TechGadgetReview

Head To Head Redmi Note 10 Pro VS Poco X3 NFC – Part 1

Head To Head Redmi Note 10 Pro VS Poco X3 NFC
Head To Head Redmi Note 10 Pro VS Poco X3 NFC

Hai Vicigers, kali ini kita akan mengadu dua HP jagoan dari Xiaomi. Yaitu Redmi Note 10 Pro vs Poco X3 NFC. Kenyataan di lapangan Poco X3 NFC dan Redmi Note 9 Pro masih merajai HP kelas Mid-Range.

Buat kalian para pengguna Poco X3 NFC, pasti pada bertanya-tanya kan, upgrade ga ya ke Redmi Note 10 Pro?

Kita bantu kasih masukan nih, biar kalian ga galau-galau banget.

Redmi Note 10 Pro VS Poco X3 NFC, Bagus Mana?

Pada pembahasan kali ini, kita akan adu beberapa aspek yang ada, pada kedua HP Redmi Note 10 Pro vs Poco X3 NFC ini. Dari layar, kamera, baterai, hingga harga, kita akan kupas tuntas disini.

  • Desain Body

Pertama-tama kita akan bahas desain body dari Poco X3 NFC. Kita sama-sama tau kan kalau Poco X3 NFC mempunyai desain yang nyeleneh, terutama pada bagian kamera utamanya.

Tidak mengikuti layout kamera utama/belakang seperti kamera pada HP mainstream baik merk Xiaomi atau kompetitor. Menjadikan Poco X3 NFC mempunyai tampilan yang berbeda, sekaligus nyentrik.

Berbeda dengan Redmi Note 10 series, yang desainnya secara keseluruhan hampir sama mengikuti jejak kakaknya Mi 10T series yang lebih dahulu keluar resmi di Indonesia.

Untuk urusan body bagian belakang atau yang biasa kita sebut backdoor. Disini baru terlihat perbedaan signifikan. Redmi Note 10 Pro lebih unggul karena menggunakan lapisan kaca Gorilla Glass 5 pada backdoornya, sedangkan Poco X3 NFC harus puas dengan body berbahan plastik yang sama sekali tidak terlihat kokoh.

Kalian tahu kan rumor bahwa backdoor Poco X3 NFC akan bergetar saat HP mengeluarkan suara? Kita sudah menjajalnya, dan rasanya ‘agak’ mengganggu, walaupun kita sudah mengantisipasinya menggunakan case yang bulky sekalipun.

Jadi untuk urusan desain body kita akan kasih skor untuk Redmi Note 10 Pro!

  • Panel Layar

layar amoled redmi note 10 pro

Sumber: Sosial Media Resmi Xiaomi Indonesia

Bukan jadi rahasia lagi, kalau layar Redmi Note 10 Pro jauh lebih unggul dibanding Poco X3 NFC. Tidak lain dan tidak bukan karena pengaruh dari panel layar Super AMOLED yang disematkan pada Redmi Note 10 Pro itu sendiri.

Sama-sama mempunyai bentang layar seluas 6.67 inch FullHD+, mendukung refresh rate 120Hz, HDR10, dan dilapisi kaca Gorilla Glass 5 dari Corning, seharusnya kamu tidak perlu khawatir dari kualitas kedua layar HP ini.

Setidaknya kamu tinggal memilih, mau layar IPS atau layar Super AMOLED. Walaupun Redmi Note 10 Pro mendukung tingkat kecerahan lebih tinggi hingga 1200 nits, yang artinya kamu tidak perlu takut kehilangan sudut pandang dalam kondisi apapun.

Tapi kamu wajib tahu nih Vicigers, walaupun layar Super AMOLED dapat lebih memanjakan mata kamu daripada panel layar IPS. Tapi, resiko kerusakan pada panel layar Super AMOLED menjadi sedikit lebih menakutkan bagi para pengguna HP yang ‘jorok’.

Kamu akan mengalami shadow atau image retention pada layar Super AMOLED kamu, jika kamu tidak telaten dalam merawatnya.

Inilah 3 tips merawat layar Super AMOLED kamu agar tetap awet:

  • Jangan membiarkan layar menyala dan menjadi panas terlalu lama, ini adalah musuh utama layar Super AMOLED, jika tiba-tiba HP kamu menjadi panas/overheat, misal karena signal yang jelek, ataupun hal lainnya, lebih baik kamu mengaktifkan airplane mode atau langsung mematikan HP kamu sementara;
  • Jangan menyembunyikan notch dalam waktu yang lama, karena dalam jangka waktu panjang hal ini dapat membuat area notch yang kamu sembunyikan akan memiliki warna yang berbeda atau jeda garis yang samar;
  • Jangan mengisi daya HP dan membiarkan layar dalam posisi menyala terlalu lama (jika kamu tidak sedang memakainya), lebih baik atur timer untuk screen off atau sleep, ini akan membantu kamu menghindari layar shadow.

Apabila layar HP Super AMOLED kamu sudah terlanjur mempunyai shadow/image retention, sebaiknya kamu langsung mengubungi service center untuk penggantian layar, sebelum masa garansi kamu habis.

Service center dengan senang hati akan mengganti panel layar HP kamu yang mengalami shadow/image retention, coba bayangkan berapa kocek yang harus kamu keluarkan untuk mengganti layar Super AMOLED yang sudah tidak tercover garansi? Lumayan kan uangnya bisa buat jajan yang lain.

Untuk urusan panel layar pada kedua HP ini, kita anggap seri ya! Karena kita berasumsi mau pilih layar IPS/Super AMOLED itu tergantung dari selera kamu. Karena kedua jenis panel layar ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Wah, sudah panjang juga ya bahasan kita soal head to head Redmi Note 10 Pro vs Poco X3 NFC, kita janji akan bahas sampai tuntas, sesuai janji kita, biar kamu para pengguna Poco X3 NFC atau yang ingin membeli Redmi Note 10 Pro tidak lagi galau untuk memillih. Lanjut di Part 2 ya Vicigers!

Baca juga: Head To Head Redmi Note 10 Pro VS Poco X3 NFC – Part 2

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Marie
Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Sosiologi bahasannya luas sob! FYI, teknologi dan masyarakat saling terikat!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Tech