TechTips & Trick

5 Tips Memilih Laptop Baru Untuk Bekerja Dan Bermain Game

tips memilih laptop baru
Tips memilih laptop baru untuk kamu!

Awal tahun, pasti banyak dari kalian yang berencana membeli laptop baru nih, benar kan Vicigers? Setelah beberapa rekomendasi yang kita buat sebelumnya, yang kalian bisa baca disini:

Gimana? Kalian sudah menemukan laptop yang pas atau belum? Kalau kalian masih bingung untuk meminang laptop mana untuk dibawa pulang, yuk simak artikel ini sampai habis ya, kita akan membahas tips memilih laptop baru yang sesuai kebutuhan, agar kamu tidak galau nih Vicigers!

  • Tentukan prosesor yang sesuai untuk laptop baru kamu

intel core i series

Intel Core i-Series

Kira-kira kamu butuh laptop baru ini untuk apa nih Vicigers, kalau memang kamu butuh laptop baru hanya untuk sekedar pekerjaan kantor yang tidak membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang tinggi. Untuk menghemat kocek, kamu dapat membeli laptop dengan prosesor Intel i3 Gen 10/11, ataupun Ryzen 3 Gen 3/4.

Spesifikasi minimal ini, kita terapin biar kamu mendapatkan user experience yang maksimal walaupun kamu tidak memakai prosesor kelas atas sekalipun. Kita tidak terlalu menyarankan kamu untuk membeli laptop dengan prosesor Celeron/Pentium/Athlon jika kamu membutuhkan laptop ini untuk pekerjaan kantor.

Walaupun terlihat sepele, tapi nanti ketika kamu butuh multitasking yang super cepat, kamu akan merasakan perbedaannya, antara laptop yang diotaki dengan Celeron/Pentium/Athlon dan laptop yang diotaki minimal Intel i3 Gen 10/11 atau Ryzen 3 Gen 3/4.

Tapi, kalau kamu membeli laptop baru untuk keperluan bermain game kelas menengah atas, ataupun game FPS atau game triple A lainnya. Kita saranin kamu untuk membeli laptop baru dengan minimal prosesor i5 Gen 10/11 ataupun Ryzen 5 Gen 3/4, tentunya yang dilengkapi juga dengan GPU yang handal dan RAM yang maksimal.

  • Pilih GPU sesuai keperluan

Kalau kamu adalah seorang gamers dengan kebutuhan memainkan games yang membutuhkan spesifikasi kelas atas, silahkan kamu mencari laptop dengan pilihan GPU teranyar dan terbaik. Misal seperti NVidia RTX series ataupun Radeon RX Series. Hal ini juga berlaku untuk kamu seorang konten kreator ya, karena GPU yang mumpuni akan membantu kinerja laptop dalam proses rendering konten kamu.

Kalau kamu hanya butuh laptop untuk pekerjaan ringan, VGA NVidia atau Radeon kelas menengah rasanya cukup untuk kamu, atau VGA on-board pun bisa dipertimbangkan.

  • Maksimalkan RAM pada laptop

Setiap kamu membeli laptop baru, pastikan kamu selalu memaksimalkan kapasitas RAM-nya. Hal ini dapat membantu kinerja laptop kamu menjadi semakin cepat dan responsif dalam hal multitasking, ataupun mengangkat kinerja laptop kamu secara keseluruhan.

Pastikan speed RAM yang kamu beli maksimal dan sesuai untuk laptop kamu. Hal ini dapat membantu agar laptop kamu memiliki kinerja yang maksimal, dan tidak bottleneck.

  • Pilih layar terbaik untuk mata kamu

Layar terbaik adalah yang sesuai untuk kebutuhan kamu, apakah layar yang cocok untuk kamu adalah layar IPS/TN/VA?

Misal layar IPS, teknologi ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang menggeluti di bidang desain grafis atau menggunakan aplikasi lainnya yang membutuhkan reproduksi warna yang konsisten serta akurat.

Lalu misal panel TN, merupakan panel yang menawarkan response time paling baik. Panel ini cocok untuk kamu para gamers yang suka bermain game fast paced yang sangat mementingkan kecepatan seperti game FPS. Namun, untuk soal keakuratan warna, kontras rasio, dan viewing angle-nya merupakan yang terburuk dibanding teknologi LCD lainnya.

Jadi, manakah yang terbaik untuk kamu? Hanya kamu yang dapat menentukannya.

  • Pastikan laptop kamu sudah SSD

SSD NVME WD

Sumber: Website resmi Western Digital

SSD adalah hal yang paling krusial untuk laptop, jangan sekali-kali kamu masih memakai HDD untuk laptop kamu di tahun 2021 ini. Apabila laptop tersebut, kamu beli dengan varian SKU yang paling murah dengan penyimpanan HDD, segera tambahkan SSD M.2/NVME untuk laptop kamu dengan speed yang maksimal. Kalaupun laptop baru kamu tidak ada slot PCIE, ganti HDD SATA kamu ke SSD SATA sesegera mungkin.

  • Tidak usah terpaku dengan bundling Windows dan Office

office 2019 pro plus

Office 2019 Pro Plus (Bulk)

Windows 10 Pro dan Office 2019 original, kamu bisa dapatkan versi bulk resminya murah di marketplace di Indonesia. Ataupun kamu dapat berlangganan Office 365 Family untuk opsi yang lebih murah.

Jadi, kamu tidak usah terpaku dengan laptop bundling dengan embel-embel Windows 10 Pro dan Office Home Student 2019. Fokus saja memilih laptop dengan jeroan mumpuni dengan harga termurah!

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Marie
Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Sosiologi bahasannya luas sob! FYI, teknologi dan masyarakat saling terikat!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Tech