Gadget

Tips Pintar Memilih Smartphone Gaming

Tips Pintar Memilih Smartphone Gaming
Sebelum membeli smartphone gaming, Anda harus memperhatikan beberapa hal penting ini. Game seluler semakin populer dan bahkan kini ada  smartphone gaming berspesifikasi khusus. Apakah perangkat seperti itu benar-benar masuk akal dan bagaimana Anda memilih smartphone gaming yang ideal?
smartphone gaming
Sebelum secara khusus mencari smartphone gaming, yang pertama harus dipertimbangkan adalah game seperti apa yang ingin Anda mainkan. Apakah Anda sangat menyukai game sederhana seperti Candy Crush dan Pokemon Go? Maka tidak masalah smartphone apa yang Anda beli. Semua perangkat bisa menjalankannya dengan lancar.
Anda juga dapat memainkan game yang lebih berat seperti Fortnite, PUBG, Asphalt, dan Call of Duty di kebanyakan smartphone. Hanya saja game-game tadi tidak terlihat bagus di smartphone murah dan terkadang bisa terjadi lag. Itu tentu saja tidak akan mendukung pengalaman bermain game Anda.
Karena itu, berikut beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum memilih sebuah smartphone gaming :

Jeroan yang Kuat

Hal terpenting saat memilih smartphone gaming adalah perangkatnya yang kuat. Memiliki basis perangkat keras dalam hal ini chipset yang cepat dan RAM yang memadai. Dengan iPhone itu sebenarnya sudah terpenuhi, karena Apple tak memproduksi ponsel budget.
Namun itu agak lebih sulit untuk smartphone Android. Bagaimanapun, pilih perangkat dengan setidaknya 6GB RAM dan chipset 8 inti. Sayangnya, itu pun tidak secara signifikan mendongkrak kinerja saat ini, dan oleh karena itu penting juga untuk melihat seri chip mana yang digunakan.
Yang terbaik adalah memilih salah satu dari kategori high-end. Itu adalah seri 800 dari produsen chip Qualcomm; untuk buatan Huawei dan Samsung adalah chip dengan seri 900. Namun bila  ingin menghemat uang, dengan seri 700 dari Qualcomm, memang memainkan game berat hanya mampu menampilkan resolusi yang sedikit kurang cantik, tetapi masih bisa ditoleransi.
Anda dapat menemukan tipe chip tersebut di smartphone yang lebih murah. Untuk memastikan Anda bisa terus bermain dalam waktu lama, penting untuk memiliki baterai yang besar.
Bila memilih iPhone, maka itu seringkali ditawarkan dalam model Max, untuk smartphone Android, usahakan memilih yang memiliki baterai lebih besar dari 4500mAh. Penting juga untuk memikirkan teknologi pendinginan yang digunakan. Jika smartphone tidak dapat mengeluarkan panasnya dengan benar, maka sudah barang tentu game yang dimainkan akan berjalan kurang lancar setelah beberapa saat.

Layar Jumbo dengan Refresh Rate Tinggi

Anda melihat dan mengoperasikan game melalui layar. Jadi sangat penting bahwa smartphone gaming Anda memiliki layar yang bagus dan besar. Ukuran layar besar artinya akan memastikan bahwa selain ruang yang Anda butuhkan untuk mengoperasikan game, Anda pun memiliki ruang tersisa untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi. Sebetulnya kapasitas 6 inci merupakan ukuran minimum hari ini jika Anda ingin bermain game dengan benar dan layar 6,5 inci atau lebih besar akan lebih baik. Anda juga punya pilihan dalam hal kecepatan refresh layar. Biasanya, ini disetel pada 60Hz artinya gambar di layar akan disegarkan 60 kali per detik. Saat ini Anda juga dapat memilih 90Hz atau bahkan 120Hz, yang tentunya berguna saat bermain game. Ini membuat game terlihat jauh lebih mulus, yang akan memberikan sensasi sempurna bermain game. Karena itu pastikan Anda membeli smartphone yang memiliki refresh rate tinggi.

Memilih Android atau iOS

Game tentu saja dimungkinkan untuk dimainkan baik di Android maupun iOS. Namun Anda harus mengecek apakah game yang ingin Anda mainkan tersedia di kedua platform. Ini berlaku untuk sebagian besar game, tetapi tidak selalu demikian. Secara umum, iOS memiliki pilihan game khusus yang sedikit lebih banyak dari developer kecil.

Fitur Game Khusus

Banyak smartphone saat ini yang memiliki fitur game khusus. Ini sebenarnya tidak perlu, meski dapat meningkatkan pengalaman bermain game Anda. Mode game di mana proses latar belakang dihentikan dan notifikasi dimatikan tersedia pada ponsel yang jauh lebih mahal dan dapat berguna agar game yang dimainkan tidak terganggu.
Cek apakah smartphone favorit Anda memilikinya jika Anda benar-benar berencana untuk memainkan game dalam waktu yang lama.
Smartphone gaming khusus kadang juga menawarkan fitur khusus. Misalnya, ROG Phone II dari Asus memiliki tombol ultrasonik; RedMagic 5G dari Nubia bahkan memiliki tombol native di tepiannya. Semua jenis aksesori game juga tersedia untuk perangkat tersebut, seperti dudukan dengan pengontrol fisik atau kipas eksternal untuk pendinginan ekstra.
Sebuah smartphone gaming khusus bisa menyenangkan jika Anda memang hobi bermain game dan senang menggunakan aksesoris untuk meningkatkan pengalaman bermain game. Rekomendasi smartphone yang sesuai adalah Asus ROG Phone II atau Nubia RedMagic 5G.
Namun, bagi kebanyakan orang, smartphone kelas atas reguler akan menjadi pilihan lebih baik. Untuk mudahnya, pastikan Anda membeli smartphone dengan chipset yang bagus, baterai yang besar dan layar yang bagus dengan refresh rate yang tinggi.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Muhammad Hakum
Seorang pecinta game dan suka menuliskan pengalaman dalam bermain.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More in:Gadget