Tips & Trick

Bermain Game Android Makin Asyik dengan Perangkat Tambahan Ini

Bermain Game Android Makin Asyik dengan Perangkat Tambahan Ini
Setiap gamer tentu saja berbeda dalam hal pilihannya. Mereka berbeda terutama dalam pilihan platform misalnya konsol, PC, laptop, atau game seluler (smartphone atau tablet).Dengan hadirnya smartphone dan tablet yang canggih, semakin banyak pula yang mulai beralih ke game mobile. Agar pengalaman bermain maksimal, berbagai aksesoris pendukung berikut tak boleh ditinggalkan.
Bermain Game Android Makin Asyik dengan Perangkat Tambahan Ini

Dalam memainkan game mobile, ada banyak perangkat tambahan yang bisa digunakan mulai dari controller, gamepad, headset dan masih banyak lagi. Sedikit kilas balik ke belakang, NVIDIA merilis chip Tegra untuk pasar ponsel pada akhir 2010. Chip ini memiliki modul grafis yang lebih baik daripada kebanyakan smartphone dan tablet saat itu. Hal tersebut membuat smartphone jauh lebih cocok untuk menjalankan game yang lebih berat.

Pada tahun 2014, jajaran chip Tegra digantikan oleh NVIDIA Shield Portable. Controller layar berbasis Android tersebut menjadi langkah pertama NVIDIA menuju solusi sebenarnya untuk para gamer seluler. Tak lama kemudian, NVIDIA merilis tablet berukuran 8 inci yang benar-benar fokus untuk memainkan game mobile berkualitas konsol / PC. Tidak dapat menemukan game untuk tablet? NVIDIA pun memberi opsi untuk streaming game dari PC / laptop ke tablet asalkan pengguna memiliki kartu grafis yang mendukung.

Produsen tablet kebanyakan juga semakin banyak memproduksi tablet khusus untuk gaming dengan ragam harga sesuai spesifikasi yang diusungnya. Namun bila anda tak ingin menghabiskan banyak uang untuk bermain game di ponsel, ada juga solusi untuk itu. Ada berbagai perangkat controller yang dapat mengubah ponsel cerdas Anda menjadi sebuah instalasi game yang lengkap. Misalnya, Anda dapat membeli gamepad seluler atau pengontrol Bluetooth dengan harga murah. Tentu bukan itu saja, daftar perangkat tambahan berikut akan membuat aktifitas bermain game makin asyik :

1. Powerbank

Powerbank sangat berguna saat bepergian. Jika Anda menghabiskan banyak waktu di kereta api dan suka menghabiskan waktu dengan bermain game, Anda pasti akan mengalami smartphone atau tablet Anda cepat habis daya baterainya. Dan tidak selalu ada stopkontak di dekat kereta. Dengan memiliki power bank maka akan memastikan bahwa Anda dapat mengisi daya saat bepergian. Pilihlah power bank berkapasitas tinggi jika Anda menggunakan tablet, misalnya yang memiliki daya lebih dari 10.000 mAh).

2. Headset game

Headset game sangat diperlukan jika Anda sering bermain game. Headset gaming tersedia dalam banyak varian, tetapi perbedaan utamanya adalah tipe nirkabel atau yang menggunakan kabel. Jika Anda sering berpindah-pindah selama bermain game atau suka berjalan mondar-mandir ke dapur membuat kopi misalnya maka tipe nirkabel akan lebih berguna. Namun headset tipe kabel lebih nyaman karena mampu menghasilkan kecepatan transfer audio yang benar-benar berbeda dibanding tipe wireless.

Menggunakan tipe nirkabel Anda terkadang mengalami “lag” dan tentu saja Anda tidak ingin melewatkan apapun saat memainkan game. Perangkat Headset sangat diperlukan untuk menunjang bermain game seluler. Agar tidak mengganggu orang lain selama bermain game, anda dapat memilih headset dengan sound box tertutup, agar tidak ada suara yang bocor ke sekeliling. Dengan begitu hanya Anda satu-satunya yang mendengar suara yang dihasilkan game yang sedang anda mainkan.

3. Keyboard dan mouse

Keyboard yang bagus sangat diperlukan saat bermain game dan mouse yang cepat dengan banyak tombol tentunya juga lumayan. Jika kecepatan memang penting, pilih keyboard mekanis. Juga bagus berbagai tipe keyboard yang mampu memancarkan cahaya dalam warna berbeda, yang dapat Anda atur sendiri. Ketika kecepatan sangat penting dalam sebuah game, pilih mouse dengan tombol yang dapat diprogram untuk saat Anda ingin menjalankan berbagai perintah dengan cepat.

Perhatikan baik-baik waktu respons mouse. Ketika memilih mouse dan keyboard, tipe nirkabel dan kabel juga  menawarkan perbedaan yang cukup besar dalam pengalaman bermain game Anda. Pada beberapa tablet Anda dapat menggunakan keyboard dan mouse yang terhubung dengan Bluetooth. Untuk game seluler terkadang juga diperlukan menghubungkan tablet Anda ke keyboard.

4. Controller smartphone

Untuk membuat smartphone makin cocok untuk memainkan game yang bagus, Anda dapat memilih untuk melengkapinya dengan perangkat controller. Misalnya Anda memilih controller Bluetooth di mana Anda dapat dengan mudah mengklik smartphone Anda. Anda pun akan menjumpai tombol tambahan di samping. Anda juga memiliki gamepad untuk kontrol tersebut. Anda bisa memilih controller game yang mempunyai tombol sederhana sampai controller multifungsi misalnya Nintendo Switch. Tiap konsol game punya controlle-nya sendiri-sendiri. Teknologi yang diterapkan juga bervariasi yang mengikuti kebutuhan permainan. Fitur konektivitas juga kian inovatif. Controller game yang tersedia untuk perangkat Android dapat lebih memudahkan memainkan game RPG atau petualangan.

Seperti yang telah Anda ketahui baru saja, ada beberapa pilihan perangkat tambahan untuk game seluler untuk meningkatkan pengalaman game Anda. Namun apa yang Anda pilih sepenuhnya bergantung pada dana yang telah Anda tentukan dan persyaratan yang dibutuhkan untuk game tersebut. Selamat bermain!

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Hakum
Seorang pecinta game dan suka menuliskan pengalaman dalam bermain.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Tips & Trick