GenreSimulation

Metal Gear Solid V: The Phantom Pain, Game Stealth Android yang Nyaris Sempurna

Metal Gear Solid V

Review Metal Gear Solid V: The Phantom Pain. Seakan tak ada habisnya pilihan game Android terbaru yang bisa dimainkan. Macam genre pun bermacam-macam sesuai apa yang sedang diinginkan pemain. Metal Gear Solid V: The Phantom Pain adalah pilihan menarik untuk game Android dengan konsep tactical simulation. Inilah sebuah game seru yang sarat teka-teki kolosal serta dihiasi berbagai aksi drama kejepang-jepangan.

Maha Karya Hideo Kojima

Metal Gear Solid sebenarnya merupakan game yang sudah lama ada. Ketika itu di tahun 1987 Hideo Kojima meluncurkannya untuk program komputer. Sang legenda inilah yang memberikan sumbangan besar mengenalkan istilah stealth gaming. Kojima dalam game-game yang dibuatnya kerap menyuguhkan early game dengan konsep sinematik. Game Metal Gear Solid seri Guns of the Patriots adalah prestasi Kojima dengan menyabet dua rekor dunia sebagai longest cutscene in a game dengan durasi 27 menit, lalu rekor satunya lagi yaitu longest cutscene sequence dengan durasi 71 menit. Hanya saja untuk game Metal Gear Solid V: The Phantom Pain Android ini datang minus cutscene sebagaimana sebelumnya. Kendati begitu pemain tetap dapat menikmati sebuah game layaknya menyaksikan film.

Gameplay Sangat Menantang

Game Metal Gear Solid V: The Phantom Pain mengharuskan pemain berperan menjadi Big Boss dengan sepasukan cyclopean. Metal Gear Solid V: The Phantom Pain bersetting tempat perang berkepanjangan antara Soviet dan Afghanistan serta konflik sipil di Angola pada tahun 1984. Tema tersebut sudah dimunculkan dalam seri Metal Gear Solid: Peace Walker yang dirilis tahun 2010. Jadi pemain diserahi tugas mengomandoi prajurit bayaran yang didatangkan dari markas induknya berupa kapal induk baja yang berada di tengah samudera Hindia tak jauh dari kepulauan Seychelles. Misinya adalah melakukan eksekusi diam-diam musuh di zona perang Afghanistan maupun Angola berbatasan dengan Zaire.

Game Metal Gear Solid V: The Phantom Pain ini mengenai pasukan swasta yang membutuhkan untuk memimpin skuadron darinya. Jadi pemain bisa menempatkan pasukan yang dibawahinya ke wilayah konflik di kedua negara tersebut. Game ini seperti telah disebutkan, mengisahkan tentang Big Boss yang menyelesaikan misi sebagaimana sebuah serial televisi, menyusup diam-diam lalu dengan cepat keluar dari wilayah musuh baik itu berupa benteng persembunyian di ketinggian pegunungan maupun di kota ibukota kuno. Tugas yang diemban yakni mencari data intelejen, membebaskan sandera atau menghabisi siapa saja, didasarkan pada misi operasi yang diberikan.

Metal Gear Solid V: The Phantom Pain memang sebuah game yang benar-benar seru. Misalnya saja pemain dengan pasukannya harus masuk ke sebuah benteng persembunyian yang berdiri di tepi tebing gunung ditambah level penjagaan yang rapat. Di sana juga dipenuhi lampu sorot di mana-mana, kamera pengawas di berbagai titik, moncong meriam anti pesawat yang siap ditembakkan, kawat berduri mengintari, senapan mesin, pos penjagaan, lorong-lorong sempit bak labirin, kapal perang yang dilengkapi senjata berat, serta pasukan robot dengan senjata di tangan ditambah penjagaan pasukan hyperware.

Kendati begitu, beberapa pilihan dapat diambil, misalnya bersabar sampai badai pasir melanda. Bisa pula menyerbu seketika menggunakan peluncur roket kemudian merebut pesawat tempur yang ada di hangar helipad. Pemain pun dapat menemukan pasokan listrik lalu menyabotasenya guna mematikan kamera pengawas serta lampu sorot. Pilihan lain adalah mengacak sinyal komunikasi musuh agar tak dapat mengontak markas pusat.

Konsep dan alur dari game ini sungguh mengesankan. Metal Gear Solid V: The Phantom Pain memang sangat sulit diperkirakan. Kendati lawan menggunakan alur yang serupa sebagaimana versi sebelumnya, akan tetapi sekarang musuh makin cerdik dan lebih cakap bekerjasama. Bilamana pemain terdeteksi, otomatis pihak lawan langsung menuju titik tersebut lalu menyebar dalam menemukan jalur yang dilintasi. Di malam hari pihak lawan pun membekali diri dengan night vision lalu sudah pula mengenakan helm logam yang mengakibatkan aksi headshot sulit dilakukan.

Sarat Fitur Seru

Dalam Metal Gear Solid V: The Phantom Pain, misi pemain sebagai Big Boss seringnya Solo. Hanya saja selanjutnya pemain akan memperoleh kesempatan menjalankan Buddy System. Menunggang Diamond Horse yang akan memudahkan bergerak ke kawasan yang luas secara cepat. Pemain pun bisa menyuruh Diamond Dog agar mengendus keberadaan harta yang tersembunyi. Pemain pun dapat mengendalikan Walker gear agar memperoleh kekuatan sekaligus perlindungan dari mech. Bekerjasama dengan sniper Quiet ketika ingin menghabisi musuh dari jarak jauh.

Metal Gear Solid 5: The Phantom Pain menjadi pilihan game dengan konsep stealth yang belum ada tandingannya. Game ini memang buatan maestro game kelas dunia ditambah tim yang benar-benar artistik. Game ini adalah sedikit diantara game terbaik yang nyaris sempurna yang tentu saja sangat sayang apabila dilewatkan begitu saja.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik, cara top up diamond dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Ronita Lie
Seorang pecinta game dan suka menuliskan pengalaman dalam bermain.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Genre