GenreAndroidPlatformSport Game

Mencoba Sepakbola Gaya Amerika dalam Retro Bowl

Sepakbola menjadi olahraga favorit semua orang, masyarakat Indonesia pun begitu. Di Amerika pun sepakbola menjadi idola sebagian besar rakyatnya. Namun American Football tidaklah sebagai olahraga yang lazim dijumpai di negara lain. Football merupakan istilah untuk sepakbola, cuma di Amerika olahraga ini dinamakan soccer. Ingin mengenal American Football, coba dulu game Retro Bowl berikut ini.

Football Gaya Retro

Menurut rakyat Amerika, football adalah American Football dengan induk organisasinya adalah NFL (National Football League). Untuk para penyuka game yang kebetulan juga gemar American Football, pengembang New Star Games menghadirkan game menarik yaitu Retro Bowl. American Football beraliran retro adalah gambaran sekilas mengenai game Retro Bowl ini. Jadi dalam game ini pemain memiliki misi menangani satu tim football, kemudian mengantarkannya berlaga sampai kemudian menjadi juara. Dapat dikatakan game ini merupakan paduan game dengan konsep manajemen dengan simulasi yang disajikan dalam tampilan retro.

Menangani Team

Pemain menjadi manager tim American Football tentu banyak tugas yang harus dilakukan. Seorang manajer harus mampu mengatur seluruh pemain yang menjadi anggota team, merekrut pemain baru, menaikkan gaji pemain, memilih pelatih, dan masih banyak lagi. Tampilan Retro Bowl memang secara antarmuka terlihat sederhana. Pemain dapat memberikan waktu istirahat kepada anggota team yang kelelahan, mengecek jadwal kompetisi, mengecek ranking, dan banyak lagi.

Saat pertandingan berjalan, pemain tak bisa mengamati anggota team yang bergerak di lapangan, cuma ditampilkan penjelasan terbatas tentang apa yang tengah berlangsung ketika itu. Serupa seperti sistem simulasi game Football Manager yang pernah populer di masa lalu. Hanya saja pemain cakap masuk ke dalam pertandingan untuk ikut berlaga, sebab tiap beberapa waktu, insiden bisa muncul sehingga manajer harus mengendalikannya. Pemain dapat mencermati lalu bertanding sendirian di lapangan melawan team musuh.

Team dalam Retro Bowl bisa meraih kemenangan jika mampu melancarkan touchdown yaitu menendang bola melampaui gawang tinggi. Lalu pada akhir laga, siapa dengan skor terbanyak, team itu sebagai pemenangnya. Menariknya, usai pertandingan itu, pemain selaku manajer dapat memberikan pujian atau sebaliknya memarahi anggota team dan pelatih atas hasil jelek yang diperoleh. Pastinya, itu juga bisa memberikan dampak, misalnya memperkuat atau sebaliknya melemahkan semangat anggota team. Jadi dalam Retro Bowl ini tantangannya adalah bila pemain sebagai manajer mampu mengantarkan team American Football yang dipimpin menjadi juara liga.

Game Offline

Retro Bowl  disuguhkan menggunakan tampilan yang sepenuhnya retro, sama layaknya game pada era 80an silam. Tak lupa pula yaitu musik serta efeknya yang juga dihadirkan khas retro. Dengan begitu betul-betul menghadirkan sensasi game jadul namun tetap menarik dan asyik untuk dimainkan. Dihadirkan sebagai game gratis, Retro Bowl tentu saja tak perlu akses Internet sedikitpun. Dengan begitu dapat dijalankan meski ponsel kehabisan kuota. Malah game ini juga tak mengadopsi sistem stamina, sehingga memang betul-betul terkesan sebagaimana game retro 80an yang legendaris. Menu mikrotransaksi dalam Retro Bowl disiapkan bagi pemain yang perlu menebus Coaching Credits maupun Unlimited Mode.

Game Retro Bowl secara umum tak buruk, hanya saja boleh jadi target pengguna yang menggemari game American Football untuk Indonesia lebih sedikit. Dengan begitu cuma beberapa gamer yang tertarik untuk bermain Retro Bowl.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

 

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Hakum
Seorang pecinta game dan suka menuliskan pengalaman dalam bermain.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Genre