GenreSimulation

Seni Bertahan Hidup dalam Game Fallout Shelter

Game mobile karya Bethesda Softworks ini pernah menghebohkan di awal kemunculannya. Game ini merupakan seri spinoff Saga Fallout yang sudah ada dari 1997 lampau. Seri terbarunya adalah Fallout Shelter. Fallout Shelter tersedia untuk Android dan juga iOS. Fallout Shelter kini bukan lagi mengusung konsep RPG namun simulasi.

Bermain Sebagai Overseer

Fallout Shelter menyuguhkan genre simulasi bertahan hidup dari rakyat Wasteland yang mesti saling bekerjasama untuk mencapai kesejahteraan dalam shelter. Mulai menjalankan Fallout Shelter, mungkin banyak pemain yang beranggapan jika ini adalah game simpel yang menyuguhkan visual ala kartun yang tak berlebihan. Akan tetapi, faktanya game ini bukan cuma game simulasi untuk bertahan hidup di dalam tempat perlindungan sementara.

Dalam game ini, pemain berperan menjadi Overseer yang dapat diartikan pengendali dalam suatu Vault atau shelter. Pemain mesti membawa para dwellers atau rakyat Wasteland untuk ditempatkan di Vault sebagai pekerja. Demikian itu tugas pemain Fallout Shelter dalam memimpin sejumlah dweller supaya mereka dapat survive dengan cara bekerja.

Tidak cuma itu, pemain Fallout Shelter juga perlu mendirikan banyak ruangan yang kegunaannya berbeda-beda. Nah, Vault atau shelter tersebut ternyata berdiri di atas sebuah tebing berukuran two-dimensional grid dimana saat diamati dengan zoom out terlihat layaknya rumah semut. Ruangan yang dibuat berukuran 1×3, dilengkapi elevator dengan ukuran 1×1. Ruangan 1×3 dalam shelter tersebut dapat diperluas sehingga ukurannya kini 1×6 atau 1×9. Pemain dapat memperluas ruangan hingga tiga kali dengan tujuan dapat menampung lebih banyak dweller yang bekerja.

Mata Uang Caps

Harus diperhatikan bahwa dalam membuat ruangan dalam Fallout Shelter pastinya tidak gratis. Betul, pemain mesti membeli dengan mata uang yang dinamakan Caps mengikuti harga yang dipatok untuk setiap ruangan. Pemain sebetulnya punya alternatif lain yaitu menggunakan bonus Lunchbox. Namun bisa juga dengan membayar menggunakan uang asli. Lunchbox itu berisi sejumlah kartu yang memberikan bonus senjata dan kostum serta tak jarang juga Caps.

Jenis-jenis ruangan yang dapat dibuat dalam Fallout Shelter yaitu : Living Quarters, Elevator, Power Generator, Water Treatment, Diner, Storage Room, Science Lab, Medbay, Radio Studio, Athletics Room, weight Room, Armory, Fitness Room, Classroom, Lounge, Game Room, Garden, Nuclear Reactor, Nuka-Cola Bottler dan  Water Purification . Setiap ruangan ada ketentuannya sendiri-sendiri mengenai jumlah dwellers yang dapat mengisi Vault untuk membangunnya.

Usai membuat ruangan dasar, pemain harus memeliharanya dengan indikator 3 bar meter yang terdiri dari water, power dan food. Sehingga, dweller tentu saja wajib bekerja supaya dapat memperoleh sumber daya untuk memenuhi bar meter tadi.

Proses Kawin

Dwellers yang tiba tak sekaligus dalam jumlah banyak. Pemain Fallout Shelter tentu bakal merasakan krisis sehingga memerlukan dweller dalam jumlah besar supaya dapat bekerja lebih cepat membangun ruangan. Salah satu keunikan Fallout Shelter yaitu pemain dapat mengawinkan dweller supaya menghasilkan keturunan. Anak yang dilahirkan tumbuh dengan cepat untuk kemudian dipekerjakan setelah dewasa. Cukup dengan mempertemukan dua dweller berbeda dalam Living Quarters untuk proses kawin.

Skill Dwellers

Pemain juga dapat memberangkatkan dweller menuju Wasteland supaya mendapatkan hal-hal baru. Caranya, ketuk lalu sapu dweller agar keluar Vault. Para dwellers yang dikirim tadi akan menemukan berbagai item unik yang berguna saat mereka pulang. Dweller dapat saja mati bila health meter kosong. Itu dialami bila dweller usai berkelahi dengan monster atau raiders yang ditemui di tengah jalan. Karena itu pemain dapat mengobati dweller menggunakan Stimpak.

Pemain Fallout Shelter juga dapat mengganti kostum maupun senjata sesuai ability yang dikuasai. Update kostum maupun senjata otomatis memperkuat skill dweller ketika bekerja maupun menghadapi musuh. Berbagai skill yang dikuasai dwellers yaitu Strength, Perception, Endurance, Charisma, Intelligence, Agility dan Luck yang disingkat S.P.E.C.I.A.L. Pemain akan sibuk dalam mengasah skill para dwellers agar lebih piawai.

Fallout Shelter adalah game simulasi yang menyenangkan namun juga menantang sebab pemain harus mampu untuk mengatur para dwellers akan bisa bertahan hidup. Pada akhirnya pemain yang sudah menyelesaikan Vault tahap akhir akan melihat begitu penuh sesaknya ruangan-ruangan yang ada dengan para dwellers. Biasanya pemain tak tahu lagi mesti mengerjakan apalagi.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik, cara top up diamond dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Hakum
Seorang pecinta game dan suka menuliskan pengalaman dalam bermain.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Genre