Review

12 Video Game dengan Durasi Tersingkat Sejagad Raya! – Part 1

Pembahasan seputar dunia gaming memang selalu menarik perhatian banyak kalangan. Terlebih, game saat ini merupakan sudah menjadi salah satu industri yang menjanjikan untuk digeluti. Mau tak mau kita pun harus mengakui bahwa teknologi industri gaming memang saat ini sudah memiliki visualisasi layaknya film-film Hollywood!

Jika beberapa video game pada umumnya berdurasi yang sangat panjang, ternyata ada lho beberapa game yang dianggap sebagai game dengan durasi tersingkat, entah itu disebabkan oleh jalan dan fokus ceritanya yang pendek, minimnya side-quest, atau game-nya berkonsep terlalu linear dan lurus-lurus saja.

Memang tidak ada patokan soal berapa lama sebuah game harus dibuat. Durasi game bisa sampai ratusan jam, ya tergantung keinginan dari developer yang membuatnya. Bagi penikmatnya, durasi yang singkat ini tentu saja tak memberikan stigma bahwa game tersebut ‘worth it atau ngga ya harga segitu?‘  Jangan tanya mengapa, karena umumnya harga menunjukkan kualitas entah dan umumnya berbanding lurus dengan desain, konsep, gameplay, cerita, dan lain-lain halnya. Nah, berikut ini judul-judul video game tersingkat sejagad raya yang bisa dilakuin sewaktu rebahan, makan, dan chillin’ !

#1 – ABZU

Game ini memang cukup terasa kurang familiar dan sering kali banyak yang meremehkannya. Eits, tapi tunggu dulu, meskipun masuk sebagai game dengan durasi tersingkat, haram hukumnya bagi para gamers meremehkan ABZU. Game yang satu ini berdurasi kurang lebih selama dua jam untuk bisa para gamers nikmati.

Walau singkat, akan tetapi dalam waktu dua jam itu para gamers akan merasa game ini memuaskan lho. Game satu ini sebenarnya merupakan game yang dibuat oleh Giant Squid yang mengajak gamers untuk mengeksplorasi kehidupan underwater yang kaya akan biota laut mulai dari ikan-ikan kecil hingga ikan-ikan ukuran besar seperti ikan Paus.

Selanjutnya juga ada terumbu karang dan tanaman-tanaman bawah laut dengan berwarna-warni cerah nan indah yang memanjakan mata. Untuk refreshing, game ini tentu saja sangat cocok karena secara tidak sadar kalian akan benar-benar relax dan jadi ngantuk. Secara teknis game ini memakan durasi dua jam, tapi itu belum termasuk waktu selama empat jam untuk mengumpulkan item-item di game ini.

#2 – The Order: 1886

Game ini mengusung premis cerita yang sangat menarik. Pada game ini para gamers akan mengendalikan peran Sir Galahad, seorang kesatria (dengan kumis yang bisa membuat lelaki seantero jagad raya iri) dari organisasi The Order yang telah setia menjaga Inggris dari zaman kekuasaan Raja Arthur.

Sesuai judulnya, game ini mengambil latar belakang waktu di era revolusi industri, tepatnya di tahun 1886. Meskipun begitu, jangan salah, karena tahun 1886 yang ada di sini tidak seperti yang diajarkan di pelajaran sejarah. Terlebih, dengan gameplay-nya yang sangat singkat yakni sekitar 5-6 jam saja. Sebuah durasi yang tidak bisa dimaafkan mengingat ceritanya yang baru saja masuk, dan ending-nya belom kelar.

#3 – DreadOut

Game dengan durasi paling singkat selanjutnya datang dari game ber-genre horror. Jika dilihat dari cover game-nya sih, game ini jelas berasal dari Indonesia yang dikembangkan oleh developer dalam negeri bernama Digital Happiness. Bagi yang ingin mencicipi rasanya bermain game ini langsung saja mampir Steam.

Game ini tercatat berdurasi cukup singkat untuk ditamatkan hanya dalam waktu tiga jam saja lho, guys. Bahkan bila kalian melakukan full eksplorasi, game ini hanya butuh waktu lima jam saja untuk ditamatkan. DreadOut ini bercerita soal perjalanan siswi SMA bernama linda untuk menjelajahi keangkeran sekolahnya. Mereka di sini menggunakan kamera sebagai senjata ampuh untuk mengusir setan.

Untuk seukuran gamegame ‘kekinian’, meskipun singkat, sudah dipastikan para gamers yang memainkannya akan puas karena presentasi yang ditampilkan game ini benar-benar cool. Seramnya dapat, kualitas visual dapat, dan tentu saja game ini Indonesia banget karena setan yang ditampilkan adalah setan Indonesia.

Nah, itu tadi ketiga game dengan durasi tersingkat. Nantikan kelanjutan-nya di part 2! Sebelumnya, jangan lupa ya, jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, komunitas gamers terbesar di Indonesia.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Review