Tips & Trick

Wifi Laptop Kamu Lemah Atau Rusak? Ga Sampai 100ribu Ini Solusinya!

wifi laptop rusak
Wifi laptop kamu lemah/rusak? Yuk simak solusinya!

Siapa sih yang tidak sebal saat wifi laptopnya rusak atau penangkapan signal-nya menjadi lemah setelah pemakaian dalam kurun waktu beberapa tahun? Buat kamu yang ga tahu solusi murahnya, mungkin kamu sudah membawa laptop kamu yang sudah tidak tercover garansi itu ke sevice center. Biayanya? Cukup lah bikin kamu ga jajan untuk beberapa hari.

Penyebab hardware wifi bawaan laptop kamu menjadi lemah atau rusak itu ada banyak. Bisa jadi memang sudah umur dari hardware-nya, atau bisa jadi kesalahan kamu dalam menggunakannya sehari-hari. Misal wifi card-nya terkena cairan atau hal semacamnya yang dapat mebuat wifi card bawaan laptop kamu menjadi rusak.

Kita sih ga nyaranin kamu ganti wifi card kalau seandainya laptop kamu sudah diluar jangkauan garansi. Soalnya biaya yang dikeluarkan pasti akan lebih mahal dibanding kamu membeli dongle wifi eksternal.

Tapi sebelum memutuskan kalau yang rusak benar hardware kamu, bukan driver ataupun softwarenya. Sebaiknya kamu menperbarui driver bawaan laptop kamu ke versi yang paling update. Namun, lain hal bila ternyata hardware wifi laptop kamu tidak terbaca di device manager, kamu mungkin bisa membuka case laptop kamu dan membersihkan wifi card-nya.

Tapi, kalau kamu tidak ada keahlian dalam membongkar laptop, lebih baik kamu minta tolong kepada orang atau tukang service langganan kamu untuk bantu cek. Apabila, wifi card sudah dibersihkan dan dipasang kembali dan wifi laptop kamu tidak menunjukkan progress apa-apa, inilah saatnya men-judge kalau wifi laptop kamu benar-benar rusak!

Ada beberapa solusi untuk memastikan laptop kamu tetap dapat terhubung ke jaringan internet. Berikut adalah beberapa solusinya.

  • Gunakan LAN RJ45 untuk tersambung ke internet atau jaringan

kabel utp lan

Kabel LAN Belden Cat.5e

Apabila hal ini masih memungkinkan, kamu dapat mencoba cara ini untuk tetap dapat terhubung ke internet atau jaringan kamu. Namun bila laptop kamu tidak memiliki port RJ45, sebaiknya kamu tidak perlu repot membeli converter USB ke RJ45, karena sepertinya akan lebih praktis kalau kamu langsung beli wifi dongle untuk menggantikan wifi laptop kamu yang rusak.

Kamu dapat membeli kabel UTP atau yang biasa disebut kabel LAN ini, di marketplace atau ecommerce kesayangan kamu dengan harga yang relatif murah. Ada beberapa category yang harus kamu pilih saat ingin membeli kabel LAN, yang biasa digunakan saat ini yaitu cat 5/5e/6/6a. Harga permeternya aman kok ga bikin kantong jebol, cuma 5ribu-belasan ribu saja per meter, tergantung merk dan model kabelnya. Jangan lupa untuk beli sepaket dengan kepala jack konektor RJ45-nya ya.

  • Gunakan Wifi Dongle untuk menggantikan Wifi laptop bawaan kamu yang rusak

wifi dongle dual band

Wifi dongle dual band merk Netgear

Banyak sekali merk/seri wifi dongle yang beredar di pasaran. Ada wifi dongle tanpa merk yang dibanderol murah 20ribu-30ribuan saja. Ada pula wifi dongle merk terkenal seperti TP-Link, Netgear, Tenda, Totolink, Prolink, dll.

Kalau kamu menggunakan internet dibawah 50Mbps, kamu dapat menggunakan wifi dongle 2.4GHz 150Mbps dengan harga yang lebih terjangkau. Tapi, kalau di rumah atau kantor kamu menggunakan internet yang speed-nya lebih dari 50Mbps kita saranin untuk membeli wifi dongle 2.4GHz 300Mbps atau langsung beli wifi dongle dual band 2.4GHz dan 5GHz untuk mendukung kecepatan yang maksimal.

Kalau untuk merk apa yang kita rekomendasiin, itu tergantung kebutuhan dan dompet kamu ya. Kalau kamu ada budget, sila beli wifi dongle Netgear dual band. Atau kamu dapat beli Prolink dual band dengan harga yang lebih terjangkau, kalau speed internet yang ingin kamu pakai lebih dari 50Mbps.

Kalau kamu masih pakai Indihome 10-20Mbps, sila beli wifi dongle merk totolink, tplink, atau tenda 150Mbps dengan harga 50ribuan saja.

Kira-kira itulah dua cara agar kamu dapat terhubung ke internet walaupun wifi laptop bawaan kamu rusak Vicigers. Jadi kamu pilih pakai kabel LAN atau pakai wifi dongle? Jawab di kolom komentar ya.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Marie
Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Sosiologi bahasannya luas sob! FYI, teknologi dan masyarakat saling terikat!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Tips & Trick