TechReview

Harus Pilih 1, Indihome VS First Media Bagus Mana Sih? Part 2

Indihome VS First Media
Indihome VS First Media

Hai Vicigers! Melanjutkan bahasan kita yang kemarin nih soal bagus mana sih Indihome vs First Media? Sudah baca part 1-nya belum? Kalau belum cek disini ya.

Baca juga: Harus Pilih 1, First Media VS Indihome Bagus Mana Sih? Part 1

Walaupun dua ISP ini (Indihome vs First Media) bukan yang kita jagokan dalam hal memberikan pelayanan internet yang terbaik dan mumpuni, namun kalau rumah kalian hanya terjebak dengan dua ISP ini, mau berkata apa?

Review sedikit aja nih, di part 1 kita sudah bahas kelebihan dan kekurangan dari internet service provider First Media, sekarang yuk kita bahas, apa aja sih kelebihan dan kekurangan dari Indihome.

Kelebihan Indihome

  • Speed internet 1:5

Sebenarnya ini juga bukan termasuk kelebihan sih, tapi karena kita hanya sedang membandingkan 2 provider Indihome vs First Media, jadi sah-sah aja kalau hal ini masuk ke dalam kategori kelebihan Indihome.

Lebih baik 2x lipat dibanding First Media, indihome menawarkan speed internet 1:5, yang artinya bila kalian berlangganan internet 20Mbps, kalian akan mendapatkan 20Mbps download, dan 4Mbps upload.

Sejauh ini, kita juga heran, dimana provider lain berlomba untuk memberikan pelayanan yang ‘wah’ dengan memberikan speed 1:1 atau 1:2, dua provider pemain lama ini tetap bersikeras dengan speed kebijakan lama mereka, seakan tidak mau menoleh perkembangan.

  • Mendapatkan TV Box Android

Lagi-lagi bila hanya dibandingkan dengan First Media, kali ini Indihome menang dalam hal memanjakan pelanggannya.

Dukungan TV Box Android akan memberikan para pengguna layanan Indihome, experience yang lebih terhadap TV mereka, terlebih kalau pelanggan belum memiliki Smart/Android TV sebelumnya.

Mereka akan merasakan bagaimana mudahnya menonton Youtube, mendengarkan Spotify ataupun hal lainnya langsung dari TV mereka.

Menariknya untuk TV Box yang terbaru saat ini sudah mendukung voice command dan dapat menginstall langsung aplikasi dari Play Store, tidak lagi hanya mengandalkan USee Store.

Kekurangan Indihome

  • Menggunakan Fair Usage Policy (FUP)

Sudah menjadi rahasia umum, Indihome terkenal dengan FUP-nya. Tidak pernah berubah dari semenjak Indihome pertama kali ada (tadinya Speedy).

FUP yang diberikan kepada pelanggan tentu besarannya akan berbeda, tergantung mereka berlangganan paket internet apa. Misal, untuk layanan internet + TV basic Indihome biasanya menawarkan FUP 300-500GB FUP/bulan.

Tidak ada yang jelas dalam aturan FUP Indihome, terkadang mereka merubah s&k soal FUP tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Kadang pula, mereka memberikan bonus FUP juga tanpa sepengetahuan pengguna.

Coba para pengguna Indihome, pernah tahu ga kalau beberapa bulan lalu kalian tuh sebenarnya mendapatkan bonus FUP karena dampak covid19. Pasti ga tau kan?

Kalian pasti sudah kesel banget, kalian cuma akan perhatikan intinya kalau internet sudah lemot berarti FUP sudah habis, tanpa tahu berapa sebenarnya total penggunaan FUP sebenarnya yang bisa kalian dapatkan informasinya di MyIndihome. Benar ga?

Memang sepertinya persoalan FUP ini hal yang sensitif, sampai-sampai Indihome tidak mau fair memberikan informasi ini di awal berlangganan.

Kalaupun kalian bisa membeli add ons booster agar speed internet kalian tidak turun, rasanya sayang sih, mending kalian upgrade ke paket diatasnya, iya kan?

Bagaimana Soal Harga?

Untuk urusan harga, sebenarnya dua provider ini sama mahalnya dibanding provider internet kabel lain seperti Biznet, Oxygen, Bali Fiber, dll.

Namun, secara keseluruhan, bila kamu membandingkan Indihome vs First Media, saat ini dapat kita pastikan layanan Indihome jauh lebih murah dan lebih menarik dibandingkan dengan First Media.

Kenapa kita bisa berpendapat seperti itu?

  1. Speed internet 1:5
  2. Walaupun menggunakan FUP, namun kapasitas FUP-nya masih masuk akal apabila dalam pemakaian normal
  3. Sudah menggunakan kabel fiber optik
  4. Menggunakan TV Box Android, untuk yang berlangganan Dual Play

Jadi pertimbangan 4 poin itu lah yang membuat kita merekomendasikan kalian untuk memasang Indihome, kalau memang lokasi rumah/kost/kontrakan kalian terjebak pada dua ISP tersebut.

Untuk harga lebih detil, silahkan kalian langsung mendarat ke website resmi kedua penyedia layanan internet kabel tersebut. Karena kita bukan sedang promosi, jadi kalau mau bandingkan harga dan lainnya, kalian bisa langsung ke halaman web-nya saja ya.

Kalau kalian ingin mendapatkan harga yang lebih murah dengan promo yang menarik, rahasianya adalah kalian harus menghubungi sales kedua ISP tersebut dan langsung saja to the point bertanya tentang, sedang ada promo apa saat ini.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Marie
Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Sosiologi bahasannya luas sob! FYI, teknologi dan masyarakat saling terikat!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Tech