E-SportOpini

Hai Gamers, 2021 Sudah Join Komunitas Game Belum?

komunitas game vcgamers
Hai Para Gamers, 2021 Kalian Sudah Join Komunitas Game Belum?

Hai Vicigers, kalian tahu ga bahwa menjadi seorang gamers ‘terkadang’ identik dengan label ‘anti-sosial’ atau bisa dibilang jarang bergaul loh. Tapi apa yang terjadi jika para gamers yang disebut anti-sosial ini, berkumpul dengan sesama gamers lainnya? Ya, mereka akan membentuk sebuah perkumpulan yang sering kita sebut komunitas gamers.

Baca juga: Main Game Seru Bersama Komunitas Game VCGamers

Game & Komunitasnya

Apa sih sebenarnya komunitas itu? Bisa dibilang dalam artian sempitnya, komunitas merupakan sebuah kelompok yang didalamnya terdapat orang-orang yang memiliki ketertarikan dalam hal yang sama. Jadi pada dasarnya, gamers sebenarnya tidaklah anti-sosial, tapi lebih ingin berkumpul dan berinteraksi dengan mereka yang juga memiliki satu ketertarikan yang sama yaitu game.

Nah, biasanya di dalam suatu game, baik itu game konsol ataupun game online, pasti mempunyai sebuah komunitas loh. Terlebih lagi game online, dengan adanya interaksi di dalam game bersama para pemain lainnya, tidak jarang dari mereka, setelah melakukan beberapa match/bermain bersama, pada akhirnya mereka mempunyai kecocokan dan sepakat untuk masuk ke dalam guild/grup/komunitas game yang sama.

Ketika seorang gamers sudah masuk ke dalam komunitas, secara sadar  ataupun tidak pasti mereka akan merasakan manfaat dari bergabung ke komunitas tersebut. Kira-kira apa sih manfaat bergabung komunitas game?

  • Memiliki Banyak Teman Baru

Ketika kita join atau bergabung dalam suatu komunitas, apapun itu. Pastinya kita akan bertemu dan mendapatkan banyak teman baru, entah itu hanya teman virtual ataupun teman dari dalam ataupun luar kota yang ternyata memiliki kesamaan hobi dengan kita. Dengan banyak teman baru dari komunitas, kita akan mudah membangun relasi pertemanan juga di dalam game.

  • Berbagi Ilmu dan Strategi

Pada saat kita sudah bertemu dengan teman baru di komunitas game, pastinya kita akan banyak ngobrol dan sharing tentang ilmu serta trik-trik game yang kita mainkan. Disitulah kita akan mendapatkan ilmu dari para player lain yang mungkin sudah pro/mahir dan bisa kita aplikasikan tips dan triknya ketika kita bermain.

  • Melatih Skill

Pasti kalian ga mau dong, skill bermain game kalian mentok hanya sampai disitu. Nah, saat bergabung dengan komunitas game, pastinya para gamers akan bermain bersama-sama, dan disitulah momen dimana mereka bisa saling melihat skill satu tim/komunitas yang kemudian bisa mereka tiru dan kembangkan juga.

Esports & Komunitas Game Online

Kalau sedang membahas komunitas game, pastinya kita akan membahas gamenya juga dong. Baik game konsol (seperti PlayStastion, Xbox, Nintendo, dll) maupun game PC/mobile online, pasti memiliki komunitasnya masing-masing. Tapi, tak bisa dipungkiri game PC/mobile online memang memiliki jumlah komunitas yang sangat banyak dibanding konsol.

Mungkin ada pengaruhnya juga ya di masa pandemi ini, orang jadi lebih banyak menghabiskan banyak waktu dirumah, sehingga mempunyai banyak waktu juga untuk bermain game, terlebih game online PC/mobile.

Beberapa game online PC/mobile ini pun tidak hanya memiliki 1 atau 2 jenis saja, ada banyak jenis game online PC/mobile seperti MOBA (Multiplayer Online Battle), MMORPG (massively multiplayer online role-playing game), FPS (first person shooter), atau salah satu genre game online yg sedang banyak dimainkan yaitu ‘survival’ atau bertahan hidup.

