GadgetReviewTech

Poco F3 Flagship Baru Dari Poco by Xiaomi! – Part 2

Poco F3 Flagship Baru Dari Poco by Xiaomi!
Poco F3 Flagship Baru Dari Poco by Xiaomi!

Baca sebelumnya: Poco F3 Flagship Baru Dari Poco by Xiaomi! – Part 1

8 Hal Yang Wajib Kamu Tahu Dari Poco F3

poco logo

Logo Poco

4. Memori RAM dan Penyimpanan Internal

Poco F3 masih mempunyai 2 varian memori yang sama seperti Poco F2 Pro, yaitu 6/128GB dan 8/256GB.

Penyimpanan internal pada HP ini juga telah didukung dengan teknologi UFS 3.1, yang akan membuat performa transfer rate read & write HP ini akan jauh berbeda lebih cepat, dari teknologi UFS 2.1/2.2.

Seperti biasa, varian seri F pada Poco sama seperti varian seri Mi pada Xiaomi, yaitu tidak memiliki slot tambahan/hybrid untuk menyematkan microSD.

5. Kamera

Sumber: GSMArena

Bagian ini memang yang paling terlihat perbedaannya dari seri sebelumnya Poco F2 Pro. Poco F3 memiliki desain yang hampir menyerupai Mi 11. Terlihat jelas pada setup desain kamera utamanya.

Namun berbeda dari Mi 11 yang menempatkan kamera selfie di pojok kiri atas (arah berlawanan), Poco F3 menyematkan kamera selfie di bagian tengah atas layar.

Kali ini Poco F3 tidak lagi menggunakan sistem pop-up kamera selfie seperti pada Poco F2 Pro. Kita juga merasa, sepertinya fitur pop-up kamera saat ini belum terlalu dibutuhkan, malah lebih terkesan ribet dibanding dengan kamera selfie yang berada di dalam layar.

Sepertinya Poco ingin memangkas biaya dengan hanya menyematkan 3 modul kamera pada kamera utamanya, dan lagi-lagi sama seperti nasib Poco X3 Pro yang mengalami penurunan resolusi pada sektor kamera utama dibanding seri sebelumnya, Poco F3 juga mengalami hal yang sama.

Jika dibanding dengan Poco F2 Pro yang memiliki setup 4 modul kamera, 64MP kamera utama, 5MP kamera makro, 13MP kamera ultra-wide, dan 2MP depth sensor. Poco F3 hanya disokong 3 modul kamera dengan spesifikasi, 48MP kamera utama, 8MP kamera ultra-wide, dan 5MP kamera makro, tanpa kamera depth sensor.

Terlihat kan penurunan spesifikasi kameranya? Tapi semoga saja, hasil jepretan/video yang diberikan kamera Poco F3, tidak terlalu mengecawakan, paling tidak ya sama lah dengan hasil kamera Poco F2 Pro. Berharap lebih bagus? Ya mungkin saja bisa terjadi, tapi mohon maaf nih Vicigers, kita belum dapat info sih apakah sensor kamera yang digunakan Poco F3 sama/lebih bagus/dibawah sensor kamera milik adiknya.

Nah, untuk urusan kamera selfie, HP ini memberikan spesifikasi diatas kertas yang lebih bagus dibanding adiknya, meskipun dengan resolusi yang sama.

Sama-sama memiliki resolusi 20MP pada kamera selfie, namun Poco F3 mempunyai bukaan lensa yang lebih besar (f/2.5) daripada Poco F2 Pro (f/2.2). Seharusnya Poco F3 dapat memberikan hasil foto kamera selfie yang lebih baik dibanding adiknya karena didukung dengan lensa bukaan besar sehingga dapat menangkap cahaya lebih banyak.

6. Konektivitas dan Sensor

Konektivitas dan sensor pada HP ini bisa dibilang hampir identik dengan seri sebelumnya. Namun, kalau sensor sidik jari pada Poco F2 Pro dibenamkan pada layar (under display, optical), pada HP ini sensor sidik jari diletakkan side-mounted/ disamping bodi.

Lalu, sepertinya untuk konektivitas NFC, tidak seperti Poco F2 Pro yang memang sudah fix mempunyai fitur tersebut. HP ini kiranya belum pasti mendapatkan fitur NFC, karena Xiaomi membenamkan fitur tersebut tergantung market/region dependent.

Oia sensor barometer pun absen pada HP ini, namun kali ini Xiaomi membenamkan sensor color spectrum untuk mendukung kamera mendapatkan hasil warna yang sesuai dengan aslinya.

7. Baterai

Sektor ini juga mengalami penurunan kapasitas dari seri sebelumnya. Kini Poco F3 harus puas dengan hanya dibenamkan baterai ukuran 4520mAh, Selisih 180mAH sih sebenarnya dari Poco F2 Pro, ga terlalu berpengaruh.

Namun, HP ini memiliki waktu pengisian daya yang lebih singkat dari Poco F2 Pro, yaitu hanya butuh sekitar 52 menit untuk mengisi penuh 100% daya baterai dengan bantuan kepala charger 33 Watt yang support QC (QuickCharge by Qualcomm).

Satu hal, sayangnya HP ini belum didukung dengan teknologi pengisian daya wireless, seperti Mi 11.

8. Harga

Apabila harga SRP Poco F2 Pro saat ini adalah Rp 6.999.000 untuk varian 6/128GB, dan Rp 7.999.000 untuk varian 8/256GB untuk pasar Indonesia. Maka pada Poco F3, HP ini memiliki harga yang jauh lebih terjangkau di pasar global.

Dibanderol dengan harga USD 349, maka bila dikonversi ke rupiah HP ini untuk varian termurahnya 6/128GB hanya seharga 5 jutaan rupiah saja.

Cukup jauh bukan selisihnya dengan Poco F2 Pro? Masih berharap Poco F3 akan masuk resmi ke Indonesia? Kita tunggu saja ya pengumumannya besok 20 April 2021, apakah Poco X3 Pro datang sendiri atau datang ditemani dengan Poco F3.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Marie
Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Sosiologi bahasannya luas sob! FYI, teknologi dan masyarakat saling terikat!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Gadget