Review

Keren! 22 Game Dunia Ini Berlatar Indonesia! – Part 1

Video game saat ini tengah menjadi salah satu raksasa di industri hiburan selain dari industri perfilman. Sama halnya dengan film, rasanya video game punya banyak unsur pembentuknya seperti latar tempat game itu sendiri. Seperti yang kita ketahui, umumnya banyak sekali video game yang diproduksi oleh developer besar dan ternama menggunakan latar tempat di benua Eropa atau Amerika. Tapi tau gak sih, Indonesia juga pernah disebut-sebut dalam beberapa game dunia, lho.

Memang, rasanya sangat asing dan langka bisa melihat Indonesia disebut dalam game-game besar. Banyak dari developer game kelas dunia yang sangat tertarik memasukan unsur-unsur budaya bertema khas Indonesia ke dalam game buatan mereka.

Hal ini tentunya menunjukkan bahwa adanya apresiasi yang sangat tinggi dari dunia terhadap budaya Indonesia yang sangat kuat, unik, dan beraneka ragam. Nah, kira-kira game apa saja yang mengambil unsur latar tempat dan menyadur budaya Indonesia? Let’s check this out!

1. King Of Fighter ’97

Game satu ini adalah sebuah nama legendaris ber-genre fighting. The King of Fighters ’97 adalah game keempat dalam seri The King of Fighters. Ini juga merupakan bab terakhir dari alur cerita “Orochi Saga” yang awalnya ditulis perdana untuk mission arcade sebelum akhirnya ikut dirilis untuk Sega Saturn, PlayStation, bios, Android, Neo Geo CD, dan platform lainnya. Versi barunya, disebut Global Match, dirilis untuk PlayStation Network (PS4 / Vita) dan untuk PC (Steam) pada 3 April 2018.

Game yang selanjutnya dirilis di iOS dan Android pada 14 November 2013 ini juga ternyata mengambil latar tempat di Tuban, provinsi Bali. Merujuk pada video di atas, terdapat nuansa panggung yang sangat terasa akan kekayaan Bali. Itu lah kenapa di belakang para petarung akan ada figur barongan, penari pendet juga ornamen khas Bali lainnya serta musik kecak.

2. V-Rally dan V-Rally 2

V-Rally 2 (Need for Speed: V-Rally 2 di Amerika Utara untuk versi PlayStation dan Test Drive V-Rally di Amerika Utara untuk versi Dreamcast) adalah video game balap yang dikembangkan oleh Eden Studios dan dirilis oleh Infogrames untuk PlayStation, Dreamcast dan Microsoft Windows. Awalnya direncanakan untuk dirilis sebagai judul Nintendo 64, tetapi dibatalkan selama fase pengembangan awal game dan tidak pernah diumumkan secara resmi.

V-Rally maupun V-Rally 2 menawarkan track balapan mobil yang berlokasi di Indonesia. Gamers akan disuguhkan dengan dengan kontur tanah yang bergelombang serta rawa-rawa hingga deretan perumahan khas Indonesia di kiri kanan jalur balapan. Memang tidak dijelaskan secara spesifik di mana lokasi balapan berlangsung, tapi jika dilihat lebih detil mengenai rumah-rumah memiliki atap jurai khas Padang.

3. The Dark Pictures Anthology: Man of Medan

The Dark Pictures: Man of Medan adalah sebuah game petualangan yang dikembangkan oleh Supermassive Games dan dirilis oleh Bandai Namco Entertainment pada 2019 silam. Permainan tersebut direncanakan dirilis untuk Microsoft Windows, PlayStation 4 dan Xbox One.

Man of Medan alias Orang Medan jika di-translate ke bahasa Indonesia, memang harus diakui bahwa game ini memiliki nama yang punya asosiasi yang kuat dengan Indonesia. Medan di sini memang mengacu pada kota Medan, Sumatera Utara. Selengkapnya, bagi siapapun yang penasaran tentang bagaimana jalan ceritanya, bisa dibaca di sini.

4. DreadOut

Kalo yang satu ini, jelas berasal dari Indonesia yang juga dikembangkan oleh developer dalam negeri bernama Digital Happiness. Intinya, game ini asli made in Indonesia, deh! DreadOut ini bercerita soal perjalanan siswi SMA bernama Linda untuk menjelajahi keangkeran sekolahnya. Dia bersama teman-temannya di sini menggunakan kamera sebagai senjata ampuh untuk mengusir setan. Bagi yang ingin mencicipi rasanya bermain game ini langsung saja mampir Steam.

Untuk seukuran gamegame ‘kekinian’, meskipun singkat, sudah dipastikan para gamers yang memainkannya akan puas karena presentasi yang ditampilkan game ini benar-benar cool. Seramnya dapat, kualitas visual dapat, dan tentu saja game ini Indonesia banget karena setan yang ditampilkan adalah setan Indonesia.

Nah, itu tadi keempat game yang berlatar di Indonesia, menyadur konsep kebudayaan khas Indonesia, maupun dibuat langsung oleh developer asal Indonesia. Nantikan kelanjutannya di Part 2.

Sebelumnya, jangan lupa ya, jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, komunitas gamers terbesar di Indonesia.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Review