GenrePlatformPlaystation

Crash Bandicoot 4: It’s About Time, Serunya Bermain Game PS Klasik

Crash Bandicoot tentunya cukup akrab bagi para gamer PlayStation. Game platformer 3D buatan Naughty Dog ini sangat booming kala masa PlayStation I. Sesudah itu keluar Crash Bandicoot N. Sane Trilogy, dan sekarang diluncurkan kelanjutan terbaru game ini dengan titel Crash Bandicoot 4: It’s About Time.

 

Cutscene Ciamik

Menjadi kelanjutan Crash Bandicoot: Warped, game ini tetap mengangkat petualangan Crash dan Coco yang kembali harus menghadapi Dr. Cortex dan N. Tropy yang hendak menguasai dunia berbekal pengendali ruang dan waktu. Kendati Crash dapat mengalahkan Dr. Cortex dalam seri sebelumnya, tetapi penjahat ini berhasil kabur dari penjara waktu karena ditolong Uka Uka dengan kekuatan sihirnya. Dr. Cortex dan N. Tropy pun kembali berambisi dengan cita-citanya dahulu. Alur cerita bukanlah tujuan utama dalam game Crash Bandicoot 4: It’s About Time ini. Namun Naughty Dog tetap menyuguhkan cutscene cerita ciamik dan juga begitu ekspresif serta disesaki berbagai adegan lucu yang cukup memberikan hiburan.

Gameplay Klasik

Crash Bandicoot 4: It’s About Time nyaris serupa dengan versi terdahulu dimana pengembang masih setia dengan gameplay platformer 3D yang telah begitu menjadi ciri khas game Crash Bandicoot. Tentu saja ada beberapa polesan di sana sini untuk menyempurnakan kualitasnya. Tampilan karakter dalam bentuk animasi terlihat begitu smooth, kendali gerakan pun makin responsif. Visual tampil dengan penuh warna yang sangat memanjakan mata. Berbagai elemen dari game terdahulu tetap dipertahankan. Alur cerita tiap level yang dimasuki pun masih serupa, di sini pemain mesti melalui beragam rintangan dengan musuh yang selalu menghadang, membersihkan crate serta mengoleksi Wumpa Fruit demi meraih skor puncak. Sesudah itu pemain bisa memasuki level yang lebih tinggi.

Permainan Menantang

Jadi dalam kisahnya pemain berperan menjadi Crash dan Coco. Kedua karakter ini punya skill yang sama ketika melakukan serangan menggunakan Spin Attack dan juga ketika melakukan sliding. Sistem kontrol yang sudah disempurnakan membuat gerakan karakter terlihat mulus dan responsif sehingga permainan pun cukup menantang. Pengembang pun masih menawarkan mekanisme lain sehingga sensasi bermain game platforming pun makin seru. Sistem itu dimunculkan melalui obyek yang dinamakan Quantum Mask. Tiap Quantum Mask membawa kekuatan khusus yang bisa difungsikan pemain misalnya membuat tipuan gravitasi, menukar keberadaan obyek, atau melambatkan berjalannya waktu. Tiap level dari Crash Bandicoot 4: It’s About Time menghadirkan bagian tersendiri dimana pemain cuma dapat melaluinya bila menggunakan energi Quantum Mask.

Pemain mungkin akan merasa sulit menggunakan Quantum Mask saat pertama kali, terlebih ketika mencoba memilih waktu yang tepat ketika akan mengeluarkan kekuatannya. Tetapi lama kelamaan tentu akan menjadi mahir mulai suka dengan mekanisme seru yang satu ini. Kebanyakan move set karakter dari Crash Bandicoot 4: It’s About Time terasa serupa dengan versi lama dan cuma diperbarui untuk sistem kontrol yang kini menjadi halus dan responsif. Tetapi adakalanya pemain menjumpai sejumlah bagian dimana dapat menggunakan gerakan wallruning ketika tak tersedia platform yang dapat dipijak.

Jika Crash Bandicoot versi lama menyajikan level kesulitan yang menantang maka untuk Crash Bandicoot 4: It’s About Time pun begitu. Gameplay platforming yang disuguhkan makin atraktif. Di samping desain atau set up tiap level yang disiapkan dengan beragamnya rintangan yang cukup susah, pemain pun kerap menghadapi kondisi yang mana kontrol karakter harus dilakukan dengan sempurna sekaligus juga mengeluarkan Quantum Mask pada waktu yang tepat.

Crash Bandicoot 4: It’s About Time pun menghadirkan level dimana ada alternate timeline sehingga pemain dapat memainkan karakter lain misalnya Dr. Neo Cortex, Tawna atau Dingodile. Tak seperti Crash dan Coco, tiap karakter yang ada dalam alternate timeline punya bermacam skill yang khas. Misalnya Dr. Neo Cortex yang bisa memanfaatkan Ray Gun untuk senjata dan juga mengubah tubuh musuh menjadi pijakan.

Banyak Level untuk Dimainkan

Kecuali keunggulan tampilan yang menyenangkan sampai gameplay makin kreatif dan atraktif, Crash Bandicoot 4: It’s About Time pun menyuguhkan lay out dari setiap level yang mempunyai detail memukau. Paling tidak tersedia 43 level normal yang dapat dituntaskan dimana tiap level itu menawarkan ciri khasnya misalnya keragaman rintangan, atmosfer sampai lawan yang mesti ditaklukkan. Karenanya sensasi bermain di tiap level pun akan berbeda.

Total level dalam game ini yang banyak adalah sesuatu yang cukup menyenangkan. Pemain  boleh bermain berulang kali untuk mencapai skor lebih tinggi sekaligus mengoleksi collectible yang lolos di permainan sebelumnya. Disediakan pula 21 level Flashback yang dapat dibuka dengan cara mengumpulkan Flashack Tape yang ada di berbagai level khusus.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik, cara top up diamond dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Hakum
Seorang pecinta game dan suka menuliskan pengalaman dalam bermain.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Genre