GenreAndroidPlatformSimulation

Framed, Game Puzzle Unik Ala Komik

Framed membuat penasaran banyak pemain sebab mengkombinasikan antara komik dengan cerita film dalam gameplay-nya. Game ini pun mendapat berbagai penghargaan  malah sebelum diperkenalkan secara resmi. Pujian juga diberikan oleh Hideo Kojima sang pembuat game legendaris yang mengatakan Framed adalah game terbaik yang pernah dimainkannya.

Komik Rasa Film

Bermain Framed laksana mendapatkan dua macam hiburan dalam waktu bersamaan. Pemain seolah tengah menyimak sebuah komik, namun bersama-sama juga menonton film bisu. Suguhan dalam permainan dihadirkan berupa banyak panel gambar sebagaimana yang lazim digunakan dalam sebuah komik. Akan tetapi bukannya menampilkan ilustrasi statis, pemain dapat melihat para tokoh di dalamnya bisa bergerak membuat aneka aktivitas termasuk melompat ke panel lain menciptakan sebuah kisah sebagaimana menikmati sebuah film.

Pelarian yang Seru

Framed bertutur mengenai upaya pelarian para tokoh di dalamnya. Tak tahu kenapa, para karakter tersebut dikejar sejumlah polisi dan juga beberapa orang misterius gara-gara sebuah tas. Upaya pelarian tersebut mengharuskan para karakter untuk berlari dalam gang-gang sempit yang gelap, memanjat gedung menjulang, sampai bermain kejar-kejaran dengan polisi dalam kereta api. Upaya pelarian para tokoh bisa berakhir bila dapat diringkus polisi. Karena itu pemain harus membantu mereka dengan menata kembali panel gambar pada tiap scene supaya nasibnya bisa berubah.

Usaha melarikan diri para tokoh dalam Framed dikisahkan dalam setiap lembar halaman serupa dengan komik. Setiap halaman mengisahkan mengenai satu adegan dari berbagai macam scene pelarian yang lengkap. Hanya saja, tak seperti cerita komik kebanyakan, pemain dapat menggulir panel-panel gambar tersebut yang otomatis mengganti skenario maupun urutan peristiwa. Jika pemain dapat menggantinya secara betul maka nasib tokoh utama pun langsung berubah dan berhasil lepas dari sergapan polisi.

Memecahkan Teka-Teki

Perlu diketahui bahwa mengganti-ganti panel cerita pada Framed ternyata punya keasyikannya tersendiri. Pemain leluasa memposisikan lalu mengurutkan beragam panel yang disediakan di halaman. Cuma satu yang menghalangi kreativitas yaitu jumlah panel yang dapat digulir pada tiap halaman. Tiap formasi yang dibuat otomatis membawa akibatnya sendiri-sendiri. Jika sebuah adegan tak berfungsi dengan baik maka pemain cukup menata kembali posisi panel lalu mengetuk tombol play pada panel pertama halaman itu. Pemain boleh mengulang berkali-kali tiap scene hingga sang tokoh lepas dari sergapan polisi untuk masuk ke halaman berikutnya.

Seluruh teka-teki pada Framed ini dapat diselesaikan menggunakan penalaran sederhana. Pemain cuma harus jeli mencermati tiap panel lalu memprediksi situasi yang bakal terjadi pada tiap-tiap gambar sebelum mengetuk Play. Jika diperhatikan dengan teliti, banyaknya peluang permutasi yang tepat pada tiap halaman dapat diringkas menggunakan langkah eliminasi sederhana. Andaipun terperangkap dalam sebuah puzzle, pemain tinggal mencoba satu demi satu pilihan yang tersedia.

Grafis Minimalis dengan Siluet

Di samping gameplay-nya yang menarik, Framed pun punya nilai plus lain yaitu visual simpel dan minimalis. Game dihadirkan bebas teks atau dialog sedikitpun. Pemain cuma disajikan visual 2 D bergaya art noir ditambah pola silluet sembari diiringi musik jazz yang diperdengarkan selama permainan. Tanpa pilihan setting atau juga halaman depan. Untuk mengenalkan mekanisme permainan disisipkan dalam cerita tanpa terlihat mencolok.

Gameplay menarik dengan kisah yang unik dalam Framed memang membuat penasaran, namun sayang game ini cuma dapat dimainkan tanpa butuh waktu lama. Pemain mungkin hanya perlu 1,5 jam untuk merampungkannya. Memainkan selanjutnya tentu akan jauh lebih cepat. Menikmati permainan bisu dalam Framed membuat pemain harus dapat menerka apa yang sebetulnya tengah dikerjakan para karakter dalam sejumlah adegan. Game ini memanfaatkan fitur autosave, sehingga pemain tak dapat memilih suatu adegan tertentu agar dapat dimainkan kembali untuk menerka apa yang tengah berlangsung.

Namun secara umum Framed berhasil menyajikan tema game puzzle yang menarik dan berbeda dengan game teka-teki kebanyakan. Gameplay yang ringkas dibuat dengan sangat bagus ditambah penggambaran grafis yang cantik serta puzzle yang lumayan seru. Nah, selamat memecahkan teka-teki!

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik, cara top up diamond dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Hakum
Seorang pecinta game dan suka menuliskan pengalaman dalam bermain.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Genre