XBox

10 Permasalahan di Xbox Series X S dan Cara Mengatasinya

Xbox Series

Hai Vicigers! Kamu sudah tahu belum kalo Xbox Series X merupakan konsol next-gen milik Microsoft yang kini telah resmi dirilis secara global di seluruh dunia loh. Mengusung spesifikasi sedikit lebih tinggi ketimbang PS5, Xbox Series X ternyata juga tidak luput dari berbagai masalah. Yup, hal ini sangat wajar ya Vicigers karena barang elektronik pasti selalu memiliki masalah, apapun itu. Apalagi Xbox Series X merupakan konsol next-gen generasi pertama yang memiliki banyak kemungkinan masalah.

VCGamers telah merangkum beberapa masalah yang ditemukan pada Xbox Series X dan bagaimana cara mengatasinya. Kita simak sama sama ya!

1. Tidak Ada Aplikasi EA Play di Xbox Series X dan S

Pada beberapa penjualan Xbox Series X dan S, Microsoft telah bekerja sama dengan pihak EA untuk menghadirkan masa trial EA Play selama 10 jam, di mana pengguna dapat mengklaim dan memainkan game-game populer EA, seperti FIFA 21 atau Madden 21 pada Xbox Series X dan S.

Namun, hmm tapi beberapa pengguna tidak menemukan apliaksi EA Play pada konsol Xbox Series X dan S miliknya. Untuk mengatasi masalah ini, pengguna dapat menuju ke “Store” dan “Search” untuk mencari game EA yang ingin dimainkan, selanjutnya klik tombol “Free Trial with EA Play” pada deskripsi game tersebut. Untuk mengakses seluruh EA Play Library, pengguna dapat menuju ke “My Games & App >> Full Library >> EA Play”.

2. Bunyi Pada Disc Tray

Masalah pada Xbox Series X yang viral di Twitter adalah masalah bunyi berisik pada Xbox Series X yang dihasilkan pada perangkat disc tray konsol tersebut. Masalah itu diunggah oleh akun Twitter @Rwillows yang memperlihatkan kalau konsol Xbox Series X miliknya mengeluarkan suara berisik seperti sebuah senjata senapan mesin.

Sayangnya, untuk masalah ini belum ada solusi untuk memperbaikinya. Sehingga cara terbaik untuk menghilangkan masalah suara berisik ini kamu hanya dapat menghubungi layanan pelanggan Xbox untuk cara menanggulangi masalah tersebut.

3. DVD dan Blue-ray Tidak Terbaca

Beberapa pengguna Xbox Series X sempat melaporkan adanya masalah ketika memasukan DVD atau Blue-ray ke konsol Xbox Series X miliknya. Tapi konsol tersebut tidak merespon dan hanya menampilkan gambar gelap pada layar. Untuk mengatasi hal ini, pengguna dapat mengeluarkan kembali DVD dan Blue-ray tersebut dari konsol, lalu restart konsol Xbox Series X, lalu masukan kembali DVD dan Blue-ray tersebut.

Selain itu, bila pengguna tidak sengaja memasukan disc game lain pada Xbox Series X tapi malah tersangkut di dalam. Solusinya, pengguna dapat menekan tombol yang berada di bagian lubang kecil pada area tatakan berbentuk bulat di konsol tersebut. Pengguna dapat menekan tombol dengan menggunakan sim-tray ejector dari smarthone atau menggunakan paper clip.

4. Controller Xbox Wireless Tidak Dapat Terhubung dengan Windows 10

Setiap pembelian Xbox Series X atau S, pengguna akan mendapatkan sebuah controller Xbox Wireless baru. Hampir sama dengan seperti controller Xbox generasi sebelumnya, controller Xbox Series X ini juga dapat dihubungkan dengan PC atau laptop lewat konektivitas via Bluetooth atau kabel.

Namun, ada beberapa masalah ditemukan kalau controller Xbox Wireless baru tersebut tidak dapat terhubung dengan PC atau laptop. Untuk mengatasi masalah ini, pengguna dapat meng-update Windows 10 lebih dulu dengan menuju ke “Settings > Update & Security > Windows Update > Check for Updates on your Windows 10 PC”. Setelah Windows 10 mendapatkan update, maka secara otomatis controller tersebut dapat terhubung dengan PC.