Dari jenis-jenis game diatas, kita bisa tahu bahwa game-game tersebut sangat dikenal dengan komunitasnya yang luas serta tingkat kesulitan dari gamenya yang membutuhkan kerjasama tim untuk bermain dan menang.

Karena membutuhkan kerjasama tim yg baik, tak sedikit dari beberapa komunitas game online akhirnya membentuk sebuah tim, dimana mereka bisa bertanding antar tim di dalam sebuah turnamen game yang diadakan. Dari sinilah kita mengetahui tentang kompetisi game online atau yang biasa disebut sebagai esports.

Esports itu sendiri merupakan salah satu bidang olahraga yang menggunakan game sebagai sarana kompetitif utamanya. Di dalam esports juga terdapat para atlet yang bermain game pada field atau bidang mereka, seperti Dota 2, Mobile Legend, PUBG, League of Legends, dll. Nah, dari game-game tersebut, ada beberapa komunitas game di Indonesia yang memang aktif dalam melakukan kegiatan dengan para anggotanya secara luas.

Beberapa Komunitas Game Terkenal

  • Komunitas DOTA 2 Indonesia
DOTA 2

DOTA 2

DOTA 2, yang merupakan game besutan Valve, dengan mengusung genre MOBA (Multiplayer Online Battle), adalah game legendaris dan banyak menghasilkan para pemain kelas atas yang mampu bersaing satu sama lain. Beberapa contoh komunitas atau tim yang mendunia sebut saja Team Secret, Liquid, Nigma, Na’Vi, Alliance, Quincy Crew, Evil Genuises, OG, PSG.LGD, VICI Gaming dan masih banyak lagi.

Game ini sangatlah popular, karena hadiah yang ditawarkan dalam kompetisi internasionalnya mencapai jutaan dollar. Tidak hanya diluar negeri, di Indonesia pun terdapat tim atau komunitas yang juga sudah sangat terkenal seperti BOOM ID dan Evos.

DOTA 2 MAJOR BOOKMYSHOW

Poster Acara Nobar DOTA 2 Major dari Bookmyshow (Gambar: kincir.com)

Komunitas Dota 2 Indonesia pun pernah mengadakan kegiatan yang berkolaborasi dengan bioskop CGV serta bookmyshow dengan mengadakam nobar (nonton bareng) final DreamLeague Major di bioskop pada 24 Maret 2019 lalu. Nobar ini tidak hanya mengundang para fans DOTA 2 untuk datang, tapi juga dibuka secara umum bagi yang penasaran dengan turnamen tersebut.

  • Komunitas MLBB Jakarta Barat (WESTJ MLBB)

Ya, siapa yang tidak kenal dengan Mobile Legends Bang Bang (MLBB). Game keluaran dari Moonton ini sangatlah terkenal di Indonesia karena sangat mudah didapatkan melalui play store/app store. Komunitas MLBB di Indonesia pun sudah sangat banyak dan tersebar di berbagai daerah.

Game ini tidak hanya dimainkan oleh orang dewasa, namun anak-anak kecil pun juga banyak yang sudah mahir/pro memainkannya. Banyaknya hero serta skin yang ditawarkan pada game ini, memang menjadi salah satu penarik terhadap minat para pemainnya.

Logo Komunitas WestJ MLBB

Logo Komunitas WestJ MLBB (Gambar: Laman Facebook Grup WESTJ MLBB)

Salah satu komunitas dari game MLBB ini adalah WESTJ MLBB, yaitu komunitas MLBB dari Jakarta Barat. WESTJ MLBB merupakan salah satu komunitas official yang terdaftar dalam Community Hero Mobile Legends, sebuah program resmi dari Mobile Legends untuk para player agar bisa berkomunitas dengan para player lain dan mabar (main bareng).

