GenreRTS

Menjadi Ahli Bakteri Mematikan dalam Plague Inc

Plague Inc adalah game yang menganut konsep RTS (real time strategy) dari Ndemic Creation. Konsep dasar Plague Inc sebetulnya mudah, pemain memiliki misi memusnahkan manusia melalui Plague. Plague adalah jenis senjata pemusnah biologi berupa bakteri dan virus. Akan tetapi memainkannya tentu butuh trik.

Menjadi Ahli Bakteri

Plague Inc sekilas menyerupai Pandemic 2.5. Game ini menugaskan pemain menjadi ahli bakteri. Pemain harus melakukan modifikasi bakteri itu dapat digunakan senjata membunuh manusia bumi. Untuk memainkannya, mula-mula pemain mesti menentukan satu negara target sebagai lokasi menyebarkan bakteri pembunuh tadi. Pemain akan dapat menyaksikan jika bakteri tersebut mulai menyebar sedikit demi sedikit ke orang-orang lalu meluas ke berbagai penjuru dunia melalui bandara maupun pelabuhan.

Bila bakteri telah tersebar, pemain akan memperoleh DNA. Manfaat DNA yaitu untuk bahan dasar melakukan riset modifikasi bakteri lebih lanjut. Tersedia 3 tombol untuk modifikasi bakteri meliputi tab Transmission atau Penyebaran, lalu tab Symptoms atau Gejala dan tab Abilities atau Kemampuan.  Memilih Transmission bisa memperkuat kehebatan bakteri dalam hal penularan ke manusia lain.

Sementara bila memilih Symptom bisa menjadikan bakteri itu sulit dilacak antivirus yang harus digunakan. Adapun bila pemain memilih Abilites otomatis bakteri yang dibuat memiliki kemampuan mematikan yang sangat tinggi. Plague Inc menyiapkan beragam jenis modifikasi bakteri yang bisa dipilih, namun pemain mesti mempertimbangkannya dengan matang sebelum memilihnya.

Adu Cerdik dengan Manusia

Pastinya manusia bakal melakukan perlawanan menggunakan bermacam macam taktik. Mesti diwaspadai yaitu saat manusia memproduksi antivirus untuk melawan bakteri yang dikembangkan pemain. Sebab bila manusia mampu menciptakan antivirus dari bakteri yang dibuat,  pemain akan kalah. Itulah keseruan yang ditawarkan Plague Inc. Pemain mesti adu cerdik dengan manusia bumi. Pemain harus bisa menciptakan bakteri dengan daya mematikan yang tinggi sebelum manusia menyadarinya. Saat manusia baru menyadari situasi tersebut artinya, manusia telah terlambat dan kepunahan sudah di depan mata.

Tingkat Kesulitan

Plague Inc menawarkan 3 level kesulitan yaitu Casual, Normal, serta Brutal. Bila pemain dapat meraih kemenangan di mode Casual, masih belum dapat mengakses variasi Plague yang lain yang masih lock. Namun jika pemain bisa memenangkan mode Normal dan Brutal, pemain baru bisa mengaktifkan variasi Plague terkunci antara lain Virus, Fungus, Bio Weapon, Parasite, Prion, maupun Nano Virus.

Game ini pun mengadopsi sistem rating berupa bintang 1 sampai 5. Agar bisa memperoleh 5 bintang, sejumlah aspek mesti dipertimbangkan. Misalnya waktu yang diperlukan bagi bakteri tersebar ke berbagai penjuru dunia. Makin cepat bakteri tersebut menyebar dan juga mematikan otomatis score yang diperoleh pun makin tinggi. Pertimbangan selanjutnya adalah kemajuan antivirus yang dikembangkan manusia. Makin rendah progress antivirus yang dikembangkan manusia, otomatis score yang diraih pemain menjadi makin tinggi dan begitupun sebaliknya.

Visual Oke

Secara umum, suguhan visual dari Plague Inc sudah sangat bagus. Biasanya game berkonsep strategy tak begitu memprioritaskan aspek grafis, namun tidak untuk game yang satu ini. Namun, ada satu kekurangan dari game ini yaitu peta dunia yang disuguhkan. Map dunia di dalamnya tak cukup pas di layar. Malah map dunia untuk yang atas bertindihan dengan antarmuka News. Akibatnya sejumlah negara tak nampak dan agak mengusik kenyamanan gameplay.

Sistem IAP

Di game Plague Inc pun ada sistem IAP. Sistem IAP dapat dijalankan pemain dengan metode grinding. Malah item yang terdapat dalam IAP dapat diperoleh cukup dengan bermain game ini. Plague Inc adalah game strategy yang benar-benar seru untuk dinikmati. Pemain dapat meraih kemenangan dalam game ini menggunakan berbagai strategi. Menyuguhkan visual yang cukup bagus di kelas genre RTS, game Plague Inc tentu pantas apabila meraih posisi pertama untuk kategori Top Paid App cuma dalam waktu 3 hari saja.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik, cara top up diamond dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Hakum
Seorang pecinta game dan suka menuliskan pengalaman dalam bermain.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Genre