E-Sport

Free Fire Indonesia Masters (FFIM) 2021 Spring

Free Fire Indonesia

Gelaran bergengsi Free Fire Indonesia Masters (FFIM) 2021 Spring, sebentar lagi bakal memasuki babak akhir. Ya, ajang tersebut bakal masuk ke dalam fase ‘Grand Finals’. Dimana, babak ini sudah menyaring sekitar 12 tim Esports terbaik yang akan memperebutkan gelar sebagai tim pemenangnya.

Selain itu, tim yang menjuarai ajang ini juga berhak mendapatkan satu jatah untuk bermain di  ‘Free Fire World Series 2021 April’.

Sebelum babak itu, ada babak yang bernama Play-Ins yang diisi sekitar 12 tim Esports. Untuk fase ini, diketahui baru saja berakhir pada tanggal 14 Maret 2021 lalu. Jelas, terpilihnya 12 tim Esports yang akan bermain di babak akhir nanti bakal berjalan cukup menarik. Dikarenakan, masih ada Evos Esports ID yang lolos dan diketahui tim ini sebelumnya merupakan juara bertahan untuk edisi Fall pada tahun kemarin.

Soal Free Fire Indonesia Masters (FFIM)

Sebelum lebih jauh membahas soal gelaran FFIM 2021 Spring, kami pun bakal mengajak kamu untuk mengetahui sejarah awal dari ajang ini. Tentu, hal ini bakal menambah wawasan kamu terkait kompetisi Free Fire paling panas di Indonesia.

  • FFIM – Season 1

Bisa dikatakan, awal dimulainya kompetisi ini terjadi pada pertengahan bulan Januari 2019. Kala itu, ajang ini diberi nama ‘Free Fire Indonesia Masters – Season 1’ dan dilaksanakan secara offline untuk partai puncaknya. Mengingat, babak akhir dari kompetisi digelar pada tanggal 17 Maret 2019 yang berlokasi di Taman Anggrek Mall.

Meski demikian, untuk babak awal sampai babak wildcard-nya dilaksanakan secara online. Mengingat, tim peserta awal yang mengikuti kompetisi ini lebih dari 7000. Tak pelak, kondisi ini membuat kompetisi ini berjalan cukup lama yakni berjalan sekitar tiga bulan.

Untuk total uang hadiah yang ditawarkan sekitar 500 Juta Rupiah. Dimana, pembagian hadiah ini bakal diterima oleh 12 tim terakhir. Yang pasti, untuk nominal yang akan diterima dari masing-masing tim tersebut juga berbeda. Kala itu, tim yang berhasil keluar sebagai juaranya adalah Capital Esports dan urutan kedua adalah SFI ZET Hades.

Ya, kedua tim tersebut juga mendapatkan tempat untuk gelaran Free Fire World Cup 2019. Namun, Capital Esports justru digantikan oleh Evos Capital yang akhirnya tim ini berhasil memenangi ajang tersebut.

  • FFIM – Season 2

Pada bulan September 2019, Free Fire Indonesia Masters – Season 2 pun digelar. Kali ini, konsep yang digunakan juga dipastikan masih sama yakni dari babak kualifikasi pertama sampai groupfinals dilakukan secara online. Walaupun begitu, untuk jumlah kontestan yang bermain juga terbilang menurun ketimbang yang season 1. Dikarenakan, tim peserta awal yang mengikuti kompetisi ini sekitar lebih dari 1000.

Untuk babak Grand Finals, ajang ini kembali dilakukan secara offline. Dimana, ada 12 tim yang bertanding akan bermain di satu tempat yakni di Tennis Indoor Stadium GBK Senayan. Selain itu, untuk total uang hadiah yang ditawarkan juga mengalami kenaikan dari season 1. Detailnya, total uang hadiahnya adalah sekitar 700 Juta Rupiah.

