LainnyaReview

Keren! 22 Game Mendunia Ini Berlatar Indonesia! – Part 3

9. Cobra Command

Cobra Command atau Thunder Storm ini dikenal juga sebagai Thunder Storm atau サ ン ダ ー ス ト ー ム di Jepang, adalah film interaktif yang awalnya dirilis oleh Data East pada tahun 1984 sebagai game arcade berbasis LaserDisc. Port Mega-CD dari Cobra Command yang dikembangkan oleh Wolf Team dirilis pada tahun 1992. Jadi, jangan heran mengapa cover game-nya memang terasa kunonya.

Game ini selanjutnya dibuat rilisan untuk platform Nintendo Entertainment system. Dalam game ini para gamers bertugas untuk mengendalikan helikopter super canggih untuk menghancurkan lawan-lawan seperti Tank dan kapal selam. Terdapat enam stage yang harus diselesaikan yang terdiri dari beberapa negara.

Diceritakan ada tiga pulau di yang menjadi markas besar para teroris Indonesia yakni Sumatera, Jawa serta Kalimantan. Tujuan utama game ini adalah menyelamatkan para sandera. Khususnya untuk arcade mission, ada sepuluh misi yang harus dilewati sebelum masuk ke Indonesia sebagai negara terakhir yang dikunjungi. Indonesia disebut-sebut punya tingkat kesulitan paling tinggi dibanding kesembilan stage sebelumnya.

10. Civilization V & VI

Pada tahun 2017, Firaxis resmi menghadirkan Indonesia sebagai salah satu faksi tambahan yang dapat dimainkan di Civilization VI. Sebagai developer game, Firaxis di sini sepertinya paham betul dengan nilai sejarah kerajaan dan kebudayaan yang mengakar kuat pada Indonesia.

Barangkali untuk alasan ini pula, pada bulan Juli 2013 mereka merilis game Turn Based strategy mereka, Civilization 5. Sama seperti seri sebelumnya, Civilization VI juga hadir dengan berbagai faksi berupa negara atau kerajaan yang bisa dipilih. Setiap negara dan kerajaan tersebut memiliki satu pemimpin, kecuali Yunani yang hadir dengan dua pemimppin yang di mana para pemain bisa memilih salah satu di antaranya.

Peradaban Indonesia pada game ini digambarkan sebagai sumber komoditas rempah-rempah yang ulung yang berlatar di Jakarta sebagai ibukota maritim dan ditopang oleh provinsi lain. Dalam peradaban Indonesia, firaxis menggantinya menjadi semacam pertarungan si keris atau ahli pedang. Begitu pula dengan bangunannya, kebun diganti dengan candi dan nama candi Borobudur diperkenalkan sebagai salah satu dari keajaiban dunia.

Game ini berisikan sembilan peradaban yang mana salah satunya adalah Indonesia yang dipimpin oleh Mahapatih dari Majapahit pencetus Sumpah Palapa yaitu Gajah Mada. Diceritakan bahwa Indonesia dipimpin oleh Dyah Gitarja, ratu dari kerajaan Majapahit yang menguasai Nusantara pada abad ke-14. Indonesia juga akan tampil sebagai faksi yang ahli dalam perang laut dan pemain akan memiliki banyak bonus jika membangun kota di tepi laut.

Selain itu, Indonesia akan memiliki cukup banyak kelebihan. Pertama, Indonesia berkemampuan khusus bernama Great Nusantarta. Dengan kemampuan tersebut, bangunan ekspansi berupa Campus, Holy Sites, Industrial Zones, dan Theatre Squares memiliki bonus pengaruh tambahan jika dibangun di tepi pantai. Serta memiliki bangunan unik bernama Kampung yang bisa dibangun di atas perairan dangkal.

Menurut para penikmat game satu ini, meskipun memperoleh banyak pujian dari gamer dan reviewer, ada beberapa hal yang menyebabkan Civilization V belum mampu menandingi superioritas Civilization IV. Namun, perlu diingat bahwa game ini bagus untuk mengedukasi para pemainnya untuk lebih mengenal nilai historis dan geografis baik di Indonesia maupun di negara lainnya.

11. Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots

Game satu ini adalah seri permainan tembak-menembak ber-genre action-adventure stealth yang disutradarai oleh Hideo Kojima dan dikembangkan oleh Kojima Productions. Faktanya, game ini mendapatkan penghargaan Game of the Year. Sayangnya, game ini hanya dirilis di satu konsol yakni PlayStation 3

Diceritakan bahwa di dalam game ini terdapat karakter yang bernama Raging Raven. Raging Raven merupakan salah satu tokoh antagonis di game Metal Gear Solid 4 yang berperan sebagai ahli peledak dalam unit Beauty and the Beast. Raging Raven ini pada akhirnya harus takluk di hadapan Solid Snake.

Faktanya, diceritakan juga seorang Raging Raven lahir di Aceh dan mengalami masa kecil traumatis akibat konflik bersenjata. Inilah alasannya mengapa dia bergabung dengan Beaty and The Beast Unit sebagai salah satu penyerang udara terbaik.

Nah, itu tadi ketiga game yang berlatar di Indonesia, menyadur konsep kebudayaan khas Indonesia, maupun dibuat langsung oleh developer asal Indonesia. Nantikan kelanjutannya di Part 4.

Sebelumnya, jangan lupa ya, jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, komunitas gamers terbesar di Indonesia.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Lainnya