5. Visual Tidak Muncul Pada TV Bersolusi 4K/120 Hz

Permasalahan berikutnya ketika pengguna menggunakan TV yang telah mendukung resolusi 4K dengan 120 Hz serta memiliki HDMI VRR, maka terdapat masalah ketika disandingkan dengan Xbox Series X sehingga tidak memunculkan visual apapun atau terjadi distorsi.

Hal ini karena televisi yang digunakan belum memiliki firmware terbaru, sehingga pengguna harus memperbarui firmware pada televisi agar Xbox Series X berjalan dengan baik pada resolusi 4K dan 120 Hz.

Masalah ini sering ditemukan pada televisi bermerek Samsung dan LG. Untuk melakukan update firmware, pengguna dapat mengunjungi situs resmi atau menghubungi layanan pelanggan dari kedua merek tersebut.

6. Error Ketika Menjalankan Game

Beberapa pengguna juga melaporkan ada terjadi error bertuliskan “Something went wrong. 0x800708a” ketika menjalankan beberapa game dari Xbox One pada Xbox Series X atau S setelah memperbarui konten secara otomatis.

Untuk menyelesaikan masalah ini, pengguna dapat menyelesaikannya dengan me-reset konsol Xbox Series X dan S. Untuk melakukannya, pengguna dapat menunju ke “Settings > System > Console info > Reset console > Reset and Keep My Games & Apps”. Pengguna juga dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan menghapus konten pada game tersebut dan mengunduh ulang melalui menu My Games & Apps atau Xbox Games Store.

7. Mikrofon Headset Bermasalah

Masalah lain yang ditemukan adalah ketika menggunakan mikrofon dari headset pihak ketiga ketika menghubungkannya pada controller Xbox Wireless baru. Fitur mikrofon dari headset tersebut tidak berfungsi dan tidak digunakan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka pastikan pengguna telah menghubungkan headset tersebut pada port jack audio 3.5mm pada controller Xbox Wireless. Setelah itu, pengguna dapat mengatur mikrofon tersebut pada pengaturan Xbox Audio Mixer, dengan menuju ke Guide > Audio.

8. Masalah Xbox 360 Backwards Compability

Masalah berikutnya terjadi pada fitur backwards compabilty di Xbox Series X dan S, di mana ketika pengguna menjalankan game Xbox 360 tapi tiba-tiba justru kembali ketampilan ke dashboard Home. Untuk mengatasi masalah ini, pengguna dapat membersihkan storage dari Xbox 360 dengan menuju ke Settings > System > Storage > Clear local Xbox 360 storage.

9. Masalah Konektivitas Wi-Fi

Beberapa pengguna melaporkan bahwa adanya masalah ketika menghubungkan konektivitas nirkabel pada router. Namun, masalah tersebut terjadi pada router jenis tertentu, seperti pada FRITZ!Box 7430. Di mana Xbox Series X tidak dapat terhubung dengan router tersebut. Untuk mengatasinya, pengguna bisa menghubungkan jarinangan lewat kabel LAN atau menggunakan konektivitas dari router yang lain. Saat ini tim dari Microsoft masih menginvestigasi permasalahan tersebut.

10. Xbox Series X Mati Ketika Menjalankan Game

Hampir sama seperti permasalahan yang terjadi pada PS5, Xbox Series X dan S juga mengalami mati sendiri ketika hendak menjalankan game. Dilaporkan bahwa beberapa pengguna mengalami hal yang sama ketika akan memainkan game, seperti Call of Duty: Black Ops Cold War. Xbox Series X akan mengalami masalah ketika menjalankan game FPS milik Activision tersebut.

Sayangnya, pihak Microsoft belum memberikan informasi mengenai cara mengatasi permasalahan mati secara tiba-tiba tersebut. Tapi pengguna dapat melakukan reset pada Xbox Series X dan S dengan menuju ke Settings > Profile & System > System > Console info >> Reset console, selanjutnya kamu bisa pilih tombol Reset and Remove Everything untuk mengembalikan Xbox Series X atau S kembali ke pengaturan pabrik.

Nah itu dia beberapa permasalahan yang terjadi pada Xbox Series X dan S serta cara mengatasinya. Vicigers masih tertarik untuk membeli Xbox Series X dan S?

Nantikan terus informasi terupdate seputar game hanya di VCGamers. Supaya kamu tidak ketinggalan berita, kamu bisa follow akun Instagram dan Facebook VCGamers ya!

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Wulan Sari
Seorang pecinta game dan suka menuliskan pengalaman dalam bermain.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:XBox