Dari laman grup Facebook WESJ MLBB, komunitas ini berdomisili di sekitar wilayah kampus Bina Nusantara atau biasa kita kenal dengan sebutan Binus. Anggotanya sudah terdiri dari 142 orang dan tidak jarang dari mereka memuat postingan untuk mengajak mabar tiap anggotanya yang sedang online di laman Facebook-nya.

Poster turnamen online WESTJ MLBB

Poster Turnamen Online WESTJ MLBB (Gambar: IG @westjmlbb)

Pada akhir tahun kemarin pun, WESTJ MLBB juga mengadakan turnamen online yang di posting di laman Instagram resmi mereka dengan hadiah yang cukup menarik, yaitu berupa uang tunai Rp 1.500.000 dan 9000 diamond.

  • Komunitas PUBGM Bandung Warrior
pubgm

PUBG Mobile

Game besutan Tencent ini sekarang sudah cukup terkenal. Awalnya game ini hanya dapat dimainkan pada PC/laptop saja. Namun kini, PUBG juga sudah tersedia untuk perangkat mobile smartphone.

Karena semakin banyak yang memainkan game ini, PUBGM kini menjadi salah satu game dengan komunitas yang terbilang banyak.

pubgm bandung warrior

Logo Komunitas PUBGM Bandung Warrior (Gambar: Laman Facebook Grup PUBGM Bandung Warrior)

Salah satu komunitas dari game PUBGM ini adalah Komunitas PUBGM Bandung Warrior. Komunitas game yang terberntuk pada tahun 2018 silam, memiliki base camp di Kafe Warunk IG, Kota Bandung.

Menurut informasi yang kita dapatkan, komunitas PUBGM Bandung Warrior sering mengadakan kegiatan kopdar (kopi darat) dengan para anggotanya di base camp mereka kira-kira 1 bulan 2 kali. Beberapa event turnamen pun pernah mereka ikuti. Komunitas yang beranggotakan kurang lebih 50 orang ini pun sampai saat ini masih tetap eksis dan konsisten dalam menjalankan komunitasnya.

– Komunitas Game VCGamers –

Tadi kan kita sudah sempet bahas, beberapa komunitas game yang ada di Indonesia nih, dari game PUBGM, MLBB, DOTA 2, dll.

Kalian tahu ga sih, kalau VCGamers juga ada komunitasnya loh. Buat kalian yang ngaku gamers nih, langsung deh join ke Discord kita. Kita jamin kalian ga bakal nyesel kok kalau sudah join.

Kamu bakal dapat banyak banget informasi, tips dan trik, serta hal-hal lainnya seputar game, teknologi, gadget update, dll di komunitas kita. Ataupun kamu mau sekedar bersenda gurau dengan sesama anggota? Bisa banget Vicigers!

instagram vcgamers

Instagram VCGamers

Kepoin dulu aja Discord atau Instagram kita, siapa tahu kalian tertarik untuk ikut turnamen yang sedang kita adakan. Seru banget kan bisa main bareng sambil turnamen terus dapat hadiah.

giveaway vcgamers

Giveaway Berkah Ramadhan by VCGamers

Kita juga sedang mengadakan giveaway loh, lagi bokek? Ingin dapat giveaway? Gampang banget, kalian tinggal join komunitas VCGamers dengan klik link di sini!

Pokoknya pantengin terus Discord dan sosial media kita untuk mendapatkan update info terkini. Soalnya kita juga sedang sering mengadakan pertandingan dengan hadiah yang menarik, cocok banget deh nanti buat nemenin ngabuburit!

VCGamers League Playoff

Event VCGamers League Playoff

Buat kalian para players MLBB, PUBGM, Valorant, DOTA 2, dan game-game lainnya, langsung aja yuk gabung sama komunitas kita, VCGamers!

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips & trik, dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube kita ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Marie
Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Sosiologi bahasannya luas sob! FYI, teknologi dan masyarakat saling terikat!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:E-Sport