LainnyaReview

Keren! 22 Game Mendunia Ini Berlatar Indonesia! – Part 2

5. Far Cry 3

Far Cry 3 merupakan sebuah game First Person Shooter alias FPS yang dikembangkan oleh perusahaan developer game asal Prancis terkenal, yakni Ubisoft. Memang di game ini tidak ada yang secara langsung menyiratkan bahwa game ini berlatar tempat Indonesia. Masalahnya, dalam game ini banyak ditemukan unsur Indonesia yang bukan hanya dari tampak latar lingkungan alamnya, tetapi juga dari tampak bangunan-bangunan yang mirip Candi Hindu-Buddha.

Bagaimana tidak, mulai dari bahasa yang diucapkan para karakter NPC hingga hewan yang ada di sana seperti komodo, harimau Sumatera, komodo, burung kasuari, dan banyak hewan lain. Selain itu, Rook Island, pulau fiktif tempat latar permainan ini terletak di sebuah pulau eksotis yang kemungkinan besar berada di Indonesia. Pokoknya, semuanya sangat identik dengan negeri kita tercinta

Terus tau gak? Ada salah satu karakter penting bernama Citra Talugmai, di video yang diunggah di youtube berjudul “Far Cry 3 – Citra Speak Indonesian” ini memang benar nyata adanya. Pada sebuah cuplikan video pendek di atas dia berkata “Berhenti!”

6. Tekken Tag Tournament 2

Hingga kini, Tekken masih menjadi game yang paling banyak diminati oleh orang-orang di seluruh dunia. Bandai Namco sebagai developer game memang selalu sukses untuk memberikan kejutan ke dalam game andalan mereka ini.

Salah satu kejutan yang ada pada seri Tekken Tag Tournament 2  ke-delapan dari game Tekken yang dirilis tepat pada 14 September 2014 lalu ini adalah di dalam game ini terdapat arena bertarung yang sangat identik dengan Indonesia. Seperti The King of Fighters ’97, game ber-genre fighting ini mengusung seni tradisional asal Jawa bagian tengah dan timur itu tampil sebagai latar belakang.

Dalam game ini terdapat arena pertarungan yang sangat identik dengan Indonesia. Arena bertarung tersebut diberi nama wayang kulit dan seperti namanya, dalam arena terdapat banyak unsur Indonesia seperti wayang kulit itu sendiri dan juga gamelan yang menjadi alat musik asli Indonesia.

7. Uncharted: Drake’s Fortune

Pada cuplikan video di atas menunjukkan bahwa di dalam game ini terdapat beberapa dialog berbahasa Indonesia meskipun memang aksen bahasa Indonesia yang ditampilkan mungkin agak terdengar sedikit aneh. Namun kita patut berbangga karena Naughty Dog, developer dari game Uncharted ini mengatakan bahwa mereka sampai mempelajari bahasa Indonesia. Wah, niat banget, ya! Usaha Naughty Dog tentunya patut diacungi jempol walaupun mungkin bagi gamers Indonesia, dialog yang ditampilkan kurang natural.

8. Tom Clany’s Splinter Cell : Pandora Tommorow

Tokoh utama game ini adalah seorang agen rahasia Amerika Serikat bernama Tom Fisher yang dikirim ke Indonesia untuk membekuk sebuah kelompok teroris dari Indonesia. Game satu ini mengusung tema menarik di mana melakukan pengejaran dan pelacakan terhadap kelompok radikal.

Diceritakanlah seorang Suhadi Sadono sebagai pemimpin teroris radikal Darah Dan Doa yang menjadi tokoh antagonis utama di game kedua seri Splinter Cell. Awalnya dilatih oleh CIA buat memerangi komunisme, eh malah berulah dan menyerang kedutaan besar Amerika di Dili. Akhirnya Tom Fisher diutus untuk membungkamnya. Bila dilihat dari namanya, Suhadi Sadono ini namanya Indonesia banget, iya ‘kan?

Diceritakan juga bahwa pemimpin organisasi tersebut kabur ke wilayah Indonesia sambil memiliki misi khusus. Hal demikian membuat setting lokasi akan banyak di pulau Nusantara. Pokoknya, di dalam game ini, kita diajak kebeberapa tempat menarik di Indonesia sambil melacak keberadaan Suhadi Sadono di Indonesia. Dirinya ternyata juga ikut dalam suatu projek yang bisa untuk menghancurkan populasi sebuah negara dengan cepat.

Nah, itu tadi keempat game yang berlatar di Indonesia, menyadur konsep kebudayaan khas Indonesia, maupun dibuat langsung oleh developer asal Indonesia. Nantikan kelanjutannya di Part 3.

Sebelumnya, jangan lupa ya, jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, komunitas gamers terbesar di Indonesia.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Lainnya