TechTips & Trick

Memori Internal Penuh? Lakukan 7 Langkah Ini Segera!

memori internal penuh
Memori Internal Penuh? Lakukan 7 Langkah Ini Segera!

Hai Vicigers! Balik lagi nih sama kita, kali ini kita akan membahas langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk menghindari memori internal penuh pada smarthone kamu.

Kalau HP kamu sudah memiliki kapasitas memori internal 128GB atau lebih, kayanya,  memori internal penuh tidaklah menjadi hal yang menakutkan untuk kamu.

Namun, untuk kamu yang memiliki memori internal kentang 16-32GB, memori internal penuh merupakan hal yang menakutkan, karena hal tersebut dapat mempengaruhi keseluruhan kinerja HP kamu.

7 Langkah Mengatasi Memori Internal Penuh Pada HP

  • Hapus cache pada penyimpan internal di HP kamu

Kamu dapat menghapus cache pada setiap smartphone dengan fungsi bawaan dari HP kamu. Untuk beberapa smartphone android mainstream, kamu bisa masuk ke Setting, lalu menu Storage, dan disana kamu akan melihat berapa cache yang dihabiskan pada memori internal kamu.

Menghapus cache dapat membuat memori internal penuh kamu menjadi lega kembali, namun status HP kamu setelah dihapus cache-nya akan memulai ulang sistem aplikasi dari awal lagi.

Namun hal ini memang sangat manjur dan berguna bagi kamu yang memiliki memori internal kentang 16-32GB, jadi silahkan lakukan penghapusan cache, jika kamu rasa hal itu perlu.

  • Hapus file media tidak penting pada aplikasi

Whatsapp adalah aplikasi chatting yang paling banyak memakan memori internal, sehingga menjadi salah satu penyebab memori internal penuh pada HP kamu. Terlebih bila kamu memiliki banyak chat pribadi dan grup chat yang sering mengirimkan foto/video secara intens.

Kamu dapat menghapus media pada aplikasi Whatsapp kamu secara manual, alih-alih kalau kamu menghapus file media Whatsapp dengan bantuan aplikasi pihak ke-3, kamu takut foto/video/file penting kamu akan terhapus secara tidak sengaja.

Kamu juga dapat menghapus secara manual file media pada aplikasi lainnya, seperti Line, Twitter, Facebook, Youtube offline, dll.

  • Hapus file backup Whatsapp secara berkala

Sebelum kamu melakukan hal ini, kita saranin untuk membackup online Whatsapp kamu secara berkala. Karena setidaknya kalau backup-an offline pada aplikasi Whatsapp kamu hapus semua, dan HP kamu mengalami crash/error, kamu dapat dengan mudah menemukan file backup Whatsapp kamu secara online.

Kamu dapat menemukan file backup offline Whatsapp kamu di folder Whatsapp – Databases. Lalu kamu akan menemukan file dengan nama msgstore-thn/bln/tgl.1.db.crypt12, semua file ini dapat kamu hapus, tanpa khawatir Whatsapp kamu akan error.

Lumayan banget loh menghapus berkala file-file ini dapat menambah ratusan MB sampai dengan beberapa GB ruang penyimpanan internal, apalagi khususnya bagi kamu yang Whatsapp-nya memiliki banyak chat dan juga grup chat yang aktif mengirimkan file media.

  • Hapus junk files/file sampah

Jika kamu takut salah dalam melakukan hal ini, kamu dapat melakukannya melalui bantuan aplikasi pihak ke-3 seperti:

    • CCleaner
    • Avast Cleanup and Boost
    • AVG Cleaner, dll

Setidaknya kamu ga perlu takut HP kamu akan crash/error, misal karena kamu tidak sengaja menghapus file sistem.

  • Simpan file di Cloud

Banyak sekali penyedia jasa cloud saat ini, kamu tinggal memilihnya dan melakukan riset mandiri, kira-kira mana nih layanan cloud yang cocok untuk kamu, baik dari segi keamanan, harga, efisiensi aplikasi, dll.

Layanan cloud mainstream saat ini, beberapa diantaranya adalah:

    • Google Drive/Google One
    • iCloud
    • Microsoft OneDrive
    • Dropbox,dll

Coba bayangkan, berapa banyak memori interna yang kamu hemat saat kamu menggunaan Cloud.

  • Tonton film dan dengarkan musik secara online

Pada masa sekarang ini, kayanya orang yang menyimpan file mentah baik film/musik sudah sedikit deh. Hal itu, tentuya dapat membantu kamu dalam menghemat memori internal HP agar tidak cepat penuh.

Daripada kamu simpan file sampai lebih dari 1GB 1 filmnya, kita saranin lebih baik kamu cepat beralih ke layanan Video On Demand (VOD) seperti Netflix, Prime Video, Disney+, dll. Ataupun Spotify, Apple Musik, Joox, dll untuk mendengarkan musik secara online.

  • Backup file di HP kamu ke memori penyimpanan external

Kalau kamu memiliki memori internal penuh, dan tidak mau repot melakukan beberapa hal diatas. Setidaknya kamu melakukan langkah ini sesegera mungkin, untuk membantu kamu memperluas memori internal HP kamu.

Kamu dapat memindahkan file-file yang kamu anggap penting ke flashdisk, HDD/SSD external, ataupun ke laptop/PC kamu. Sekarang adalah saat yang tepat untuk mengatakan ‘say goodbye to memori internal penuh!’

Pokoknya, untuk kamu yang memiliki HP dengan memori internal yang kentang, jangan pernah sekali-kali membiarkan memori internal kamu kurang dari 1GB. Atau rasakan sendiri akibatnya, alias HP kamu kita jamin akan jadi lemot Vicigers!

Artikel terkait: Kapasitas Internal Smartphone Yang Pas Untuk Menemani 2021 Kamu

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Marie
Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Sosiologi bahasannya luas sob! FYI, teknologi dan masyarakat saling terikat!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Tech