GadgetAndroidiOSTechTips & Trick

6 Spek Smartphone Wajib Buat Pro Player Gamers!

Bermain game saat ini sudah bukan lagi hanya sekadar hobi ataupun kegiatan untuk mengisi waktu luang juga sebagai ‘pelarian’ dari rutinitas sehari-hari. Faktanya, bermain game bahkan sudah menjadi sebuah pilihan karier yang kian dilirik banyak orang. Bagaimana tidak, pasalnya dengan mengikuti kompetisi seperti yang biasa kita kenal dengan istilah e-sport, seorang pemain profesional alias pro player bisa menjadi terkenal dan mendapatkan banyak penghasilan dari hanya bermain game, lho.

Bagi anak muda, hal ini terdengar menggiurkan dan cukup menjanjikan. Tidak heran jika banyak anak muda yang bermimpi menjadi pro player dan membuat industri e-sport kian berkembang di Indonesia. Nah, di sisi lain, selain kemampuan, untuk menjadi pemain profesional juga ternyata dibutuhkan smartphone canggih guna menunjang skill yang dimiliki. Berikut ini, ada enam spesifikasi pada smartphone yang dapat mendukung aktivitas bermain game, apa saja tuh kira-kira?

Kapasitas RAM/ROM yang Mumpuni

Setiap smartphone, namanya juga ponsel pintar, sudah menjadi kepastian mutlak bahwa biasanya dilengkapi dengan spesifikasi RAM yang besar untuk memberikan performa gaming yang lebih memuaskan. Bermain game apapun akan semakin lancar tanpa ada gangguan. Bicara soal RAM yang besar, smartphone canggih biasanya dibekali RAM 8GB/ROM 128GB. Catat ya guys, itu spesifikasi minimalnya!

Baterai Tahan Lama dan Fast Charging

Para pro player tentunya biasanya akan memiliki jadwal yang panjang hanya untuk berlatih bersama tim. Oleh karenanya, smartphone yang memiliki daya tahan lama diperlukan guna mendukung aktivitas tersebut. Memiliki kapasitas baterai yang besar dengan durasi pengisian baterai yang terbilang cepat adalah spesifikasi smartphone standar yang harus dimiliki para gamers.

Bahkan saat ini ada teknologi yang lebih canggih lagi sehingga baterai smartphone bisa kembali terisi penuh dalam waktu yang singkat tanpa kabel yang biasa disebut wireless charger. Sebagai bocoran nih, spesifikasi baterai smartphone standar yang harus dimiliki para gamers biasanya memiliki minimal kapasitas bateri 4000-5000 mAh dengan teknologi 18-33 W FastCharge.

Gambar Tajam dan Layar Luas

Bergeser ke spesifikasi selanjutnya, yakni spesifikasi widescreen atau layar lebar yang patut diperhatikan saat hendak memilih smartphone gaming. Pasalnya, ponsel dengan layar yang luas, setidaknya 6.4-6.58 inci, dinilai lebih memuaskan dan nyaman saat digunakan untuk bermain game. Dalam hal selain kenyamanan, para gamers disuguhkan sebuah kualitas clicking pada objek yang kemungkinannya kecil untuk salah klik. Selain itu, melalui layar FullHD+ atmosfer game pun akan terasa semakin nyata dan detail.

Kenali Jenis Chipset

Tips beli Android untuk gaming berikutnya adalah perhatikan jenis chipset, inilah yang menentukan bagus atau tidaknya performa sebuah smartphone. Di ranah mobile ini, chipset dikuasai oleh Qualcomm dan MediaTek.

Chipset yang terbaru Qualcomm adalah Snapdragon 835. Jika Anda punya uang yang tak terbatas, tentu tidak masalah mendapatkan smartphone flagship yang ditenagai chipset Snapdragon 835.

Dipersenjatai dengan Prosesor Andal

Selain didukung kapasitas RAM dan internal storage yang besar, prosesor dengan kinerja gesit sangat diperlukan demi kelancaran aktivitas bermain game.

Jumlah core bukanlah suatu jaminan cepat atau tidaknya performa smartphone. Jangan mudah tergiur dengan jumlah core yang banyak. Prosesor yang dioptimalisasi bisa lebih powerful ketimbang jumlah, contohnya chipset Apple A10 Fusion pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Hanya mengandalkan prosesor quad core 2.34 GHz, tapi soal performanya tak perlu diragukan lagi bukan?

Pun demikian Qualcomm, pada chipset Snapdragon 820/821, Qualcomm hanya mengandalkan prosesor kustom Kyro dengan hanya 4 inti. Sementara versi terbaru yakni Snapdragon 835 punya 8 inci yang dibagi menjadi dua, empat core performa tinggi (@2.45 Ghz) dan empat core hemat daya (@1.9 Ghz).

Nah itu tadi keenam spesifikasi smartphone standar yang kiranya wajib dimiliki para gamers. Dengan berbagai spesifikasi mumpuni tersebut, pengguna akan semakin dimanjakan dengan pengalaman bermain mobile gaming yang lebih memuaskan.

Sebelumnya, jangan lupa ya, jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, komunitas gamers terbesar di Indonesia.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Gadget