News

Mau Bikin Tampilan Google Chrome Kamu Teratur? Cobain Fitur Terbaru Tab Grouping Sekarang!

grup tab google chrome
Begini kira-kira tampilan Google Chrome saat kamu membuat grup tab

Google Chrome merupakan browser yang paling banyak digunakan saat ini. Meskipun terdapat kompetitornya seperti Mozilla Firefox, Opera, bahkan browser bawaan Windows 10 sendiri, yang selalu memberikan update terkini yaitu Microsoft Edge.

Apakah kamu seseorang yang membiarkan sekitar ratusan tab browser terbuka pada saat yang sama atau terlalu bingung untuk melihat tab mana yang berisi website yang kamu cari, karena tab pada Google Chrome kamu sudah tidak terlihat sama sekali judulnya.

Saat ini Google telah menambahkan fitur praktis terbaru ke Google Chrome tools yang akan membantu kamu mengawasi semua tab kamu. Sebuah fitur yang diperkenalkan dengan sebutan grup tab. Memungkinkan kamu mengelompokkan situs web yang terbuka dengan satu klik, dan melabeli mereka dengan nama serta warna khusus. Setelah kamu membuat grup, kamu akan dapat memindahkan dan menyusun ulang tab di dalamnya. Keren kan?

Sebenarnya fitur ini ga terlalu wah sih Vicigers. Kenapa? Karena nyatanya, fitur ini telah ada selama bertahun-tahun di browser lain seperti Opera, dan melalui ekstensi browser pada Google Chrome sendiri, seperti OneTab. Mungkun Google baru sadar kalau fitur grup tab ini sangat penting dan harus segera di sematkan resmi pada browser Google Chrome.

Grup tab akan sangat membantu saat kamu mengerjakan banyak kerjaan/proyek yang berbeda sekaligus, seperti kamu dapat lebih fokus dalam memonitoring dan mengetahui progress dari berbagai pekerjaan kamu, ataupun hanya sekedar melihat-lihat beberapa situs belanja, seperti marketplace atau ecommerce kesayangan kamu.

Atur grup tab kamu sesuai selera, seperti menggunakan kata atau emoji untuk nama grup. Bagian terbaiknya adalah grup tab akan disimpan saat kamu menutup dan membuka kembali Google Chrome. Fitur ini akan membuat kamu tidak lagi khawatir, alih-alih kamu tidak sengaja klik tombol close pada Chrome, atapun kalau tiba-tiba laptop/PC kamu mati karena listrik padam/crash/restart sendiri sekalipun.

Hal ini akan menghemat waktu kamu dalam mencari riwayat browser untuk menemukan situs web yang kamu cari karena kejadian-kejadian yang tidak diinginkan seperti yang telah kita jelaskan sebelumnya.

Grup tab kini resmi tersedia di Google Chrome. Fitur ini juga akan tersedia pada browser Chrome di desktop yang berjalan di Chrome OS, Windows, Mac, dan Linux. Bahkan fitur ini juga tersedia untuk versi mobile seperti android dan iOS.

4 Langkah Membuat Grup Tab di Google Chrome

  1. Jika kamu memiliki tab yang terbuka, klik kanan pada tab tersebut dan klik tambahkan tab ke grup baru.
  2. Pilih nama dan warna grup tab kamu.
  3. Saat kamu membuka tab baru, klik kanan tab tersebut, lalu klik tambahkan ke grup, dan pilih grup yang ingin kamu tambahkan. Lalu, tab dalam grup tersebut akan digarisbawahi dengan warna yang kamu pilih.
  4. Setelah itu, pindahkan tab-tab yang tersedia di Google Chrome kamu ke dalam setiap grup yang telah kamu buat. Chrome adalah browser paling populer di dunia, dan fitur tab telah diuji selama beberapa bulan, kata Google dalam posting blog baru-baru ini.

Kira-kira itulah sekilas dari fitur baru Google Chrome yang sangat membantu pekerjaan kita sehari-hari yang mengharuskan kita membuka banyak tab di browser.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Marie
Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Sosiologi bahasannya luas sob! FYI, teknologi dan masyarakat saling terikat!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:News