GadgetPreviewTech

Poco F3 Flagship Baru Dari Poco by Xiaomi! – Part 1

Poco F3 Flagship Baru Dari Poco by Xiaomi!
Poco F3 Flagship Baru Dari Poco by Xiaomi!

Hai Vicigers! Belum genap satu tahun dari peluncuran Poco F2 Pro, kini kita kembali disuguhkan smartphone seri F terbaru dari Poco, yaitu Poco F3.

Awal tahun ini sepertinya menjadi surga buat kamu para pecinta smartphone Android. Bukan tanpa alasan, tapi karena pada awal tahun 2021 ini, banyak sekali brand-brand besar global mengeluarkan seri baru smartphone mereka, dari segmen low-end hingga high-end.

Baca juga: Upgrade Poco X3 Pro Padahal Sudah Punya Poco X3 NFC, Wajib Ga Sih?

poco logo

Logo Poco

8 Hal Yang Wajib Kamu Tahu Dari Poco F3

Kali ini kita akan bahas 8 hal yang wajib kamu tahu dari smartphone anyar Poco F3 ini. Langsung saja kita mulai dari yang pertama

1. Bodi

xiaomi poco f3

Sumber: GSMArena

Memiliki desain bodi yang berbeda jauh dari adiknya Poco F2 Pro, kini Poco F3 memiliki desain yang konsepnya mirip dengan Mi 11, namun dengan beberapa perbedaan tentunya.

Kalau kita melihat sekilas dari gambar di atas, sepertinya untuk varian warna biru memiliki desain backdoor yang agak berbeda dari dua warna lainnya hitam dan putih.

FYI, Poco F2 Pro dan Poco F3 sama-sama dilindungi lapisan kaca Gorilla Glass 5 pada bagian backdoor-nya, namun berbeda pada bagian framenye, Poco F2 Pro dibalut dengan frame aluminium, sedangkan Poco F3 dibalut dengan frame plastik.

Mungkin hal tersebut dilakukan Xiaomi untuk memangkas bobot menjadi lebih ringan dari adiknya Poco F2 Pro, kini Poco F3 hanya berbobot 196 gram, lebih ringan dari Poco F2 Pro yang memiliki berat 219 gram.

2. Layar

Poco F3 masih mengusung layar AMOLED dari Samsung, sama seperti adiknya, namun kini dengan peningkatan pada tingkat kecerahan layar hingga 1300 nits.

Besaran layar yang juga tidak berubah dari seri sebelumnya, yaitu sebesar 6.67 inch, namun dengan rasio screen to body yang berbeda. Hal tersebut terjadi karena Poco F3 tidak lagi menggunakan pop-up kamera depan seperti Poco F2 Pro, tapi menaruh kamera depan yang sudah dipangkas diameternya di dalam layar, seperti HP android kebanyakan.

Pada urusan proteksi layar, Xiaomi juga masih mempercayakan layar kaca Gorilla Glass 5 dari Corning untuk dibenamkan pada HP ini. Sedikit penurunan sih kalau kita lihat dari sisi Poco X3 Pro yang sudah memakai Gorilla Glass 6.

Tidak lupa, HP ini juga dibekali dengan spesifikasi layar HDR10+, refresh rate 120Hz, FullHD+ dengan rasio 20:9.

Baca juga: Serius? Poco X3 Pro Masuk Resmi Indonesia?

3. Prosesor

snapdragon 870

Snapdragon 870 by Qualcomm

Sama seperti Poco X3 Pro yang memiliki gelar HP pertama Poco/Xiaomi yang menggunakan prosesor Snapdragon 860. Poco F3 juga menyandang gelar tersebut, HP pertama Poco yang menggunakan prosesor Snapdragon 870.

Tapi Poco F3 bukanlah yang pertama menggunakan prosesor Snapdragon 870, ternyata di mainland-nya ada seri Xiaomi Mi 10S yang lebih dahulu menggunakan prosesor ini.

Jika Poco F3 masuk resmi ke Indonesia, kiranya Poco harus siap berhadapan dengan Vivo X60 dan Vivo X60 Pro yang juga menggunakan prosesor yang sama.

Baca juga: Diam-Diam Vivo X60 Series Akan Meluncur 8 April Ini

Untungnya varian Oppo Find X3 yang masuk resmi ke Indonesia hanya varian Find X3 Pro yang menggunakan prosesor Snapdragon 888, bukan Find X3 biasa yang juga menggunakan Snapdragon 870. Jadi daftar pesaing di pasar Indonesia untuk bulan April ini masih tergolong sedikit lah.

Semoga, Poco F3 Pro diluncurkan resmi berbarengan dengan peluncuran Poco X3 Pro ya. Soalnya sampai saat ini, belum ada tanda-tanda yang meyakinkan dari Xiaomi akan membawa seri ini resmi ke Indonesia.

Oia, prosesor Snapdragon 870 ini juga sudah mendukung jaringan 5G loh, jadi kalau HP ini resmi masuk Indonesia. HP ini kiranya dapat menjadi daily driver kamu, sambil kalian menunggu jaringan 5G sendiri launch di Indonesia. Kapan ya? Tau deh.

Intinya, ya kalian tahu lah ya, bagaimana performa prosesor Snapdragon seri 8 khususnya 870 ini. Seri prosesor yang memang dirancang untuk menemani HP flagship, terlebih Snapdragon 870 merupakan prosesor terbaru seri 8 tahun 2021 ini yang diciptakan Qualcomm, walaupun performanya masih dibawah Snapdragon 888, tapi semua game mobile terberat hingga saat ini, jaminan bisa rata kanan lah!

Baca selanjutnya: Poco F3 Flagship Baru Dari Poco by Xiaomi! – Part 2

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Marie
Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Sosiologi bahasannya luas sob! FYI, teknologi dan masyarakat saling terikat!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Gadget