Tips & TrickGadgetTech

MD101 Mid 2012 Primadona Macbook Pro Lawas

MD101 Mid 2012 Primadona Macbook Pro Lawas
MD101 Mid 2012 Primadona Macbook Pro Lawas

MD101, buat kalian para pengguna produk apple, atau yang baru menggunakan/ingin membeli macbook pro seken, pasti banyak dari kalian yang mendapatkan rekomendasi MD101 aja!

Siapa disini yang ingin punya macbook tapi kepentok budget? Terlebih kalau kalian ingin punya macbook pro sih, karena macbook air bisa dibilang kurang oke untuk urusan ‘kerja keras’.

MD101 adalah solusi macbook pro termurah untuk kalian, yang spesifikasinya upgradeable. Memiliki spesifikasi bawaan, layar 13 inch, prosesor Intel i5 2.5GHz/RAM 4GB (2x2GB)/HDD 500GB/IntelHD Graphics 4000.

MD101 Mid 2012 Primadona Macbook Pro Lawas

Macbook Pro Mid 2012 MD101

Hanya dengan merogoh kocek sebesar 5-6jutaan, kalian sudah dapat membawa pulang MD101 seken. Lalu apa yang harus kalian lakukan, jika telah membeli MD101?

Baca juga: 4 Rekomendasi Laptop i7 Gen 11 Termurah Maret 2021

Inilah 5 hal yang harus kalian upgrade/perhatikan saat pertama kali membeli/menggunakan MD101!

  • Cek kondisi fisik dan semua fungsi macbook

Pastikan kondisi fisik macbook yang akan kalian beli sama seperti yang diiklankan oleh penjual.

Biasanya dengan kondisi yang mulus, macbook ini akan dibanderol dengan harga yang agak tinggi, jadi pastikan kamu jago tawar menawar ya Vicigers!

Setelah selesai mengecek kondisi fisik, cek semua fungsi macbook tersebut, seperti wifi, bluetooth, port USB, port MagSafe, dll. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik, atau sesuai dengan yang diiklankan oleh penjual.

  • Upgrade HDD ke SSD

Jika kalian mendapatkan unit yang masih menggunakan HDD bawaan, akan lebih baik dan kita sangat sarankan untuk mengganti HDD tersebut ke SSD SATA.

Kalian dapat melakukan instal ulang macOS ataupun cloning HDD tersebut ke SSD. Menurut halaman resmi Apple, MD101 mendukung HDD hingga 1TB dan SSD hingga kapasitas 512GB.

Beberapa waktu lalu kita sempat melakukan upgrade SSD 1TB, overheat lalu error. Kita juga belum menemukan video tutorial atau artikel yang menyebutkan bahwa MD101 dapat menggunakan SSD 1TB.

Namun, karena terakhir kali kita coba dan error, jadi kita tidak menyarankan kamu mengganti SSD 1TB ke MD101.

  • Jadikan DVD ROM tempat penyimpanan kedua

HDD bawaan laptop bingung mau diapain? Sebenarnya kita ga saranin kamu untuk menaruh HDD di slot DVD ROM menggunakan caddy.

Akan lebih baik kalau kamu menaruh HDD bawaan macbook lama tersebut pada HDD/SSD SATA enclosure.

Kamu dapat membeli enclosure merk Orico dengan banyak pilihan model yang cocok untuk kamu. Tentunya dengan harga yang ramah di kantong, tidak lebih dari 100 ribu rupiah.

Jika kamu ingin menambah penyimpanan kedua di slot DVD ROM, kita sangat menyarankan kamu juga menaruh SSD SATA disana.

Karena aslinya slot tersebut adalah slot DVD ROM, untuk berjaga-jaga dari kerusakan HDD jangka panjang akibat proses shut down/sleep yang tidak semulus prosesnya pada slot storage bawaan macbook. Jadi lebih baik kamu juga meletakkan SSD SATA pada caddy, bukan HDD.

  • Upgrade maksimal RAM

Saat membeli, cek berapa total RAM yang ada di dalam macbook kamu. MD101 memiliki 2 slot RAM DDR3 yang mendukung PC12800 1600MHz.

Jadi pastikan kamu membeli RAM SODIMM dengan spesifikasi tersebut. Menurut halaman resmi Apple, MD101 hanya mampu mendukung hingga 8GB RAM (2x4GB). Namun, banyak yang telah mencoba bahwa macbook ini sanggup hingga 16GB RAM (2x8GB)

Kita pun memberi jaminan bahwa laptop ini bisa menampung 16GB RAM (2x8GB). Karena beberapa waktu lalu kita sempat mencobanya sendiri dan voila berhasil.

Untuk merk RAM yang kita rekomendasikan sih kalau bisa Corsair yang memang khusus untuk macbook. Tapi kalau kalian ingin pilihan yang pas di kantong, kalian dapat membeli merk V-GeN dengan varian Platinum.

Rata-rata RAM yang di jual resmi, di support dengan garansi seumur hidup, yang artinya kapan pun RAM kalian rusak, kalian dapat langsung menggantinya dengan yang baru (s&k berlaku).

  • Bersihkan fan dan ganti thermal paste

Karena macbook kamu adalah seken, yang harus kamu sangat perhatikan adalah kebersihan dari macbook tersebut.

Kalian dapat membuka casing belakang macbok dengan bantuan obeng bintang, kalian dapat meminjam punya teman atau membelinya. Sangat mudah untuk membukanya, hanya tinggal melepas semua sekrup yang ada.

Lalu kalian dapat mencopot kipas dengan membuka sekrup yang menempel, lalu bersihkan dengan kuas bersih, serta bersihkan pula heatsink-nya.

Setelah itu ganti thermal paste, dengan melepas logicboard dari body macbook. Jika kalian tidak terbiasa melakukannya, kalian dapat meminta tolong teman atau tukang service untuk melakukannya.

Gunakan thermal paste yang bagus seperti merk deep cool, arctic, cooler master, dll. Jangan menggunakan thermal paste merk abal-abal untuk menjaga prosesor kamu suhunya tetap terjaga.

  • Cek kondisi baterai

Karena ini merupakan macbook lawas, kalian tinggal bertanya saja kepada pemilik sebelumnya, bagaimana kondisi baterainya.

Jika pemilik mengatakan bahwa baterai masih dapat bekerja dengan baik, kalian tinggal cek siklus baterai pada sistem informasi.

Paling tidak baterai masih dapat di charge dan dapat digunakan walaupun tidak bertahan lama.

Selain cek baterai, jangan lupa cek kondisi MagSafe power adapter yang kalian terima, kecuali penjual telah memberitahukan bahwa macbook dijual tanpa MagSafe, atau MagSafe dalam kondisi yang kurang bagus.

Nah, kira-kira itulah beberapa tips dan trik dari kita untuk kamu yang sedang mencari macbook murah dengan performa terbaik. Semoga kalian dapat meminang MD101 dengan harga termurah ya, happy hunting!

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Marie
Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Sosiologi bahasannya luas sob! FYI, teknologi dan masyarakat saling terikat!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Tips & Trick