunakan Kryo 485, namun clockspeed prosesor di Snapdragon 860 meningkat menjadi 2,96GHz, dari yang sebelumnya hanya 2,84GHz pada Snapdragon 855/855+.

Selebihnya, jika kita lihat spesifikasi yang tertera pada website resmi Qualcomm, maka antara prosesor Snapdragon 855/855+ dan 860, keduanya memiliki spesifikasi yang kurang lebih hampir sama.

  • Tidak dibekali modem 5G

logo 5g

Logo Resmi Jaringan Seluler 5G

Sama dengan seri sebelumnya Snapdragon 855/855+ yang tidak dibekali modem 5G. Snapdragon 860, walaupun termasuk prosesor anyar di tahun 2021, Qualcomm belum menyematkan modem 5G pada prosesor tersebut.

Artinya, semua smartphone yang menggunakan prosesor ini nantinya tidak akan didukung dengan jaringan 5G, kecuali nantinya Qualcomm memberikan upgrade spesifikasi atau mungkin mengeluarkan seri 860+ yang mendukung 5G.

Artinya juga, satu-satunya smartphone yang menggunakan prosesor ini, yang akan meluncur resmi besok di Indonesia, Poco X3 Pro tidak dibekali dengan jaringan 5G. Jadi, jangan tanya lagi ya, Poco X3 Pro tuh 5G ga sih? Mending kalian tanya sama Kominfo, kapan jaringan 5G di Indonesia resmi diluncurkan.

Baca selanjutnya: Snapdragon 860 Primadona Baru HP Mid Range – Part 1

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Marie
Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Sosiologi bahasannya luas sob! FYI, teknologi dan masyarakat saling terikat!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Gadget