TechGadgetReview

Redmi Note 10 Pro VS Realme 8 Pro Rival Baru Kamera 108MP – Part 1

Redmi Note 10 Pro VS Realme 8 Pro Rival Baru Kamera 108MP
Redmi Note 10 Pro VS Realme 8 Pro Rival Baru Kamera 108MP

Kemarin kita sudah membahas kompetitor satu saudaranya Redmi Note 10 Pro, yaitu Poco X3 NFC. Tapi kalian pasti penasaran kan kalau kita adu Redmi Note 10 Pro vs Realme 8 Pro, penantang baru dari brand kompetitor yang sama-sama menjagokan kamera 108MP mereka.

Baca juga: Realme 8 Series Penantang Redmi Note 10 Series

Sama-sama memiliki layar Super AMOLED, kedua smartphone ini semakin terlihat menjadi rival sejati. Kira-kira apa saja sih perbedaan dari kedua HP ini, bagus mana sih antara Redmi Note 10 Pro vs Realme 8 Pro? Sebentar lagi kita akan tahu jawabannya, kita akan rangkum semuanya ala VCGamers!

Redmi Note 10 Pro vs Realme 8 Pro

  • Sektor Layar

Pada sektor ini, Redmi Note 10 Pro memiliki bentang layar yang lebih luas dibandingkan Realme 8 Pro, yaitu 6.67 inch vs 6.4 inch. Serta kedua HP ini sama-sama memiliki rasio 20:9, dan resolusi FullHD+.

Walaupun sama-sama menggunakan layar Super AMOLED, ternyata Redmi Note 10 Pro memiliki tingkat kecerahan yang lebih tinggi dibanding Realme 8 Pro, yaitu 1200 nits vs 1000 nits. Perbedaan selisih 200 nits mungkin tidak terlalu terasa untuk mata awam, tapi akan terasa kalau memang kamu perhatikan dengan seksama, maka kamu akan mendapatkan angle view yang lebih luas dalam segala kondisi jika kamu menggunakan Redmi Note 10 Pro.

Layar Realme 8 Pro juga tidak terlalu spesial karena tidak menghadirkan refresh rate 120Hz seperti rivalnya Redmi Note 10 Pro. Kamu harus puas dengan refresh rate 60Hz jika kamu akhirnya memutuskan untuk membeli Realme 8 Pro.

Untuk urusan perlindungan layar, Realme 8 Pro juga belum dilindungi oleh lapisan Gorilla Glass/Dragontrail. Tapi, hal ini masih harus menunggu konfirmasi dari pihak Realme Indonesia. Siapa tahu pihak Realme Indonesia ingin memberikan kejutan dengan memberikan lapisan Gorilla Glass untuk unit Realme 8 series, khususnya Realme 8 Pro yang keluar resmi di Indonesia.

  • Desain Body

Berbeda dengan Redmi Note 10 Pro yang sudah menggunakan bahan lapisan kaca Gorilla Glass 5 pada bagian backdoornya. Realme 8 Pro harus puas hanya dengan backdoor plastik namun tetap cantik, karena didukung warna yang menarik dan setup desain kamera belakang yang kekinian.

Realme 8 Pro juga kalah dalam hal sertifikasi, dimana HP ini belum memiiki sertifikasi IP53 yang mengklaim bahwa dengan adanya sertifikasi ini, maka HP akan tahan terhadap debu dan cipratan air.

Lagi-lagi Redmi Note 10 Pro unggul pada sektor ini, dan Realme 8 Pro harus mengakui kekalahannya. Baru dua sektor kok, kita lanjut ke sektor ke tiga.

  • Kinerja Secara Keseluruhan

720G vs 732G

Qualcomm Snapdragon 720G vs 732G

Diatas kertas, prosesor Realme 8 Pro memang kalah dengan Redmi Note 10 Pro, karena masih mengusung Snapdragon 720G, lain dengan Redmi Note 10 Pro yang sudah mengusung Snapdragon 732G.

Namun kenyataannya, kedua prosesor pada HP (Redmi Note 10 Pro vs Realme 8 Pro) ini sebenarnya mempunyai kinerja yang hampir mirip, bahkan tidak akan terasa berbeda jauh saat digunakan. Kedua prosesor ini mempunyai clock speed yang sama dan GPU yang sama yaitu Adreno 618. Perbedaan disini hanyalah Snapdragon 720G menggunakan Kryo 465 Silver, sedangkan Snapdragon 732G menggunakan Kryo 470 Silver.

Kalian juga pasti awam kan mengenai apa itu Kryo, ya kita pun ga akan menjelaskan detil soal hal tersebut disini, intinya kedua seri prosesor Snapdragon ini mempunyai kinerja yang hampir identik.

Lalu pada sektor teknologi penyimpanan internal Realme 8 Pro juga masih menggunakan UFS 2.1, lain dengan Redmi Note 10 Pro yang sudah menggunakan UFS 2.2. UFS 2.1 pun sudah lebih bagus dari hanya sekedar eMMC, namun kalau HP kelas mid-range 2021 belum pakai UFS 2.2, rasanya seperti ada yang kurang.

Untuk urusan memori internal dan besaran RAM, Xiaomi sudah mengumumkan resmi, bahwa mereka akan membawa dua varian 6/64GB dan 8/128GB untuk Redmi Note 10 Pro. Kalau Realme 8 Pro, kita masih tunggu pengumuman resminya ya, walaupun secara global HP ini juga memiliki 2 varian, yaitu 6/128GB dan 8/128GB.

Gimana kompetisi 2 HP ini? Pada bahasan Part 1 masih terlihat Redmi Note 10 Pro lebih unggul ya, bagaimana untuk bahasan spesifikasi sektor selanjutnya? Apakah Redmi Note 10 Pro akan tetap unggul? Kita lanjut di Part 2 ya.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Marie
Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Sosiologi bahasannya luas sob! FYI, teknologi dan masyarakat saling terikat!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Tech