LainnyaReview

Keren! 22 Game Mendunia Ini Berlatar Indonesia! – Part 6

world map with countries indonesia - Map Indonesia Model Globe Stock Illustration Illustration

19. Chess Rush

Ketika genre auto-battler makin populer di 2019 silam, Tencent selaku developer game pun berani merilis game miliknya sendiri, Chess RushPada 2020 ini, mereka berniat menghidupkan tokoh superhero Tanah Air, Gundala jadi maskot karakter yang bisa pemain miliki. Diceritakan bahwa Gundala Putra Petir siap bertarung di arena Chess Rush.

Karakter lokal asli Indonesia ciptaan Harya “Hasmi” Suraminata ini adalah karakter komik yang dibuat pada tahun 1969. Terkenal dengan sebutan Gundala Putra Petir setelah mendapat buku komik sendiri, superhero ini baru saja mendapat film live-action reboot pada 2019 lalu. Film ini adalah instalasi pertama dari BumiLangit Cinematic Universe di saat Gundala menjadi salah satu dari banyak superhero yang akan dihadirkan sebagai unit yang dapat dimainkan dalam game auto-chess ini.

20. Front Mission 3

Dirilis pada tahun 2000-an, Front Mission 3 sempat menjadi salah satu game tactical RPG terbaik di masanya. Game yang dikembangkan oleh Electronic Arts menuai banyak review positif dari para kritikus maupun gamer. Pada game Front Mission 3 terdapat salah satu cerita yang menggunakan latar sebuah lokasi di Asia Tenggara, yaitu Indonesia. Di sini para pemain akan menghadapi sebuah misi yang mengambil kejadian di pulau Sumatera, Aceh, dan Sulawesi.

Game ini juga dilengkapi dengan beberapa karakter yang juga Indonesia banget, seperti nama Hatta Mirza dan Linny Barilar. Bahkan di seri sebelumnya, yaitu Front Mission 2, juga memasukkan unsur Indonesia di dalam ceritanya.

Diceritakan bahwa keluarga Bariliar berasal dari daerah pertanian di Rantepao, Sulawesi. Linny Barilar ialah salah satu karakter yang bisa Anda mainkan jika memilih skenario People’s Republic of Da Han Zhong (DHZ). Dalam game ini pemain bisa bertempur bersama dengan robot mecha, melawan pasukan Indonesia yang tidak hanya diisi oleh tentara khusus tapi juga warga lokal seperti petani dan lain-lain.

21. Horizon Zero Dawn

Seperti yang terpampang jelas pada video di atas, di game seru sekelas eksklusif PlayStation, Indonesia juga bisa sampai disebut, loh! Horizon Zero Dawn yang mengambil latar futuristik membawa banyak artefak serta bercerita jika Indonesia sempat hancur lantaran sebuah bencana di Sungai Citarum. Dilansir lebih lengkapnya pada dokumen bertajuk “We Were Indonesia”, diceritakan jika ada bencana teknologi nano yang terjadi di sekitar Citarum.

22. Ragnarok Online

Dalam game Massively Multiplayer Online Role-Playing Game alias MMORPG yang sangat legendaris ini, Ragnarok Online versi klasik menyebut ada nama Pulau Komodo dan Pulau Dewata sebagai dua lokasi yang membawa unsur Indonesia. Ya, dua peta yang mereka tawarkan di antaranya ada Pulau Komodo serta Pulau Dewata sebagai perwujudan Bali.

Di satu sisi, patut disyukuri memang bahwa ada unsur Indonesia yang mereka sebut. Masalahnya, sebenarnya tidak ada hewan Komodo di Pulau Komodo. Justru, hewan tersebut malah berkeliaran di Pulau Dewata. Belum lagi, game ini sempat dianggap salah menggarap konten dua lokasi ini lantaran Pulau Komodo diceritakan menjadi destinasi untuk berjudi sementara Pulau Dewata adalah lokasi yang sebetulnya dihuni komodo. Selain reptil raksasa tersebut, makhluk lainnya yang mengandung unsur Indonesia di pulau tersebut ada cendrawasih dan butoijo. Ada pula miniatur candi Borobudur yang akan para gamers temukan di maps ini.

Nah, itu tadi keempat game terakhir yang berlatar di Indonesia, menyadur konsep kebudayaan khas Indonesia, maupun dibuat langsung oleh developer asal Indonesia. Jadi, jikalau boleh disimpulkan, developer game menyukai konsep keanekaragaman budaya, kekayaan sumber daya alam dan manusianya, serta latar tempat negara kita sebagai negara kepulauan. Orang lain saja suka dengan Indonesia, artinya kita harus berbangga dan bersyukur ya terlahir di negara yang banyak orang gemari.

Sebelumnya, jangan lupa ya, jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, komunitas gamers terbesar di Indonesia.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Lainnya