Tips & Trick

Bukan Hoax 5 Manfaat SSD SATA Untuk Laptop Jadul Kamu

SSD SATA di My Computer
Manfaat SSD SATA Untuk Laptop Jadul

SSD SATA bukanlah sesuatu yang mewah saat ini, jauh berbeda dengan keadaan beberapa tahun silam, dimana SSD SATA adalah barang mewah, yang mungkin hanya dimiliki oleh para kaum penikmat gadget berduit saat itu. Harganya yang berkali-kali lipat dengan HDD adalah satu alasannya, mengapa SSD SATA pada saat itu dapat dikelompokkan ke dalam hardware mewah. Orang pada masa itu pasti akan bilang:

HDD aja lah lebih murah!

Alasan lainnya adalah, pada beberapa tahun silam, laptop/PC build up yang di-bundling langsung dengan SSD SATA harganya pasti akan melambung tinggi. Bedanya di masa sekarang? tentu sangat jauh! Laptop baru dengan harga tiga sampai empat jutaan sudah dapat menikmati fasilitas SSD SATA, bahkan beberapa brand sudah menyematkan SSD M.2/NVME di dalamnya.

Oke Vicigers! kita kembali lagi fokus pada manfaat SSD SATA untuk laptop jadul kamu. Dikarenakan untuk laptop intel/amd generasi terbaru, kamu sudah disuguhkan slot PCIe M.2/NVME pada motherboard bawaan agar dapat dibenamkan SSD M.2/NVME/Intel Optane yang speed read & write-nya jauh berkali-kali lebih cepat. Jadi, daripada SSD SATA lebih penting SSD M.2/NVME untuk laptop baru kamu yang mumpuni, tapi kita kan sekarang lagi akan bahas SSD SATA untuk laptop jadul kamu nih, buat yang laptopnya masih intel coreduo/core2duo sampai intel i-series generasi ke-7 atau amd jadul, baca terus ya artikel ini sampai habis, biar kamu ga ketinggalan informasinya!

SSD SATA WD Blue 250GB

Sumber: Website resmi Western Digital

5 Manfaat SSD SATA Untuk Laptop Jadul Kamu

  • Mempercepat waktu booting up laptop

Cobain deh, ganti HDD laptop jadul kamu ke SSD SATA, dan rasakan nikmatnya booting up Windows/macOS hanya kurang dari belasan detik! Bahkan bila hardware bawaan laptop kamu masih lumayan oke, kamu bisa nikmatin booting up OS hanya kurang dari sepuluh detik!

  • Menambah berkali-kali lipat kecepatan read and write

SSD SATA mempunyai kecepatan yang lebih cepat dan stabil daripada HDD biasa. Buktiin sendiri deh, abis baca artikel ini, buat yang masih nyimpan dan masih aktif pakai laptop jadulnya. Kita saranin kamu langsung beli SSD SATA di marketplace/ecommerce kesayangan, terus bandingkan berapa speed yang didapat ketika transfer file sebelum dan sesudah upgrade SSD SATA.

  • Tidak cepat panas dan tidak melambat ketika laptop panas

Pernah ga sih, lagi asik main game, tau-tau frame rate-nya drop gara-gara laptop panas? Pasti nyebelin banget! Kalau kamu tinggalin HDD dan beralih ke SSD hal ini kita jamin ga akan kejadian lagi.

  • Aman saat laptop mati mendadak

Laptop jadul identik dengan baterai bocor atau drop. Coba bayangin kalau baterai kamu benar-benar rusak, atau kalau kamu biasa dengan nyalain laptop tanpa baterai, terus tau-tau listrik di rumah/kantor kamu mati mendadak. Sudah data yang belum di save hilang, eh HDD pun lama kelamaan pasti akan punya banyak bad sector yang berujung jadi rusak alias ga terbaca lagi. Pusing? Makanya buruan upgrade HDD kamu jadi SSD!

  • Aman saat dalam mode sleep

Anak sekolah/kuliahan nih biasanya yang sembrono pas sedang pakai laptop, selesai pakai bukannya langsung di shut down, malah langsung tutup laptop dengan mode default sleep. Terus dia lari-larian dari kelas yang satu ke kelas yang lainnya, atau dari fakultas yang satu ke fakultas lainnya. Hal tersebut ga jadi masalah, ketika laptop kamu sudah pakai SSD, tapi akan jadi masalah jangka panjang ketika laptop kamu masih menggunakan HDD. Kenapa coba? Jadi, sebenarnya ketika laptop kamu di dalam mode sleep, kalau kamu masih pakai HDD, maka piringan pada HDD sebenarnya masih berputar walaupun pelan, dan ketika terlalu banyak getaran yang terjadi maka berpotensi jarum pada HDD akan ‘lompat-lompat’ dan membuat baret piringan yang sedang berputar pelan tersebut.

Kira-kira segitu dulu ya informasi mengenai apa saja manfaat SSD SATA untuk laptop jadul kamu. Pokoknya jangan buang-buang waktu buat beralih ke SSD. Semakin cepat semakin baik, jangan ditunda-tunda!

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Marie
Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Sosiologi bahasannya luas sob! FYI, teknologi dan masyarakat saling terikat!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Tips & Trick