iOSTips & Trick

Inilah 3 Cara Force Restart Berbagai Seri iPhone

force restart iPhone error
Lakukan langkah ini untuk force restart atau mulai ulang paksa iPhone kamu yang error!

Hai Vicigers! Jika iPhone kamu stuck, tidak bisa disentuh, atau tidak responsif, kamu dapat force restart iPhone kamu untuk menghidupkannya kembali loh. Mungkin sebagian besar sudah pada tahu hal ini, namun buat kamu yang baru migrasi dari android user ke iOS, tentu informasi ini sangat berguna.

Ketika layar iPhone kamu hitam atau stuck dan tidak merespon apa pun yang kamu lakukan baik pada layar ataupun pada tombol home, volume, atau power. Mungkin kamu tidak akan bisa me-restart iPhone kamu dengan cara normal, seperti menahan tombol power beberapa detik layaknya cara umum yang biasa kamu lakukan.

Jika iPhone kamu benar-benar tidak merespon dan tidak mau me-restart dengan cara normal, force restart menjadi solusi untuk menghidupkan kembali iPhone kamu, dengan harapan iPhone kamu akan berfungsi normal setelah di force restart. Namun, jangan takut, force restart tidak akan menghapus apa pun di iPhone kamu, seperti foto-foto yang baru saja kamu ambil akan aman di memori internal penyimpanan.

Kita akan bahas bagaimana cara force restart iPhone dari seri 6s hingga iPhone 12 series dan semua seri di antaranya. Kenapa kita mulai dari seri 6s tidak dibawahnya? Karena untuk awal tahun 2021 ini, seri iPhone 6 ke bawah sudah kurang layak untuk digunakan sebagai daily driver. Jadi, berikut adalah cara menghidupkan kembali iPhone yang stuck dengan force restart.

  • Force Restart iPhone 6s & iPhone SE (1st Gen)

Tekan dan tahan tombol power serta home button secara bersamaan sampai kamu melihat logo Apple di layar, lalu lepas.

  • Force Restart iPhone 7 & 7 Plus

Tekan dan tahan tombol power yang ada di bagian kanan ponsel, bersamaan dengan kamu melakukan itu, tekan dan tahan juga volume down. Kemudian tunggulah beberapa saat hingga kamu melihat logi Apple muncul di layar. Voila, restart berhasil.

  • Force Restart iPhone 8, X, SE (2nd Gen), XR, XR, 11, Dan 12 Series

Tekan dan lepas tombol volume up dengan cepat, tekan dan lepas tombol volume down dengan cepat, lalu terakhir tekan dan tahan tombol power yang ada di samping hingga kamu melihat logo Apple di layar muncul. Lalu lepas tombol power tersebut dan silahkan tunggu hingga iPhone kamu kembali menyala dengan baik.

Bila cara-cara di atas tidak mampu menyelesaikan masalah kamu. Cara terakhir adalah install ulang iOS.

Install Ulang iOS Untuk Langkah Putus Asa

Siapa coba yang ga putus asa kalau iPhone-nya nge-lag/bug, tidak responsif, dan bahkan stuck tidak bisa dioperasikan sama sekali. Terakhir langkah putus asa yang harus kamu ambil adalah, install ulang iOS.

Untuk melakukannya kita bakal jelasin singkat cara-caranya. Pertama, hubungkan iPhone kamu ke komputer dan jalankan iTunes. Selanjutnya, lakukan force restart iPhone kamu tapi jangan lepaskan tombol saat logo Apple muncul. Tapi lakukan sebaliknya, yaitu terus tahan hingga kamu melihat recovery mode di layar iPhone kamu (layar dengan logo iTunes dan konektor Lightning).

Saat kamu melihat recovery mode di layar iPhone, maka kamu akan melihat jendela di iTunes pada komputer kamu, untuk melanjutkan proses yang kamu sedang lakukan yang berisi informasi restore atau update iPhone kamu. Klik update dan iTunes akan menginstal ulang iOS tanpa menghapus pengaturan, aplikasi, dan data kamu.

Jika update tidak berfungsi, maka kamu harus memilih restore, yang artinya kamu akan menghapus semua data dan menginstal ulang iOS. Kemudian sistem akan meminta kamu untuk memulihkan backup di iTunes atau iCloud yang semoga kamu sempat membuatnya.

Kenapa sih bisa sampai terjadi seperti ini? Bila iPhone kamu stuck, freeze, atau tidak bisa digunakan sama sekali karena crash biasa, itu merupakan hal yang lumrah terjadi, namun hal ini banyak juga penyebabnya. Bisa terjadi karena bug, atau karena kamu menginstall app pihak ke-3 bukan dari app store, ataupun karena iPhone kamu sudah di jailbrake. Kuncinya, kamu hanya tinggal restart atau force restart iPhone kamu, dan voila semuanya kembali seperti semula. Namun, kalau restart bukan solusinya, ya mau tidak mau kamu harus install ulang iOS kamu agar dapat kembali menggunakan iPhone kamu dengan semestinya.

Sekian dulu ya informasi dari kita. Tunggu update dari kita jangan sampai terlewat.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
1
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Marie
Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Sosiologi bahasannya luas sob! FYI, teknologi dan masyarakat saling terikat!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:iOS