PlaystationPlatformReview

Review Spider-Man: Miles Morales, Game Seru untuk PS4/PS5

Review game Spider-Man: Miles Morales. Salah satu game Sony yang paling berkesan di tahun 2018 adalah Marvel’s Spider-Man di PS4. Game ini sangat mirip dengan seri Batman Arkham. Dan kini hadir Marvel’s Spider-Man: Miles Morales sebagai game untuk perangkat PS5. Spider-Man dan Sony PlayStation memiliki hubungan yang lama. Saat PlayStation 3 dirilis, bersamaan pula dengan trilogi pertama film Spider-Man diputar di bioskop.
Spider-Man
Spider-Man

Hubungan yang begitu dalam antara lain karena Spider-Man hingga saat ini memiliki posisi yang luar biasa dari para superhero Marvel. Sony telah memperoleh hak atas Spider-Man sejak lama. Alhasil, superhero tersebut tidak pernah bisa ditemukan di film-film Marvel lainnya. Namun itu berhenti ketika Sony mulai memproduksi film Spider-Man: Homecoming. Sony meminta Marvel untuk membuat film dengan superhero itu sendiri. Itu hanya diizinkan jika Sony tidak menjalankan produksi lain dengan aktor Spider-Man Tom Holland.

Hasilnya, dua film Sony Pictures terakhir benar-benar sangat berbeda. Yakni Venom, di mana sang anti-hero Venom memainkan peran utama (dan Spider-Man tidak terlihat sedetik pun) dan film animasi Spider-Man Into the Spiderverse. Itu adalah seri kartun dimana muncul Miles Morales, setelah berbagai alam semesta bertabrakan. Namun Miles Morales pun sempat muncul di game sebelumnya.

Alur Cerita

Sama seperti Spider-Man Marvel, Marvel’s Spider-Man: Miles Morales adalah tentang ceritanya. Miles Morales telah berguru kepada Peter Parker selama beberapa waktu. Dia pun mulai sangat gesit sebagai pengganti Spider-Man yang hebat. Bahkan, Miles juga benar-benar mulai mengembangkan jurusnya sendiri, selain hampir semua jurus Peter Parker telah dikuasainya. Miles Morales mempunyai skill memanfaatkan jaring dalam berayun, menyerang musuh, merangkak maupun berlari di tembok, Venom Blast (keahlian dalam melumpuhkan lawan menggunakan bio-listrik, dan mengisi atau menguras elektronik), Kamuflase (tembus pandang sementara), dan Mega Venom Blast (kekuatan untuk menyerang beberapa musuh terdekat dengan ledakan besar bio-listrik).

Jurus lain, misalnya Venom Dash dan Venom Jump, akan terbuka kuncinya baik selama cerita berjalan atau melalui skill tree. Miles pun punya akses ke gadget unik andalannya yaitu Remote Mines yang bisa menempel ke musuh. Juga senata panel listrik, perangkat yang dapat memanggil pejuang holografik untuk membantunya dalam pertempuran, serta Gravity Wells yang dapat menjebak banyak musuh dan membuatnya lebih mudah untuk diserang. Hal itu tentu sangat menarik untuk segera memainkannya setelah game pendahulunya. Game yang dibangun jauh lebih bervariasi. Misalnya markas musuh dibuat dengan pendekatan yang jauh lebih unik. Mereka juga memiliki ceritanya sendiri yang bisa dimainkan.

Gameplay

Karena Miles Morales langsung mendapatkan berbagai jurus yang hebat, rasanya pemain tidak perlu memulai untuk mengenal karakter yang dimainkan. Namun pengembang Insomniac tidak berhenti di situ. Sistem pertarungan telah disempurnakan. Ini membuatnya lebih mudah untuk melakukan kombo dan membangun gerakan terakhir dengan kombo tersebut. Di game sebelumnya pemain harus membuat pilihan selama pertempuran. Hal ini membuat pertarungan dalam game menjadi lebih alami dan menyenangkan. Dan yang pasti tantangan yang diberikan akan membuat pemain untuk terus memainkannya.

Untuk mendapatkan lebih banyak variasi dalam permainan, pemain dapat mengumpulkan kostum baru. Setiap setelan kostum akan memberikan tambahan baru yang membuat game sedikit lebih menarik. Variasinya sangat bagus sehingga pemain benar-benar tertarik untuk mengumpulkan dan mencoba semua setelan kostum yang ditawarkan. Sejumlah setelan kostum bahkan mengubah gaya grafis game ini seperti yang terlihat dalam film Into the Spiderverse.

Pengalaman PlayStation 5

Di PlayStation 5, pemain dapat memainkan Marvel’s Spider-Man: Miles Morales dalam dua mode grafis. Yakni dalam mode Fidelity with Ray Tracing atau mode performance. Yang terakhir memberikan grafik yang paling indah, tetapi membuat perangkat keras konsol harus bekerja sangat keras. Sony kemudian tidak hanya mengalahkan PlayStation 4 dalam grafis, tetapi juga dalam hal menghasilkan suara. Mode kinerja kurang indah, tetapi menyediakan kecepatan frame rate 4K yang cepat.

Hal lain yang sangat menyenangkan adalah seberapa cepat permainan dapat diload. Itu berkat NVME SSD dari PlayStation 5. NVME merupakan inovasi terbaru di bidang storage dengan mengaplikasikan utilitas PCIe 3.0 sebagaimana digunakan di kartu grafis. Kecepatan proses SSD NVME beribu-ribu kali lebih cepat dibanding SSD biasa. Controller Dual Sense juga didukung dengan sangat baik oleh Insomniac. Pemicu adaptif bekerja sangat baik saat pemain berayun di kota-kota dan memberi kontrol yang tepat yang dicari dalam permainan.

Apakah Anda suka bermain sebagai pahlawan super di dunia terbuka yang fantastis? Sudah tepat jika memilih Marvel’s Spider-Man: Miles Morales. Bahkan jika Anda termasuk 99% yang masih tidak bisa membeli PlayStation 5. Judul game ini dapat dimainkan di konsol PS4. Mengingat gameplaynya sangat luar biasa, Anda tidak punya alasan untuk menunggu sampai PS5 terbeli. Selamat bermain!

What's your reaction?

Excited
1
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Hakum
Seorang pecinta game dan suka menuliskan pengalaman dalam bermain.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Playstation