GenrePlatformPlaystationSport Game

PES 2021 PS4, Seri Perpisahan Sebelum ke PS5

Para penggemar game sepakbola di konsol PlayStation pasti sering memainkan game Pro Evolution Soccer (PES). PES menjadi game yang begitu populer dan hadir untuk berbagai platform perangkat. Setiap seri PES dihadirkan pasti mendapatkan sambutan antusias dari para gamer dari seluruh dunia. Dan kini Konami selaku publisher mengeluarkan seri terbaru, PES 2021 untuk PlayStation.

Seri PES Pamungkas

PES 2021 boleh jadi merupakan seri pamungkas PES untuk konsol PS4. Kehadiran konsol terbaru PS5 dipastikan pihak publisher berkonsentrasi mengembangkan PES untuk konsol generasi terbaru tersebut. Apabila diamati sepintas lalu, PES 2021 hampir sama dengan seri PES 2020. Itu dapat dilihat dari tampilan menu dan juga grafis yang disuguhkan. Konami sepertinya cuma meng-update sistem transfer pemain dan juga model jersey klub mengikuti nama yang ditambahkan, ialah Season Update.

Meski begitu ketika PES 2021 mulai dicoba, pemain akan mendapati beberapa perbedaan meskipun tak begitu mencolok. Mungkin sebagian pemain merasa jika tempo pertandingan bergerak lebih lamban. Ini mungkin akan menyebabkan beberapa gamer menjadi sedikit frustrasi. Begini juga ketika gamer harus melakukan operan bola maka mesti lebih berhati-hati sebab kemungkinan meleset lebih tinggi.

Gerakan Lebih Alami

Namun bila sudah mencobanya berulang kali, baru gamer dapat merasakan jika gameplay yang disuguhkan cukup menyenangkan dan alami. Justru bila menggunakan ritme lambat, sepertinya makin menyerupai permainan sepakbola sesungguhnya. Terlebih gerakan bola dalam PES 2021 ini memang benar-benar alami. Rute bola ketika pemain mengumpan mendatar, mengumpan melambung maupun ketika melakukan tendangan betul-betul terasa begitu realistis.

Gerakan pemain yang dihasilkan dalam PES 2021 ini juga makin pas dengan atraksi yang sesungguhnya. Umpamanya saja pemain dengan skill berkecepatan tinggi tentu tak serta merta ngacir ketika dikontrol, namun pergerakannya itu dimulai perlahan-lahan lalu bertahap meningkat sampai kecepatan paling puncak.

Pihak publisher menyatakan jika karakter pemain bintang sengaja dibuat betul-betul menyerupai kemampuan bintang lapangan sesungguhnya. Karakter pemain yang mempunyai skill hebat bisa menampilkan kemampuannya membuat porak-poranda daerah pertahanan lawan, sekalipun telah dihadang beberapa pemain back lawan. Salah satu karakter itu adalah Sergio Aguero, bintang yang satu ini bisa membuat gol meyakinkan kendati sudut tembakan terbatas.

Kelebihan dan Kekurangan

Keunggulan lain dari PES 2021 PS4 yang juga bisa dirasakan yaitu pemain akan makin responsif dan penjaga gawang makin piawai bila dibanding seri PES terdahulu. Juga terlihat dari transisi saat pemain melakukan serangan juga terasa makin responsif. Tak bisa dibantah jika gameplay yang dihadirkan PES 2021 memang betul-betul mengasyikkan, lebih-lebih untuk para gamer yang sering bermain seri PES ini.

Meski begitu, pastinya PES 2021 juga punya beberapa keterbatasan. Misalnya saja, lisensi klub yang kurang komplit, malah terlihat seadanya saja. Untuk masalah tersebut seri PES tetap saja di bawah game kompetitornya yaitu FIFA keluaran EA Sports. Meskipun memiliki lisensi dari sebagian klub sepakbola terkenal misalnya Bayern Munchen, Barcelona, Juventus, Arsenal, dan Manchester United akan tetapi untuk Inter Milan, AC Milan dan  Liverpool malah tidak ada. Jadi kostum maupun nama tim tak dicantumkan sesuai yang asli, tak terkecuali untuk desain stadion.

Kekurangan pun terasa dari ucapan komentator dalam pertandingan yang betul-betul monoton dan boleh dikatakan seragam untuk seluruh laga. Malah bila dibanding game PES seri sebelumnya pun sama. Berikutnya atraksi pemain ketika di lapangan juga terlihat beberapa keanehan. Adakalanya ketika gamer sedang seru menggerakkan satu pemain, tiba-tiba muncul pemain lain yang menghadang jalan yang akibatnya terjadi tabrakan. Kecuali itu, karakter wasit pun sepertinya makin peka, misalnya gerakan pemain yang tampaknya lumrah namun sering dianggap sebagai pelanggaran.

Di samping update gameplay, mode game dalam PES 2021 hampir sama saja. Misalnya mode Master League yang serupa dengan PES sebelumnya. Sementara mode myClub sudah diperbarui berdasarkan data transfer maupun statistik terbaru. Secara umum, PES 2021 adalah game sepakbola dengan tampilan mendekati nyata yang dapat dimainkan. Meskipun tak begitu berbeda dibanding PES 2020 namun masih diberikan sejumlah upgrade memikat. Game PES 2021 adalah seri terakhir untuk konsol PS4 dimana penerusnya nanti sudah berpindah ke konsol yang lebih canggih di PS5.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik, cara top up diamond dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Hakum
Seorang pecinta game dan suka menuliskan pengalaman dalam bermain.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Genre