News

Google Stadia, Bermain Game 4K Tanpa Lag

Google Stadia
Google Stadia akhirnya tersedia. Google Stadia adalah layanan baru Google. Secara teori, Stadia punya potensi yang sangat besar di industri game dunia. Google Stadia merupakan layanan streaming game yang sepenuhnya baru. Ini pastinya menjadi berita menggembirakan bagi para gamer di seluruh dunia. Lalu game apa yang ada disana?

Mengenal Google Stadia

Bagi yang belum pernah mendengar, Stadia adalah layanan streaming baru dari Google untuk game. Melalui Stadia Anda tidak lagi bermain di PC atau di konsol, tetapi langsung di layar pilihan Anda. Dengan layanan streaming dari Google ini, Anda dapat memainkan game di TV atau smartphone Anda, tanpa perlu PlayStation atau Xbox yang mahal. Misalnya memainkan Assassin’s Creed terbaru di browser dalam format 4K dengan tidak kurang dari 60 frame per detik. Yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet yang cepat. Menurut Google, kecepatan 35 hingga 40 Mbps sudah cukup untuk tampilan layar 4K.
Dengan Stadia, Anda bermain game melalui server Google.
Perusahaan ini memiliki pusat data di seluruh dunia, diisi dengan perangkat keras terbaik. Jika Anda ingin memainkan sebuah game, Anda harus terhubung ke server yang berisi game-game tersebut. Kemudian pada intinya Anda menerima streaming langsung dari game pilihan Anda, yang dapat dimainkan seperti game lainnya.
Stadia lebih kuat dari konsol game saat ini. Anda dapat memainkan game dengan resolusi 4K di TV Anda, dengan 60 frame per detik. Penundaannya minimal, yang berarti Anda dapat memainkan game dengan kualitas gambar setinggi mungkin. Anda memang membutuhkan koneksi internet yang stabil untuk itu seperti disebutkan di atas. Bahkan jika Anda seorang gamer dengan banyak konsol tersambung ke televisi, Stadia menawarkan kelebihannya. Dengan layanan streaming terbaru ini, Anda selalu dapat menikmati game favorit. Karena Anda bermain sepenuhnya online, Anda bisa melompat ke game dalam hitungan detik.
Tak ada lagi hambatan sama sekali. Layanan streaming akan berfungsi pada perangkat apa pun yang mendukung YouTube. Anda bermain melalui tab di Chrome di laptop atau komputer desktop Anda. Atau Anda menggunakan aplikasi Stadia di smartphone atau tablet Anda, tetapi aplikasi tersebut hanya berfungsi di sejumlah perangkat tertentu.
Perangkat yang mendukung Google Stadia adalah : Pixel 2 (XL), Pixel 3 (XL), Pixel 3a (XL), Pixel 4 (XL), Samsung Galaxy S8 (Plus), Samsung Galaxy Note 8, Samsung Galaxy S9 (Plus), Samsung Galaxy Note 9, Samsung Galaxy S10 (Plus), Samsung Galaxy Note 10 (Plus), Samsung Galaxy S20 (Plus/Ultra), Asus ROG Phone, Asus ROG Phone 2, Razer Phone, dan Razer Phone II. Meskipun kualitas gambar tertinggi saat ini hanya sampai 4K, Google berencana meningkatkannya ke 8K dan 120 bingkai per detik akan dimungkinkan. Belum diketahui kapan Google akan merilis dukungan tersebut.

Game Game yang Tersedia

Google Stadia menyediakan berbagai game untuk dimainkan. Game yang tersedia saat ini antara lain : Destiny 2, Mortal Kombat 11 dan Red Dead Redemption 2. Yang lainnya seperti Assassin’s Creed Odyssey, Doom, Metro Exodus dan  Borderlands 3. Google juga menjanjikan bahwa lebih dari 120 game akan tersedia pada tahun 2020.

Mainkan dengan Controller

Jika Anda bermain game di PC, Anda menggunakan mouse dan keyboard sendiri. Namun, jika Anda ingin memainkan game di TV, gunakan controller Stadia khusus dan Chromecast. Controller Stadia dari Google dijual seharga Rp.980 ribu. Controller tersebut terkoneksi langsung ke server Google via jaringan WiFi rumah Anda, sehingga Anda dapat bermain dengan sedikit lag. Jika Anda menggunakan Stadia di smartphone atau laptop, Anda juga dapat menghubungkan controller lain ke perangkat Anda. Misalnya PlayStation DualShock dari Sony.
Anda pun membutuhkan internet yang stabil seperti telah disebutkan di atas. Kecepatan minimum yang disarankan adalah 10 Mbps.
Tetapi jika Anda ingin bermain dalam resolusi 4K, Anda membutuhkan setidaknya 35 Mbps. Itu membuat perbedaan biaya yang signifikan, karena konsol dan tentunya PC game harganya cukup mahal. Hal ini pun membuat Stadia menarik bagi para gamer dengan bujet terbatas.

Tidak Ada Pembaruan dan Langsung Mainkan

Memperbarui game juga tidak lagi diperlukan dengan Stadia. Dengan menekan satu tombol dan Anda langsung memulai. Misalnya, YouTube memberi Anda opsi untuk memainkan game yang Anda tonton videonya saat itu. Di jendela baru Anda dapat memainkan game yang baru saja Anda tonton. Anda bahkan memainkan level yang sama seperti di video jika Anda mau. Seperti Netflix, Spotify dan layanan streaming lainnya, Anda tak membutuhkan media fisik untuk mengakses game Anda.
Jalankan Stadia dan Anda bisa langsung mulai bermain tanpa menunggu download. Anda dapat melakukan streaming game secara gratis melalui Google Stadia, tetapi Anda harus membeli game tersebut sekali. Anda dapat melakukan streaming game dalam resolusi maksimum 1080p dan suaranya dalam stereo.
Sebagai anggota Pro Google Stadia, Anda membayar 10 euro per bulan. Ini memungkinkan Anda memainkan game dalam resolusi 4K dengan 60 frame per detik. Soundtracknya adalah varian 5.1, jadi Anda dapat menikmati semua aksi dalam game dengan lebih baik.Sebagai anggota yang membayar, Anda mendapatkan akses gratis ke game. Biasanya dua game ditawarkan setiap bulan yang bisa diklaim. Setelah sebulan berakhir, game tidak lagi dapat diklaim secara gratis.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Hakum
Seorang pecinta game dan suka menuliskan pengalaman dalam bermain.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:News