GenreAndroidPlatformSimulation

Mengapa Angry Birds Tak Lekang Oleh Waktu?

Angry Birds telah ada selama 10 tahun dan sepertinya tidak akan kemana-mana dalam waktu dekat. Dengan dunia game yang terus membesar dan semakin banyak game yang berkembang, bermain Angry Birds di tahun 2020 tetap terasa segar dan seru. Diakui bahwa game Angry Birds lah yang menjadikan seluruh genre permainan puzzle fisika menjadi populer.

Angry Birds dari setiap serinya selalu mendapatkan kesuksesan. Ini adalah satu-satunya game yang dibuat Rovio Entertainment Corporation yang menjadi sangat terkenal. Angry Birds mampu mengalahkan Plants vs Zombies dari Pop Cap Games yang sudah lebih dulu populer. Angry Birds berubah menjadi game yang harus dimiliki di PC, hp, dan bahkan konsol dan juga dijadikan serial TV dan bahkan film. Mengapa Angry Birds mampu bertahan begitu lamanya bahkan hingga hari ini?

Support dari Rovio

Tidak sedikit developer yang setelah merilis game lalu membiarkannya tanpa melakukan update. Memang ada beberapa pengembang game yang memasukkan banyak DLC di beberapa bagian tetapi hanya itu saja dan kemudian mereka beralih ke proyek lain. Namun, yang mengherankan dari Rovio Entertainment Corporation yaitu mereka masih mendukung game pertama Angry Birds ini yang mengurusnya mereka terkenal.

Tidak peduli berapa banyak  game yang telah dirilis Rovio selama 10 tahun mulai dari game spin-off, game baru, RPG, balap,dan bahkan game pertarungan / teka-teki yang mengingatkan kita pada Super Puzzle Fighter Capcom. Namun meski ada banyak game yang dirilis Rovio, mereka tetap menambahkan konten baru ke game pertama meskipun itu hanya sedikit. Nah, itulah dedikasinya pada game Angry Birds.

Gameplay Never Turned Stale

Game berkembang seperti film atau serial TV. Game tertentu mungkin sangat relevan di beberapa bagian dalam satu dekade tetapi lalu menjadi usang beberapa tahun kemudian. Misalnya, game FPS arcade yang bergerak cepat menggemparkan dunia dari akhir 90-an hingga awal 2000-an; lihat 007: Goldeneye, Quake dan Medal of Honor. Genre tersebut kemudian berkembang menjadi pendekatan yang lebih realistis sambil tetap mempertahankan pengalaman yang memacu adrenalin di pasar game saat ini; Call of Duty dan Battlefield sebagai contoh terbaiknya.

Namun untuk formula Angry Birds tetap sama dan masih relevan di dunia gaming modern. Belumlagi game ini akan membuat pemain betah bermain selama berjam-jam berkat 680 levelnya dan lebih banyak lagi. Tak ada yang lebih mengasyikkan daripada menerima tantangan dari Angry Birds untuk membuka level demi level yang disuguhkan. Mungkin hanya butuh beberapa hari saja untuk menyelesaikan seluruh level yang ada di Angry Birds. Namun pemain tak akan pernah bosan untum memulainya lagi dari level pertama setelah menuntaskan seluruh levelnya.

Kontrol Masih Sangat Relevan

Sama seperti gameplay, kontrol juga menjadi ketinggalanzaman untuk game tertentu yang dirilis beberapa tahun lalu. Lihat game RTS dengan hotkeys atau Third Person Shooter di tahun 2000-an misalnya. Namun, Angry Birds masih mempertahankan kontrol yang baik yang tidak jauh dari standar saat ini. Siapa pun masih bisa mengambil dan memainkan game tersebut terlepas dari berapa umur game tersebut.

Penggambaran Masih Sangat Rapi

Sejauh menyangkut gameplay dan kontrol, presentasi visual dan audio juga penting. Game, terutama yang 3D, menunjukkan usia mereka di beberapa bagian seiring berlalunya waktu. Tapi bagi Angry Birds, ini seperti permainan yang “awet muda” karena tidak pernah terlihat usang sama sekali. Masih terlihat segar, cerah dan enak dipandang. Keunggulan audio dan musik pun ditawarkan dengan baik dalam game Angry Birds ini.

Singkat cerita, Angry Birds masih sangat relevan meskipun banyak game terbaru yang dikeluarkan Rovio serta game pesaing lainnya yang ingin menggulingkannya. Anda dan anak-anak Anda mungkin juga masih suka dengan game ringan dan menghibur yang satu ini. Ada keasyikan tersendiri bila berhasil meruntuhkan bangunan dengan sekali tembak.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik, cara top up diamond dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Hakum
Seorang pecinta game dan suka menuliskan pengalaman dalam bermain.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Genre