ReviewPlaystation

Bertema Bencana Alam, 6 Game ini Keren Banget!-Part I

Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia. Peristiwa alam ini dapat berupa banjir, letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, tanah longsor, badai salju, kekeringan, hujan es, gelombang panas, hurikan, badai tropis, taifun, tornado, kebakaran liar dan wabah penyakit dan masih banyak lagi.

Fenomena ini juga sulit diprediksi dan oleh karena itu juga sulit untuk dicegah. Nah, bagaimana bila kondisi mengerikan tersebut divisualisasikan secara real dalam sebuah animasi video game? Berikut adalah 7 game terbaik yang mengangkat tema bencana alam.

1. Cities: Skylines – Natural Disasters

Cities: Skylines selalu menjadi game yang menggunakan beberapa pendekatan berbeda untuk gameplay pembangun kota. Game ini salah satu game yang menampilkan secara nyata tentang eksplorasi bagaimana geografi kota dapat mempengaruhi perkembangan kota, juga memberikan penekanan khusus pada perancangan infrastruktur transit yang efisien dengan memungkinkan pemain memiliki kebebasan untuk membangun jalan, jalan raya, dan persimpangan, dan lain-lain.

Tak satu pun dari konsep game ini yang pernah dipakai dalam game lain. Gameplay satu ini lebih mendalami dan menceritakan dampak dari serangan meteor, kebakaran hutan, tsunami, gempa bumi, dan lainnya akan menghancurkan distrik dan menghancurkan perkebunan. Merujuk pada trailer-nya di bawah ini sih, game ini terbilang keren animasinya untuk ukuran game yang dirilis untuk PlayStation 2.

Cities: Skylines – Natural Disaster dirilis untuk PC, Mac, Playstation, dan Linux di musim dingin sekitar Desember 2016 – Februari 2017. Cities: Skylines bisa Anda beli di official store Playstation, dibandrol mulai dari harga $14.99 hingga $99.99 aja, guys.

2. Raw Danger!

Raw Danger, yang dikenal di Jepang sebagai Zettai Zetsumei Toshi 2: Itetsuita Kiokutachi, sekuel dari Zettai Zetsumei Toshi pertama yang dirilis di PS2. Dalam permainan tersebut, pemain harus menggunakan sumber daya yang terbatas untuk melarikan diri dari kota yang dilanda gempa sambil menyelamatkan para penyintas lainnya. Pemain juga diminta untuk bertahan hidup di tengah banjir yang siap menenggelamkan kota.

Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menggunakan penghangat, makan, mencari baju yang kering, dan juga menghindari berbagai rintangan yang ada. Namun yang paling menarik dari Raw Danger adalah kemampuan untuk bermain menjadi beberapa karakter yang ceritanya saling berhubungan. Setiap karakter juga memiliki pilihan unik yang akan mempengaruhi cerita mereka dan karakter yang akan dimainkan selanjutnya.

Game pertama dalam seri Zettai Zetsumei Toshi (ZZT; secara harfiah berarti “The Desperate City,” tetapi dikenal di Amerika Utara sebagai Disaster Report), awalnya dikembangkan di Jepang untuk game console PlayStation 2 Sony pada tahun 2002, game ini kemudian dilokalkan sepenuhnya dan dirilis di Amerika Utara sebagai Disaster Report dan di Eropa sebagai SOS: The Final Escape pada tahun 2003. Meski grafis yang dimiliki Raw Danger tidak sebagus dan serealistis game PlayStation 2 pada masanya, namun beberapa fitur bencana alamnya yang keren membuat game ini digemari para kalangan.

3. Stop Disaster

Game menarik satu ini adalah produksi dari UN/ISDR (International Strategy for Disaster Reduction) . Game ini dibuat dalam model RTS dengan musuh utamanya adalah bencana alam. Ya, ini adalah game yang mensimulasikan bencana alam dan berfungsi sebagai alat pendidikan interaktif untuk anak-anak berusia 9-16 tahun. Ada lima skenario yang bisa dipilih yaitu tsunami, kebakaran, banjir, angin topan dan gempa bumi. Masing-masing dibagi dalam tiga tingkat kesulitan berdasarkan ukuran area.

Di game ini pemain berperan sebagai pejabat berwenang. Pemain diberi sejumlah target yang harus dipenuhi. Perlindungan dan pencegahan terhadap bencana juga harus disiapkan. Kemudian bencana akan datang dan akan terlihat apakah pemain berhasil membangun perlindungan terhadap bencana yang memadai.

Game ini ternyata secara gratis dan bebas boleh dimainkan oleh semua kalangan. Game ini tersedia secara online dan tidak melalui media game console, PC, mobile, atau PlayStation manapun. Bagi yang penasaran ingin mencoba game ini, silakan coba di sini.

Nah, itu tadi adalah tiga game bertema bencana alam pertama, ya. Nantikan tiga game lainnya di part 2. Sebelumnya, jangan lupa ya, jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, komunitas gamers terbesar di Indonesia.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Review