Tips & Trick

Tips Rahasia PS4 untuk Pemula

ps4
Anda memang memiliki PlayStation 4 di rumah namun boleh jadi belum sempat mencoba atau mengetahui semua fitur yang dibawanya. Simak beberapa tips penting berikut untuk membuat penggunaan konsol game Anda lebih menyenangkan dan lebih seru.

Gunakan Keyboard dan Mouse

Ini sangat berguna jika Anda menjelajahi internet. Controller bawaan mungkin sangat tidak praktis. Tak diberikannya keyboard dan mouse di PS4 karena kebanyakan perangkat ini tidak memerlukan konfigurasi. Anda dapat dengan mudah menghubungkan keyboard dan mouse Anda ke PlayStation 4 dengan kabel atau melalui Bluetooth. Beberapa game mendukung keyboard dan mouse, meski kebanyakan tidak. Namun tak ada salahnya dicoba untuk menemukan sensasi lain kendali permainan dengan keyboard dan mouse layaknya di komputer.

Mengirim Pesan Melalui Ponsel

Sony telah mengembangkan sejumlah aplikasi untuk Android dan iOS yang memungkinkan Anda mengirim pesan melalui Hp di PlayStation. Ini sangat berguna jika Anda tidak ingin membuka ponsel saat bermain game. Anda bahkan dapat mengirim pesan tanpa mengaktifkan konsol. Ini tentu fitur yang sangat berguna. Untuk melakukan ini, buka pengaturan di aplikasi. Kemudian pilih “PlayStation App Connection” dan tambahkan perangkat ke PS4 Anda. Setelah itu, hubungkan ke PS4 Anda dan buka layar kedua melalui aplikasi.

Nyalakan Perintah Suara

Apakah Anda pernah berbicara dengan PS4? Tidak? Fitur ini pun sangat berguna. Anda dapat mengontrol PS4 dengan suara Anda. Dalam dunia teknologi saat ini hal tersebut tentu sudah tidak asing lagi. Dengan membuka Pengaturan lalu buka Sistem, Anda dapat menavigasi ke Pengaturan untuk kontrol suara.

Amankan Game di Flashdisk

Sangat berguna menyimpan hasil game yang Anda raih di flashdisk, Anda dapat mengambilnya kembali bila melakukan pembaruan atau terjadi crash. Melalui  menu Pengaturan silahkan pilih menu Manajemen data aplikasi yang disimpan. Kemudian dengan membuka Data tersimpan di penyimpanan sistem Anda dapat mentransfer tangkapan layar, hasil yang dicapai, dan lainnya ke flashdisk.

Mainkan Berbagai Media di Konsol Game

Anda dapat memutar file media jika Anda menghubungkan PS4 ke flashdisk atau hard drive eksternal. Tetapi pertama-tama pastikan bahwa media  penyimpanan itu sudah diformat dalam tipe FAT31. Selain itu, anda pun sudah mengatur file-file tersebut ke dalam folder dan disimpan dengan codec yang benar. File dalam MKV, AVI, MP4, JPEG, BMP, MP3, dan AAC semuanya didukung.

Lindungi Anak Anda dari Konten yang Tidak Diinginkan

Jika ingin mengontrol apa yang anak Anda lihat atau tidak boleh dilihat di PS4, fitur blok akan berguna. Anda dapat melakukannya dengan dua cara. Yang pertama adalah dengan membatasi fungsi. Untuk melakukan ini, buka menu Kontrol Orang Tua melalui Pengaturan. Kemudian pilih menu Batasi Penggunaan Fitur PS4. Anda harus memasukkan kode akses untuk ini. Kode defaultnya yaitu 0000. Cara kedua adalah dengan membuat sub pengelolaan akun. Untuk melakukannya, Anda perlu membuka menu Manajemen Sub Akun di dalam menu Kontrol Orang Tua. Kemudian ikuti langkah-langkah untuk membuat akun baru. Dengan cara ini Anda dapat memblokir film dan game yang tidak boleh dilihat anak-anak.

Mainkan Game di Mac atau Windows

Jika koneksi internet Anda cukup cepat, dimungkinkan untuk bermain di komputer Mac atau Windows di PS4. Untuk melakukannya, buka link berikut https://remoteplay.dl.playstation.net/remoteplay/lang/en/index.html lalu pilih program yang tepat untuk perangkat Anda. Pada PS4, masuk ke menu Pengaturan kemudian pilih Connection Settings for Remote Play dan selanjutnya menu Tambahkan Perangkat. Lalu masukkan kode yang ditampilkan pada sistem PS4. Tahap berikutnya yaitu memilih menu Enable Remote Play di dalam menu Connection Settings for Remote Play. Sekarang Anda dapat mengaktifkan PS4 Anda dan memainkan game di Mac atau Windows.

Ambil Screenshot Lebih Cepat

Apakah Anda ingin mengambil screenshot lebih cepat? Itu bisa dilakukan dalam sekejap mata. Anda hanya perlu mengedit shortcut tombol Share pada controller. Tekan tombol Share kemudian tekan tombol “Options”. Di sini Anda dapat mengatur shortcut mana untuk mengambil tangkapan layar. Anda dapat mengaturnya untuk mengambil screenshot dengan satu ketukan tombol share. Dengan begitu, Anda tidak perlu melakukan apa pun untuk mengambil screenshot ketika memainkan game.

Gelapkan Lampu DualShock 4

Lampu pada DualShock 4 tak bisa dimatikan sepenuhnya. Masuk akal, sebab bila lampu mati maka kamera tidak dapat mengenali controller yang digunakan. Tapi Anda bisa meredupkan cahaya tersebut. Tekan dan tahan tombol PS pada controller Anda kemudian ketuk “Sound and Screen” dari  menu Pengaturan. Lalu Anda dapat mengatur intensitas cahaya sesuai keinginan Anda melalui opsi yang tersedia.

Sebagai seorang gamer berpengalaman, Anda mungkin telah mengetahui beberapa tips dan trik di atas. Namun jika Anda seorang pemula, hal-hal tadi tentu akan sangat bermanfaat yang akan menambah seru permainan di PS4. Silahkan dicoba dan selamat bermain.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Hakum
Seorang pecinta game dan suka menuliskan pengalaman dalam bermain.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Tips & Trick