Tips & TrickTutorial

Mau Jual HP? Inilah 5 Hal Yang Wajib Kamu Lakukan

factory reset sebelum jual hp
Lakukan factory reset dengan benar sebelum menjual HP kamu

Buat yang sering gonta-ganti HP, wajib banget nih baca artikel ini sampai habis. Menjual HP lama adalah aktivitas wajib bagi sebagian orang yang telah membeli HP baru, kecuali kamu memang mau koleksi HP lama kamu di lemari kaca, atau kamu mau hibahin HP lama kamu ke saudara atau orang tua atau teman, itu juga lain cerita. Eh tapi emang ada yang hibahin HP ke teman? Coba tulis di kolom komentar, kamu pernah ga dikasih atau ngasih HP ke teman, Vicigers.

Kembali ke bahasan utama, kita mau kasih tau nih sama semuanya, kalau sebelum menjual HP lama kamu, paling tidak kamu sudah melakukan 5 hal ini. Penasaran apa saja 5 hal yang harus dilakukan? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

  • Pastikan sudah backup data penting di HP yang ingin kamu jual

Kalau HP yang ingin kamu jual adalah daily driver kamu. Maka pastikan tidak ada data penting yang tertinggal di HP kamu. Buat kamu yang tidak bergantung atau tidak menggunakan layanan cloud sama sekali, kita saranin pertama-tama kamu untuk memindahkan semua file foto, video, musik, ataupun file unduhan kamu yang kamu anggap penting ke flashdisk atau laptop/PC kamu.

Selanjutnya kamu dapat mem-backup semua aplikasi chatting kamu, seperti Whatsapp, Line, KakaoTalk, dll. Telegram adalah yang terbaik untuk saat ini, karena kamu tidak perlu repot-repot mem-backup, riwayat chat kamu akan selalu tersedia dimanapun kamu log-in. Beberapa aplikasi chatting mempunyai kekurangan tersendiri, seperti tidak bisa restore file backup di beda platform. Hal ini sangat menyulitkan apabila kamu mau berpindah dari Android ke iDevice atau sebaliknya.

  • Pastikan akun google/iCloud kamu sudah tersinkronisasi, khususnya kontak telepon

Coba jujur, berapa banyak dari kamu yang ketika sudah terlanjur factory reset HP yang akan dijual, lalu baru sadar kalau kontak telepon kamu tidak tersinkron oleh Google atau layanan penyimpanan apapun, karena nyatanya kamu membuat penyimpanan default kontak telepon pada memori internal.

Makanya sebelum melanjutkan ke step factory reset, wajib kamu pastikan bahwa semua hal yang harusnya tersinkronisasi, sudah tersinkronisasi dengan baik.

  • Pastikan kamu tidak lupa password apapun yang ada di HP kamu

Hal ini akan menjadi rumit, apabila opsi recovery karena lupa password pada suatu aplikasi, membawa kamu harus masuk ke dalam email, namun kamu juga lupa password email tersebut. Lalu email tersebut tidak disertai dengan opsi recovery apapun, yang menyebabkan kamu stuck pada hal yang seharusnya tidak perlu, karena hanya kamu lupa password.

Jadi kalau bisa ingat atau catat semua password kamu di tempat yang aman, bahkan banyak aplikasi di play store/app store yang menyediakan fitur simpan password dengan aman, jika kamu memang membutuhkannya.

  • Pastikan factory reset sudah dilakukan tuntas sebelum menjual HP kamu

Kamu tidak mau kan sampai data-data/foto/video penting atau aib kamu sampai dilihat orang? Makanya sebelum menjual HP, pastikan bahwa kamu telah melakukan factory reset dengan benar. Maka kamu tidak perlu khawatir akan hal ini.

  • Pastikan HP kamu lengkap dan berfungsi dengan baik

Step terakhir nih, sebelum kamu menjual HP lama kamu ke majikan barunya. Pastikan kelengkapan HP kamu lengkap dan semuanya berfungsi dengan baik. Lain hal bila kamu memang berencana untuk menjual HP kamu batangan, dan dengan informasi detil mengenai minus apa saja yang ada di HP kamu.

Ingat baik-baik nih, kita saranin banget, kamu untuk memberikan informasi yang jujur ke calon pembeli, agar kamu tidak rugi di kemudian hari. Bisa saja kan, karena kamu tidak jujur, dan pembeli menemukan minus yang seharusnya tidak ada. Transaksi yang harusnya sudah selesai malah jadi batal.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Marie
Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Sosiologi bahasannya luas sob! FYI, teknologi dan masyarakat saling terikat!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Tips & Trick