TechGadgetReview

Redmi Note 9 Pro VS Poco X3 NFC, Manakah Yang Terbaik?

Redmi Note 9 Pro vs Poco X3 NFC
Redmi Note 9 Pro vs Poco X3 NFC

Sejak kehadiran Poco X3 NFC secara resmi, hal tersebut justru malah menjadikan bumerang bagi saudaranya sendiri yaitu Redmi Note 9 Pro. Walaupun bukan saudara kandung, tapi kan mereka masih sama-sama menyandang nama belakang by Xiaomi.

Harga hampir mirip, spesifikasi hampir mirip, bahkan kalau dilihat mata telanjang, hanya desainnya saja yang jelas berbeda.

Belum ada smartphone sekelasnya, yang dapat mengganggu perseteruan kedua HP ini.

Namun, walaupun semuanya hampir mirip, yuk kita coba kupas apa saja sih sebenarnya perbedaan dari kedua smartphone ini.

7 Perbedaan Redmi Note 9 Pro VS Poco X3 NFC

  • Desain

Kita coba bahas dari segi yang paling mencolok terlebih dahulu, mungkin secara subyektif kita sama-sama tahu, bahwa backdoor Poco X3 NFC dibuat dengan bahan plastik, sedangkan Redmi Note 9 Pro terbuat dari kaca Gorilla Glass 5.

Untuk setup posisi kamera, keduanya sama-sama menempatkan kamera utama bukan di tempat mainstream biasanya HP seri lain atau brand lainnya menempatkan kamera belakang mereka.

Hal ini menjadi nilai tambah, terlebih menurut kita desain kamera utama Poco X3 Pro lebih ke arah nyeleneh sih, karena mungkin kalau desain itu ada yang meniru, Poco X3 NFC adalah trendsetter-nya.

Menjadi nilai plus untuk Redmi Note 9 Pro karena memakai dedicated slot sim-card/microSD, sedangkan Poco X3 NFC memakai slot hybrid. Artinya kamu dapat menggunakan dua SIM dan microSD secara bersamaan pada Redmi Note 9 Pro, namun tidak pada Poco X3 NFC.

  • Layar

Walaupun resolusi dan rasio layar kedua HP ini hampir sama, bahkan kedua HP ini juga sama-sama dilindungi oleh teknologi kaca dari Corning yaitu Gorilla Glass 5.

Tapi, Poco X3 NFC telah menyematkan teknologi kekinian pada layarnya, yaitu layar dengan teknologi 120Hz dilengkapi dengan HDR10, yang di klaim mampu memberikan user experience lebih baik dari Redmi Note 9 Pro.

  • Prosesor

Hal yang menjadi banyak perdebatan, adalah bagaimana bisa Poco X3 NFC memberikan harga yang sama dengan Redmi Note 9 Pro, padahal menggunakan prosesor satu tingkat diatasnya.

Namun, sebenarnya diatas kertas, spesifikasi kedua prosesor ini sangat mirip antara Snapdragon 720G dan 732G. Sama-sama mempunyai ukuran 8nm dan clockspeed yang mirip, yang membedakan adalah 720G menggunakan Kryo 465 Silver, sedangkan 732G menggunakan Kryo 470 Silver.

  • Kamera

Kali ini Redmi Note 9 Pro akan lebih unggul dibanding Poco X3 NFC. Hal tersebut dikarenakan Redmi Note 9 Pro memiliki resolusi kamera utama yang lebih baik dibanding Poco X3 NFC.

Namun untuk urusan kamera selifie, Poco X3 NFC lebih unggul karena telah menggunakan resolusi 20MP f/2.2, sedangkan Redmi Note 9 Pro hanya 16MP dengan f/2.5.

  • Speaker

HP mana sih dengan harga 3 jutaan awal, sudah disematkan stereo speaker? Cuma Poco X3 NFC tentunya.

Tapi hal ini jadi terbantahkan ketika adik kandung sendirinya mengeluarkan HP kurang dari 2 juta rupiah dengan stereo speaker yaitu Poco M3. Serta adik tirinya juga gamau kalah ketinggalan mengeluarkan Redmi 9T harga kurang dari 2 juta, yang juga disematkan stereo speaker.

Redmi Note 9 Pro jelas kalah nih Vicigers dalam sektor ini.

  • Bluetooth

Walaupun terlihat sepele, tapi versi bluetooth yang berbeda kita kira dapat dijadikan perbandingan antara dua rival smartphone ini.

Redmi Note 9 Pro memiliki versi bluetooth yang lebih rendah dibanding Poco X3 NFC, yaitu 5.0 vs 5.1. Artinya, seharusnya Poco X3 NFC mempunyai kualitas serta fungsi bluetooth yang lebih baik dibanding Redmi Note 9 Pro.

  • Baterai

Sebenarnya kapasitas baterai antara kedua HP ini hanya selisih sedikit, yaitu 5020mAh vs 5160mAh. Lebih besar Poco X3 NFC memang, namun kita rasa selisih hanya 140mAh tidak akan berpengaruh besar kepada daya tahan kedua HP ini.

Namun, untuk teknologi pengisian daya cepat, Poco X3 NFC lebih unggul dengan mendukung turbo charging ala Xiaomi sampai 33 Watt, sedangkan Redmi Note 9 Pro hanya mendukung sampai 30 Watt.

  • Kesimpulan

Jadi menurut kamu, mana yang lebih baik nih? Kalau menurut kita sih pilihan tetap ada di tangan kamu.

Kita kasih tau sedikit kekurangan dari Poco X3 NFC, karena backdoor belakangnya menggunakan bahan plastik yang kurang solid. Mengakibatkan backdoor-nya akan terasa empuk saat ditekan, dan akan bergetar lumayan mengganggu saat HP ini mengeluarkan suara.

Hal ini dapat diredam dengan menggunakan case pada Poco X3 NFC kamu. Isu ini tentu tidak ada pada Redmi Note 9 ya.

Jadi setelah ini apakah kalian akan lebih memilih Redmi Note 9? Kalau kamu ingin merasakan kesempurnaan HP di harga 3 jutaan secara keseluruhan, dengan sedikit kekurangan, mungkin kamu dapat memilih Redmi Note 9 Pro, namun jika kamu lebih mengandalkan performa dan fitur stereo speaker-nya, silahkan kamu membeli Poco X3 NFC.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Marie
Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Sosiologi bahasannya luas sob! FYI, teknologi dan masyarakat saling terikat!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Tech