LainnyaReview

56 Game Buatan Indonesia Ini Oke Punya!-Part 1

Budaya gaming saat ini tengah berkembang pesat di berbagai kalangan. Terlebih, saat ini game bukan lagi hanya digunakan untuk sekadar main-main dan mengisi waktu luang saja, bahkan juga bisa menjadi sumber penghasilan yang serius. Bukan hanya bergabung dalam kompetisi gaming, kenyataannya, banyak juga darah muda yang akhirnya meniti karier sebagai developer game. Selain memicu tumbuhnya gamer-gamer profesional, hal ini kemudian menjadi alasan menjamurnya developer game profesional.

Pasalnya, saat ini pasar game di seluruh dunia didominasi oleh game-game asal developer Amerika, Jepang, dan negara lainnya. Namun, siapa yang menyangka bahwa developer game asal Indonesia ternyata mampu menciptakan game yang populer? Tidak hanya di dalam negeri, tapi juga hingga ke luar negeri, lho.

Indonesia menjadi salah satu dari sekian negara yang menjadi tempat pemasaran game mancanegara. Para developer mempertimbangkan Indonesia karena banyaknya jumlah pemain game dari negeri ini. Nah, pembahasan pada part 1 ini sebelumnya akan membahas mengenai game karya anak bangsa lokal negara kita, Indonesia, pada game mobile. Check this out!

1. Bus Simulator Indonesia

Larangan mudik terjadi sejak tahun kemarin saat pandemi menyerbu. Rasa rindu akan  kampung halaman pun menyeruak. Nah, game ini  memvisualisasikan kondisi jalanan real saat kita mudik. Hitung-hitung tidak bisa mudik, game ini cocok untuk mudik virtual, hehehe. Game produksi developer lokal bernama Maleo yang bermarkas di Surabaya ini sudah terdownload 10 juta kali dengan besaran aplikasi 281 MB di Playstore.

Sama seperti game-game simulator lainnya, Bus Simulator Indonesia menawarkan sebuah pengalaman mengemudikan bus secara realistik di mana hampir seluruh fitur-fitur busnya bisa diaktifkan sesuka hati. Game ini menggunakan bus-bus lokal Tanah Air, lengkap dengan rute lokalnya.

Game ini memiliki grafis yang jernih dan detil. Pemain bisa mengemudikan bus di cuaca panas dan hujan, dan waktu pun berjalan secara real-time dari pagi, siang, hingga malam, semuanya dengan nuansa Indonesia yang kental. Uniknya, respon bus ketika digas, direm, dan berbelok, kemudian goyangan body bus ketika bermanuver, semuanya realistis untuk game simulator yang bisa dimainkan di sebuah smartphone.

2. Salah Sambung

Game ini akan mengajak seluruh pemain untuk ngebucin dan menjadi baperan. Coba bayangkan, bagaimana perasaan Anda saat ada seorang gadis cantik tiba-tiba salah kirim pesan ke ponsel Anda? Hanya ada dua pilihan tersedia di tangan Anda : Apakah Anda menggunakan segala tipu daya agar dia mau menjadi lebih akrab dengan kamu, atau kamu memilih menjadi orang ‘baik-baik’ dan jujur untuk memberitahu bahwa dia sebenernya sedang salah sambung?

Melalui game yang ber-genre dating simulator inilah, gaya chatting sehari-hari ini akan kita jumpai. Game produksi Rolling Glory Jam ini akan memberikan kesempatan pemain untuk memilih beberapa pilihan yang akan menentukan alur hubungan Anda dengan si gadis salah sambung ini. Bagi Anda yang ingin memainkan game Salah Sambung bisa mendownloadnya melalui di sini.

3. Onet Deluxe

Bagi Anda yang sudah tidak asing lagi memainkan game Onet di PC, kini Anda dapat memainkannya di perangkat Android, lho. Onet Deluxe merupakan sebuah game puzzle yang mengharuskan pemainnya untuk menyocok-nyocokkan gambar untuk menyelesaikan level demi levelnya. Game ini cocok untuk semua umur, mengingat bahwa game ini mengedukasi sekaligus mengasah otak, deh! Onet Deluxe telah hadir di Play Store untuk para penggemarnya. Terlebih, game ini worth it dan cocok menemani Anda jikalau Anda sedang bosan dan tidak ada sinyal pada ponsel. Bagi yang penasaran ingin mencoba game ini, silakan download di sini.

Developer Paw-App Studio
Android Minimum 4.0 ke atas
Ukuran 6,8MB
Install 10,000,000+
Rating 4,3 / 5 (Google Play Store)

Nah, itu tadi ketiga game buatan Indonesia versi mobile. Nantikan kelanjutan-nya di part 2! Sebelumnya, jangan lupa ya, jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, komunitas gamers terbesar di Indonesia.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Lainnya