Review

Review Lenovo L340-17IRH 81LL00GNMH Laptop Gaming Rp.14 Jutaan

Laptop seri Lenovo IdeaPad L340-17IRH
Laptop seri Lenovo IdeaPad L340-17IRH
Laptop seri Lenovo IdeaPad L340-17IRH Gaming merupakan laptop gaming dengan desain yang simpel. Anda dapat menggunakannya untuk memainkan game dengan konfigurasi grafik rata-rata. Perangkat ini menawarkan video card yang bagus dan juga prosesor yang kuat. Apakah laptop ini memang layak untuk dijadikan andalan para gamer?

Laptop seri Lenovo IdeaPad L340-17IRH Bodi Plastik yang Solid

Saat Anda pertama kali melepas Lenovo L340-17IRH 81LL00GNMH dari kotaknya, ada dua hal yang menonjol. Yang pertama adalah perangkat ini seluruhnya terbuat dari plastik berwarna abu-abu mengkilap, yang terasa rapuh. Kesing IdeaPad L340 seluruhnya dibuat dari plastik. Warna kesing dinamakan granite black. Bagian atas unit dan bagian belakang penutup memiliki tampilan logam, dengan bingkai berwarna hitam. Laptop ini lebih tebal 10 mm daripada seri IdeaPad L340-17API. Yang kedua adalah perangkat ini sangat berat, karena beratnya sekitar 3 kilogram. Itu menjadikannya tidak praktis untuk dibawa-bawa dalam ransel Anda. Namun ini kan memang laptop gaming, jadi wajar bobotnya lumayan karena spesifikasi yang di atas standar. Lenovo L340-17IRH 81LL00GNMH mungkin bukan laptop yang cocok bila akan sering di bawa dalam perjalanan.

Keyboard Keras

Hal pertama yang Anda hadapi saat mem-boot laptop adalah keyboard dan touchpad. Keyboard menonjol dengan adanya batas biru muda di sekitar tombol. Tombolnya agak sulit untuk ditekan sehingga ini bukan laptop yang ideal untuk kuliah atau sekolah. Laptop ini memang memiliki keyboard dengan lampu latar, yang akan berguna saat harus mengetik ketika lampu ruangan mati. Touchpad yang dibawanya memiliki kualitas rata-rata. Respon sentuhan jari pun cukup baik. Tidak ada perbedaan antara sisi kiri dan kanan. Itu berarti Anda selalu membutuhkan dua jari untuk melakukan klik kanan.

Layar Cerah

Laptop dalam seri ini mengadopsi layar IPS Full HD dengan teknologi anti-glare. Warna-warna yang muncul di layar terlihat sangat indah dari setiap sudut pandang. Berkat layar anti-silau, Anda tidak akan diganggu oleh pantulan matahari yang mengganggu saat bermain game di luar ruangan.

Audio Dolby Stereo

Jika Anda suka menonton serial atau film di laptop, Anda tentu tidak selalu ingin menghubungkan speaker atau headphone Anda. Terkadang, lebih praktis menggunakan speaker internal. Speaker internal yang dibawanya mampu menghasilkan suara yang jernih dan juga jelas. Tentu saja, speaker ini tidak sebagus speaker eksternal. Tapi sudah sangat memuaskan.

Konektor Lengkap

Laptop ini memiliki 2 port USB 3.1 standar, port USB-C, port HDMI, dan konektor headphone. Dua port USB tidak cukup untuk laptop gaming, jadi Lenovo pun memberikan tambahan. Hanya sayang, laptop ini tidak menawarkan drive optik, dan Anda pun tak bisa menambahkannya kemudian. Oleh karena itu bila Anda membutuhkan drive optik, Anda harus menggunakan model USB. Ini adalah perbedaan lain dibandingkan seri L340-17API. L340 pun tak mengadopsi maintenance flap. Untuk mengakses bagian dalam, Anda harus melepas bagian bawah kesing. Untuk melakukannya, semua sekrup di bagian bawah kesing harus dilepas. Kemudian Anda dapat melepas bagian bawah kesing dengan menggunakan alat pengungkit tipis, sebelum Anda mendapatkan akses ke solid state disk, kipas, modul WLAN, memori, dan baterai.

Webcam dengan Penutup

Ada sesuatu yang mencolok terletak di atas webcam laptop Lenovo seri terbaru ini. Itu adalah mekanisme penggeser yang dapat Anda pindahkan dari kiri ke kanan. Penggeser itu memiliki fungsi. Saat Anda menggerakkan penggeser, penutup bergeser di depan webcam. Dengan cara itu, Anda akan terlindungi dari peretas yang diam-diam ingin mengawasi Anda melalui kamera webcam. Kini Anda tak perlu lagi menempelkan selotip ke webcam untuk menutupinya.

Performa Gaming

Seri laptop ini dijalankan oleh prosesor quad-core Core i5-9300H. CPU didasarkan pada arsitektur Coffee Lake dan berjalan pada kecepatan clock dasar 2,4 GHz. Melalui fitur Turbo, kecepatan clock dapat ditingkatkan menjadi 4 GHz (empat core) atau 4.1 GHz (satu core). Hyper-threading (dua threads berjalan per inti) pun disupport. Secara performa gaming, laptop Lenovo IdeaPad L340-17IRH tidak perlu diragukan lagi. Prosesor yang kuat dan NVMe SSD yang cepat memastikan sistem bisa berjalan cepat dan mulus. Kekuatan pemrosesan pun didukung GPU kelas menengah yang mampu menghadirkan semua game komputer terkini ke layar. Hasil benchmark PC-Mark pun cukup tinggi. Sayangnya, Lenovo membiarkan sebagian dari kelebihan performa tak digunakan, karena memori yang berfungsi hanya dapat berjalan dalam mode single channel secara eksklusif. Mode dual channel juga tidak dapat diaktifkan kemudian, sebab laptop hanya memiliki satu slot untuk working memory.

Spesifikasi Lengkap Lenovo L340-17IRH 81LL00GNMH :

Prosesor : Intel Core i5-9300H 4 x 2.4 – 4.1 GHz, Coffee Lake-H
Kartu Grafis : NVIDIA GeForce GTX 1650 Mobile – 4096 MB, Core: 1395-1560 MHz, Memory: 2000 MHz, GDDR5, 128-bit connection, Nvidia 436.15,
Optimus
RAM : 16384 MB, DDR4-2666, single-channel, single storage slot
Layar : 17.30 inch 16:9, 1920 x 1080 pixel 127 PPI, Chi Mei N173HCE-E31, IPS, glossy: no
Mainboard : Intel Cannon Lake HM370
Hardisk : WDC PC SN520 SDAPMUW-512, 512 GB, 438 GB free
Berat : unit 2.5 kg, power supply: 599 g
Harga : Rp.14 jutaan

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Hakum
Seorang pecinta game dan suka menuliskan pengalaman dalam bermain.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Review