Terlepas dari itu, tak hanya 12 tim terakhir yang masing-masing akan mendapatkan uang hadiah. Pada edisi ini, ada hadiah tambahan untuk pemain yang mendapatkan gelar MVP (yang didapatkan DeviL dari Dranix) dan Predator (yang didapatkan Amek dari Onic Olympus).

Untuk diketahui, Dranix Esports berhasil menjadi tim yang menjuarai FFIM – Season 2. Tak hanya itu saja, mereka pun hanya sendiri untuk jadi perwakilan Indonesia di ajang ‘Free Fire World Series 2019’. Sayangnya, di ajang yang terakhir Bay cs harus puas untuk menempati urutan ke-8.

  • FFIM – Spring 2020

Di tahun 2020, kompetisi ini pada akhirnya berganti nama menjadi Free Fire Indonesia Masters – Spring 2020. Mungkin, perubahan nama itu juga yang membuat ajang ini tetap tak mengubah namanya untuk tahun ini.

Pada edisi kala itu, tim Esports peserta awalnya ada lebih dari 800 dan kompetisi ini dimulai pada tanggal 23 Februari 2020. Dengan konsep yang tidak berubah, babak kualifikasi 1 sampai Groupfinals pun dilaksanakan secara online. Namun, babak Playins (yang digelar pada tanggal 14 Maret 2020) serta Grand Finals-nya (tanggal 15 Maret 2020) pun dilakukan secara offline dan itu berlangsung di Tennis Indoor Stadium GBK Senayan.

Untuk uang hadiah yang ditawarkan juga dipastikan sama dengan season 2. Tak hanya 12 tim terakhir yang akan mendapatkan hadiah, kali ini hadiah tambahan yang diberikan hanya untuk pemain yang menyabet gelar Predator (yang diperoleh Apollo dari Rosugo Esport). Sedangkan, untuk tim yang keluar sebagai pemenang di ajang ini adalah Onic Olympus.

  • FFIM – Fall 2020

Pada tanggal 1 September 2020, Free Fire Indonesia Masters – Fall 2020 dimulai. Ya, nama itu dipilih untuk menggantikan nama ‘FFIM – Season 2 di tahun 2019 lalu. Terlepas dari itu, FFIM – Fall 2020 juga diikuti lebih dari 800 tim Esports.

Konsep yang digunakan juga masih sama yakni kualifikasi 1 sampai Groupfinals juga masih dilaksanakan secara online. Namun, babak Playins (4 Oktober 2020) dan Grand Finals-nya (11 Oktober 2020) juga dilakukan secara offline di MNC Studios.

Meski demikian, untuk total uang hadiah yang diberikan mengalami kenaikan. Dimana, total uang hadiahnya menjadi 800 Juta Rupiah. Untuk tim-tim yang mendapatkan hadiah juga diberikan kepada 12 tim terakhir. Plus, ada hadiah tambahan untuk pemain yang menyabet gelar Predator (dan kala itu pemain yang mendapatkan hadiah ini adalah Jars dari Onic Olympus). Sedangkan untuk tim yang berhasil memenangi ajang ini adalah Evos Esports ID. Urutan kedua RRQ Hades dan yang ketiga adalah Onic Olympus.

Untuk diketahui, pemenang dari ajang itu bakal bermain di Free Fire Continental Series 2020: Asia. Sementara untuk urutan kedua dan ketiga bakal bermain di Free Fire Continental Series 2020: Asia.

  • FFIM – Spring 2021

Kini, Free Fire Indonesia Masters (FFIM) 2021 Spring masuk ke babak ‘Grand Finals’. Untuk babak ini, bakal dilaksanakan pada tanggal 21 Maret 2021 ini. Namun, untuk konsep yang akan dilaksanakan masih belum diketahui (apakah online/ offline) lantaran pandemi covid 19.

Untuk total uang hadiah yang akan diberikan juga dipastikan sama dengan FFIM – Fall 2020. Ditambah, untuk pembagian hadiahnya juga akan diberikan kepada 12 tim terakhir plus pemain yang akan mendapatkan gelar Predator.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:E-Sport