GenrePC GamePlatformSimulation

Berlatih Berfikir Kritis Dalam An Octave Higher

Game buatan anak bangsa yang dipublikasikan Steam, judulnya An Octave Higher. Ini merupakan visualisasi novel yang dibuat Kidalang Studio. An Octave Higher menghadirkan kisah sarat intrik politik. Sebagaimana Sage Fusion yang juga dibuat Kidalang Studio, dalam game ini pun dikembangkan cerita yang keren.

Dunia Sihir dengan Strata Sosial

An Octave Higher menawarkan background dunia yang menarik. Pemain dihadapkan pada dunia yang mana sihir adalah segalanya. Berbagai fasilitas umum dijalankan dengan sihir mulai angkutan umum maupun pribadi bahkan kalkulator pun berdasarkan prinsip sihir. Itulah yang menjadikan An Octave Higher terkesan lebih unik dibanding game lainnya dengan genre yang sama.

Jadi dikisahkan ada sebuah kota yang dinamakan Overture. Kota Overture membagi tingkatan sosial secara tegas. Yang pertama adalah golongan proletar sebagai kalangan miskin yang terdiri dari pengangguran, pekerja pabrik, maupun pelacur. Tingkatan selanjutnya yaitu golongan borjuis sebagai kalangan menengah atas. Dan tingkatan tertinggi yaitu kalangan aristokrat yang merupakan kelompok bangsawan dan masyarakat kaya.

Menyangkut Empati

An Octave Higher dikisahkan dengan sudut pandang dari tiga tokoh dari tiap-tiap tingkatan. Dibangunnya sudut pandang tokoh yang beragam tersebut akan membantu pemain dalam memahami kisah yang akan menimbulkan empati. Termasuk daya tarik An Octave Higher yaitu kehandalannya menggugah rasa empati pemainnya. Kisah dalam game ini berkenaan dengan masalah politik, perbedaan sosial, dan pemberontakan. Namun karena dibangunnya sudut pandang berbeda pada setiap tokoh maka pemain pun diberikan pelajaran memandang segala hal dari perspektif bukan kebanyakan.

Dengan memainkan An Octave Higher ini pemain akan dibuat bimbang memilih mana tokoh protagonis dan mana antagonis sebab masing-masing punya alasan dari perbuatan yang dilakukan.

An Octave Higher menawarkan lika-liku kisah yang tak banyak namun beragam. Disediakan lima akhir cerita yang akan ditemukan dimana masing-masing mampu menyuguhkan visualisasi yang seru dari pilihan yang dipilih dalam game. Kecuali itu game ini pun mengusung kejutan yang sangat memikat. Saat pemain dapat menyelesaikan ending pertama, mereka akan disajikan konten tambahan dimana untuk menyelesaikannya dibutuhkan waktu hingga beberapa jam dan kisah yang kompleks dibanding sebelumnya.

Grafis Keren

Kecuali kisahnya yang menarik, aspek lain yang dapat dilihat dari game sebagai hasil visualisasi novel yaitu grafis dan musik. An Octave Higher punya keunggulan ilustrasi yang benar-benar cantik. Game ini hadir penuh warna dimana visualnya digambarkan dengan pas sejalan dengan suguhan dunia unik yang diangkat.

Mungkin kadang dijumpai karakter yang kelihatan agak aneh dengan anatomi yang terkesan tak sesuai, posisi yang terlihat kaku namun kenyataan tersebut ditanggung tak akan mengurangi kenyamanan memainkan An Octave Higher. Sementara untuk fitur musik latar belakang, An Octave Higher dihiasi alunan musik klasik dengan aransemen yang begitu bagus. Musik yang digunakan sebagai pengiring scene tertentu kebanyakan sudah sangat pas.

Secara umum bermain An Octave Higher  adalah sebuah sensasi yang mengasyikkan. Game ini memiliki keunggulan kisah yang sangat menarik. Game ini pun akan menghadirkan pula berbagai pengetahuan mengenai banyak istilah yang umum digunakan dalam bidang Teknik Informatika, Sosial Politik dan bahkan Filosofi. Game ini pun dapat membuat pemain berpikir mengenai cara menyelesaikan berbagai konflik yang muncul dengan melihatnya dari beragam sudut pandang. Sangat menarik dan berbeda dengan game-game kebanyakan.

Cukup membanggakan, An Octave Higher  sebagai contoh game karya orang Indonesia yang tak cuma menawarkan hiburan saja, namun juga membawa pemainnya berlatih berpikiran kritis sembari tak ketinggalan menikmati unsur hiburan. Game An Octave Higher memang sebuah game premium dengan tarif hampir 12 dollar atau Rp.150 ribu yang tak akan rugi untuk membelinya. An Octave Higher bukan hanya rilis untuk ponsel Android dan iOS namun juga  untuk PC baik itu Windows, Mac OS serta Linux.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik, cara top up diamond dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Hakum
Seorang pecinta game dan suka menuliskan pengalaman dalam bermain.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Genre